√ 5 Fungsi Samudra Bagi Kehidupan Manusia (Pembahasan Lengkap)

5 Fungsi Samudra Bagi Kehidupan Manusia (Pembahasan Lengkap) – Samudra merupakan lautan yang luas dan memiliki massa air asin yang sambung-menyambung yang terdiri atas permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar.

5 Fungsi Samudra Bagi Kehidupan Manusia (Pembahasan Lengkap)

Dalam pembahasan kali ini, Seputar Pengetahuan akan membahas tentang fungsi samudra bagi kehidupan.

Fungsi Samudra

Samudra memiliki fungsi yang cukup besar bagi kehidupan. Adapun fungsi-fungsi samudra diantaranya:

Samudra berperan penting dalam proses siklus hidrologi atau adanya hujan

Salah satu komponen siklus hidrologi adalah evaporasi. Evaporasi atau penguapan terbesar berasal dari samudra. Ketersediaan air tawar di bumi ini sangat dipengaruhi oleh samudra. Jika tidak ada samudra, maka kemungkinan tidak akan terjadi hujan dan tidak adanya air tawar di dunia ini.

Sebagai jalur pelayaran

Samudra merupakan penghubung antara daratan yang satu dengan lainnya. Sebagai jalur pelayaran samudra sangat berperan penting dalam bidang ekonomi. Arus barang dan jasa dapat dilakukan melalui jalur laut.

Sumber tambang terbesar

Di dalam laut maupun samudra terdapat bahan tambang yang sangat besar nilainya dan dibutuhkan oleh orang banyak, yakni minyak bumi. Minyak bumi dan batu bara banyak yang ditambang di daerah lepas pantai dan dasar laut. Minyak bumi merupakan sumber tenaga yang penting sebagai bahan bakar utama untuk menggerakkan berbagai jenis kendaraan dan mesin-mesin lainnya. Seperti minyak tanah, bensin, solar dan lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Bentuk Muka Bumi Yang Ada Pada Peta (Lengkap)

Sumber pangan dan mata pencaharian

Samudra memiliki kandungan berbagai jenis flora dan fauna yang jumlahnya tak terhitung. Sejak dahulu, samudra merupakan sumber penghidupan bagi banyak orang. Ikan laut merupakan sumber makanan dan penghasilan bagi para nelayan. Di daerah pantai  juga dikembangkan budi daya rumput laut, mutiara, budi daya kerang yang menjadi mata pencaharian utama bagi para penduduk disekitarnya.

Sebagai objek wisata

Keindahan laut merupakan potensi alam yang dikembangkan sebagai objek wisata. Keindahan panorama pantai senantiasa menarik perhatian orang untuk mengunjunginya. Selain itu juga, panorama dasar laut juga menjadi objek wisata tersendiri bagi banyak orang.

5 Fungsi Samudra Bagi Kehidupan Manusia Lengkap

Keindahan panorama laut ini banyak dikembangkan di berbagai negara. Demikian halnya di negara Indonesia yang terdapat taman laut yang sangat terkenal, yakni Taman laut Bunaken. Olahraga yang dapat dilakukan di laut lepas seperti selancar, dayung, lomba perahu layar, dan lain sebagainya yang banyak memperhitungkan faktor gerakan air laut yang sangat diminati oleh para wisatawan baik domisili maupun asing.

Oleh karenanya, Samudra haruslah dijaga kelestariannya agar potensi yang ada dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Demikianlah pembahasan tentang 5 Fungsi Samudra Bagi Kehidupan Manusia (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂