Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi dan Unsurnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi dan Unsurnya (Bahas Lengkap) ­– Pada kali ini kita akan mulai pembahasan mengenai daftar pustaka. Tentu sudah sering kita dengar tentang kata-kata tersebut. Karena bagian ini sering kali digunakan ketika menyusun skripsi dan membuat karya ilmiah maupun karya tulis.

Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi dan Unsurnya (Bahas Lengkap)

Untuk itu kita akan mulai pembahasan mengenai daftar pustaka supaya dapat membantu para pembaca yang ingin membuatnya maupun yang hanya ingin menambah ilmu serta wawasan mengenai hal ini. Untuk itu mari langsung saja kita mulai pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka ialah yang berisikan tentang sumber-sumber dari bacaan yang digunakan sebagai bahan acuan untuk menulis karya ilmiah. Atau pengertian lainnya yaitu suatu daftar yang berisikan judul buku, artikel maupun bahan tulisan yang memiliki kaitan dengan karya ilmiah yang dibuat.

Pencantuman dari judul buku pada daftar pustaka dan pada akhir karya ilmiah yang sangat berkaitan erat dengan pengutipan tulisan pada buku. Jika kita mengutib informasi maupun teori yang digunakan untuk pembuatan karya ilmiah sehingga kita harus mencantumkan judul buku itu pada bagian tersebut. Kutipan ini bisa merupakan pinjaman kalimat maupun pendapat seseorang.

Bagian ini sendiri kita dapat menemukannya di laporan hasil penelitian, skripsi, makalah, tesis dan masih banyak yang lainnya. Tak hanya itu hal ini juga memiliki peranan yang sangat penting bagi karya ilmiah. Hal ini dikarenakan jika sebuah karya ilmiah  tidak mempunyai bagian ini maka akan diragukan tentang kebenarannya.

Para pembaca yang tertarik oleh materi yang dibahas dalam suatu karya ilmiah tentu bisa dengan mudah untuk mengecek dan juga mempelajari materinya lebih dalam jika kita mencantumkan bagian ini.

Fungsi Daftar Pustaka

Bagian ini juga mempunyai beberapa fungsi. Untuk lebih jelasnya agar dapat mengetahui apa saja fungsi yang ada didalamnya mari kita lanjutkan kembali pembahasannya sebagai berikut.

  1. Agar dapat menunjukan bahwa tulisan dan juga informasi dalam karya ilmiah bukanlah hasil dari pemikiran penulis sendiri melainkan dari hasil pemikiran orang lain juga.
  2. Supaya memberikan sumber informasi yang ditulisnya agar nantinya bisa ditelusuri oleh para pembaca jika ingin mengetahui informasi maupun teori tersebut dengan lebih lengkap.
  3. Agar bisa menghargai maupun memberikan penghargaan pada penulis sumber informasi, sehingga karya ilmiah tersebut bisa terselesaikan.

Unsur Daftar Pustaka

Di dalam juga mempunyai beberapa unsur di dalamnya. Agar bisa mengetahui apa saja unsur yang ada di dalamnya mari kita lanjutkan pembahasan yang ada di dalam artikel ini.

  1. Nama penulis ataupun pengarang
  2. Judul buku serta judul artikelnya
  3. Data publikasi buku yang meliputi tahun terbit, penerbit, tempat diterbitkan dan juga edisinya jika ada

Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi Dan Unsur Daftar Pustaka

Itulah penjelasan yang bisa diberikan tentang Pengertian Daftar Pustaka, Fungsi Dan Unsurnya. Bagian ini sendiri merupakan salah satu hal yang diperlukan dalam pembuatan skripsi, karya ilmiah dan masih banyak yang lainnya. Karena dengan adanya bagian ini karya ilmiah maupun karya tulis dan juga skripsi yang telah diselesaikan tidak diragukan.semoga bermanfaat :)­

Daftar Isi