√ Pengertian Arus Laut, Jenis dan Faktor Penyebabnya (Lengkap)

Pengertian Arus Laut, Jenis dan Faktor Penyebabnya (Lengkap) – Penjelasan mengenai pengertian arus laut, jenis air laut serta beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya arus laut merupakan tema dalam pembahasan kita kali ini.

Pengertian Arus Laut, Jenis dan Faktor Penyebabnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Arus Laut

Arus laut merupakan gerakan massa air laut dari suatu tempat ke tempat yang lain. Gerakan ini bisa mendatar atau horizontal yang berupa arus permukaan atau arus dasar, juga dapat pula merupakan gerakan massa air secara vertikal dari lapisan air bagian bawah ke lapisan atas atau sebaliknya.

Jenis Arus Laut

Jenis arus laut ini dapat dibedakan menurut temperatur dan letaknya. Berdasarkan temperaturnya, arus laut ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Arus panas, yang merupakan arus laut dengan temperatur airnya lebih tinggi (panas) daripada temperatur air laut yang didatangi. Seperti contoh: Arus Teluk dan Kuroshiwo. Arus ini datang dari daerah tropis menuju daerah yang sedang.
  2. Arus dingin, merupakan arus laut yang temperatur airnya lebih rendah (dingin) daripada temperatur air laut yang didatangi. Contohnya: Arus Labrador, Arus Benguela, Arus Peru dan Arus Oyashiwo.
Baca Juga:  √ 11 Jenis Tanah Berikut Penjelasannya (Pembahasan Lengkap)

Adapun jenis arus laut berdasarkan letaknya terbagi menjadi empat macam, yaitu:

1. Arus atas (arus permukaan), merupakan arus laut yang bergerak sebagai arus yang berada di permukaan laut. Contohnya: semua arus laut yang disebabkan oleh angin.

2. Arus bawah, yakni air yangbergerak sebagai arus laut berada di dasar laut. Jika arah gerakannya berubah kearah vertikal, arus ini akan menjadi up welling dan sinkin pada beberapa daerah pantai.

3. Long Shore Current merupakan arah aliran arus yang sejajar dengan garis pantai.

4. Rip Current ialah arus yang berada di pantai berpasir halus dan bergelombang agak besar. Arah gerakannya tegak lurus dengan garis pantai. Biasanya rip current ini mampu menyeret pasir dibawahnya beserta orang yang berada di tempat itu menuju ke laut yang lebih dalam. Seperti contoh di pantai Parangtritis yang memiliki kecepatan 80 km/jam.

Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Arus Laut

Ada beberapa faktor yang dapat memicu atau menyebabkan terjadinya arus laut, yaitu:

♦ Gerakan angin yang tetap arahnya sepanjang tahun. Misalnya angin pasat yang berhembus di wilayah tropis.

♦ Perbedaan tinggi permukaan air laut. Perbedaan tinggi permukaan air di samudra ini mengakibatkan gerakan massa air laut untuk mengisi bagian air laut yang lebih rendah. Arus yang muncul akibat perbedaan permukaan tinggi permukaan air di samudra ini disebut arus kompensasi atau arus pengisi.

♦ Rintangan pulau atau benua. Adanya rintangan pulau atau benua ini dapat menyebabkan arus laut berbelok menurut garis pantai benua atau menjadi arus belahan. Contohnya: Arus Brazilia dan Arus Australia Timur.

Baca Juga:  √ 12 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian & Jenis Arus Laut Serta Faktor Penyebab Terjadinya

♦ Perbedaan suhu. Arus laut yang dingin memiliki massa jenis lebih besar daripada air laut yang panas. Air laut di daerah kutub bersuhu dingin, sehingga memiliki massa jenis lebih besar daripada air laut yang panas.

♦ Perbedaan kadar garam atau salinitas. Air laut akan mengalir dari laut yang berkadar garam tinggi menuju laut yang berkadar garam rendah.

Itulah pembahasan singkat kiat kali ini mengenai PPengertian Arus Laut, Jenis dan Faktor Penyebabnya (Lengkap), semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih 🙂

4.9
43