√ 9 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli, Unsur & Manfaatnya

9 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli, Unsur, Manfaat Kebugaran Jasmani Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kamia akan menjelaskan tentang Kebugaran Jasmani. Pembahasan yang meliputi pengertian, unsur, manfaat kebugaran jasmani yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Oleh sebab itu ikutilah pembahasan dibawah ini dengan seksama.

9 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli, Unsur & Manfaatnya

Berikut adalah pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli terkemuka

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

  1. Suratman (1975)

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Suratman adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stress fisik yang wajar.

  2. Djoko Pekik

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Djoko Pekik adalah kemampuan setiap orang untuk melakukan kerja sehari-hari dengan efisien tanpa timbul kelelahan yang berarti sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya.

  3. Muhajir

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir adlah kesanggupan tubuh beradaptasi denan pekerjaan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berarti.

  4. Agus Muklholid, M.Pd (2004:3)

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Agus Muklolid, M.Pd adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

  5. Rusli Lutan

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Rusli Lutan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan segala macam pekerjaan fisik yang membutuhkan fleksibilitas, daya tahan dan kekuatan.

  6. Mochamad Sajoto Dan Judith Rink

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Mochamad Sajoto dan Judith Rink adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan sehari=hari dengan tidak mengalami kelelahan berlebihan dengan pengeluaran enerti yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan gerakny dan menikmati waktu luan dan untuk memenuhi keperluan darurat jika diperlukan sewaktu-waktu.

  7. Sadoso Sumarsardjuno

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Sadoso Sumosardjuno adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari dengan gampang, tanpa merasa lelah yang berlebihan, dan masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya.

  8. Depdikbud (1996:4)

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Depdikbud adalah kemampuan atau kesanggupan fisik seseorang untuk melaksanakan tugasnya sehari-hari secara efisien dan efektif dalam waktu yang relatif lama tanpa kelelahan yang berarti.

  9. Kockey Dalam Sumarjo (2002:43)

    Pengertian kebugaran jasmani menurut Kockey adalah kemampuan untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tak terduga.

    Secara umum kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan aktifitas dalam keadaan yang sehat baik mental maupun fisik.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur-Unsur kebugaran jasmani atau komponen kebugaran jasmani dapat dibagi dalam bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat dilakukan sebagai berikut.

  • Kekuatan (Stength)
    Kekuatan dalam unsur kebugaran jasmani adalah kondisi tubuh yang mampu menggunakan otot saat dibebankan untuk menjalankan suatu aktivitas. Dengan melakukan latihan berat yang secara rutin dan konsisten dapat diperoleh otot yang kuat. Latihan fisik yang dapat dilakukan adalah seperti Push-Up (melatih otot lengan), Sit-Up (Melatih otot perut), squat jam (melatih otot tungkai dan otot perut).
  • Daya Tahan (Endurance)
    Daya tahan adalah kemampuan seseorang menggunakan tubuh organ seperti jantung, paru-paru dan lainnya secara efektif dalam melakukan aktivitas. Betuk latihan jasmani dapat dilakukan dengan lari atau jogging secara rutin sekitar 30 menit per hari.
  • Daya Otot (Muscular Power)
    Daya Otot adalah kemampuan setiap orang untuk memanfaatkan kekuatan otot maksimnum dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Hal ini berhubungan dengan sistem anaerobik dalam pemenuhan kebutuhan energi. Bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk melatih daya otot antara lain: Vertical Jump (melatih daya ledak tungkai), Front Jump (melatih kemampuan otot betis dan tungkai, dan Sid Jump (melatih daya ledak otot tungkai dan paha)
  • Kecepatan (Speed)
    Speed atau kecepatan adalah kamampuan seseorang untuk melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Bentuk latihan yang dapat dilakukan adalah lari jarak pendek 50-200 meter.
  • Kelenturan (flexibility)
    Kelenturan mempunyai hubungan dengan efektibitas tubuh dalam menyesuaikan diri pada gerakan atau aktivitas yang mengandalkan kelenturan tubuh . Latihan yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan melakukan senam, yoga dan renang.
  • Kelincahan (Agilitiy)
    Agility adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan posisi tubuh. Latihan kebugarannya adalah dengan lari zig-zah dan naik turun tangga.
  • Koordinasi (Coordination)
    Adalah kemampuan seseorang dalam mengintegrasikan gerakan tubuh yang berbeda dalam satu gerakan yang efektif. Latikan yang bisa dilakukan adalah memantulkan bola ke tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya dengan tangan kiri.
  • Keseimbangan (Accuracy)
    Ketepatan adalah kemampuan untuk mengendalikan gearkan sesuai dengan sasaran. Latihan yang dapat dilakukan adalah melempar bolak ke keranjang atau sasaran lain.
  • Reaksi (Reaction)
    Reaksi adalah kemampuan untuk menanggapi rangsangan yang diberikan orang lain. Latihan yang dapat dilakukan untuk kebugaran adalah lepar tangkap bola.

9 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli, Unsur, Manfaat Kebugaran Jasmani Terlengkap

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat dari melakukan gerakan kebugaran jasmani adalah

  • Dapat mengurangi resiko Obesitas (kegemukan)
  • Untuk mencegah terserang penyakit jantung
  • Bisa untuk menurunkan Tensi Darah Tinggi
  • Menghilangkan Depresi
  • Energi Meningkat
  • Sirkulasi atau pergerakan darah dan sistem kerja jantung meningkat
  • Dapat mengurangi resiko tulang keropos (osteoporosis)
  • Kekuatan dan kecepatan otot meningkat
  • Stamina dan kekuatan tubuh meningkat
  • Respon tubh menjadi cepat dan tepat
  • Kelenturan pada persendian meningkat
  • Daya tahan tubuh meningkat

Demikianlah telah dijelaskan tentang 9 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli, Unsur & Manfaatnya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi