√ Pengertian Roman, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Terlengkap)

Pengertian Roman, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Terlengkap) – Di dalam memulai suatu cerita dapat kita amati dan dapat kita pikirkan apa yang akan di ceritakan di dalamnya, apakah itu bertemakan persahabatan, petualangan, atau yang lainnya.

Pengertian Roman, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Terlengkap)

Di dalam suatu cerita terdapat tokoh yang dapat di ceritakan mengenai permasalahan yagn ada di sekitarnya. Salah satu certa yagn banyak di minati adalah jenis roman yang memiliki banyak penggemar baik di kalangan remaja hingga orang dewasa.

Roman memiliki ceritanya sendiri dan memiliki daya pikatnya tersendiri yang membuat para pembacanya di suguhi oleh cerita dari para tokoh yang menarik untuk di baca. Sebenarnya apa itu roman akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Roman

Roman merupakan suatu bagian dari karya sastra yang memiliki bentuk prosa yang berisikan pengalaman hidup dari para tokoh, yang bermula dari dia lahir hingga dewasa bahkan sampai meninggal dunia.

Roman dalam arti lain merupakan suatu cerita yang memiliki urutan kejadian yang bersambung antara yagn satu dengan yang lainnya. Yang dapat melukiskan beberapa pengalaman-pengalaman dari batin dan juga lahir yang berasal dari tokoh-tokoh yang berasal dari situasi hidup tertentu.

Roman memang sengaja di ciptakan atau di buat untuk dapat menampilakn secara keseluruhan dari perjalanan hidup sang tokoh, semua lengkap bahkan dengan segala permasalahan yang ada termasuk dengan segala permasalannya dengan kehidupan sosialnya yang di ceritakan oleh si pengarang.

CIri-Ciri Roman

Roman sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yagn dapat di bedakan dengan beberapa karya sastra lainnya yang diantaranya adalah:

  1. Memiliki suatu alur cerita yagn kompleks.
  2. Memiliki karakter tokoh yang dapat mdi ceritakan dan dapat di sajikan dengan mendetail.
  3. Roman menceritakan tentang kehidupan dari tokoh itu dari dia lahir hingga tokoh tersebut meninggal dunia.

Pengertian Roman Beserta Ciri-Ciri Dan Jenis Roman Lengkap

Jenis-Jenis Roman

Roman memeiliki beberapa jensi sebagai pembagi ceritanya. Berikut adalah beberap jensi roman yagn diantaranya adalah:

  1. Roman Pencintaan (Liebesroman)
  2. Roman Anak dan Remaja (Kinder-und Jugendroman)
  3. Roman Petualangan (Abendteuerroman)
  4. Roman pendidikan (Bildsdungsroman)
  5. Roman Kriminal dan Detektif (Krimi-und Detektivroman)
  6. Roman Hiburan (Unterhaltungsroman)
  7. Roman Psikologi (Psychologischer Roman)

Sekianlah penjelasan mengani Pengertian Roman, Ciri dan Jenisnya (Pembahasan Terlengkap) yang di jelasakan oleh seputarpengetahuan. Roman dapat menceritakan bagaimana keadaan dan juga kehidupan dari si tokoh tersebut dari dirinya di lahirkan hingga dirinya meninggal dunia serta permasalahan apa saja yang ada di dalamnya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi