Pengertian APEC, Tujuan APEC dan Sejarah APEC Lengkap

Pengertian APEC, Tujuan APEC dan Sejarah APEC Lengkap – Sering kita dengar atau tidak asing bagi kita dengan kata Apec. Tetapi terkadang kita tidak tahu apa itu apec dan kenapa apec didirikan, kali ini seputarpengetahuan.com akan menjelaskan seputar apec.

Agar dapat membantu supaya dapat memahami apec dengan jelas dan juga dapat membantu mengerti apa sih itu apec dan juga tujuan dari apec serta sejarah terbentuknya apec. Karena seputarpengetahuan ingin mempunyai dedikasi membantu belajar dengan mudah. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas dan kita simak dibawah ini.

Pengertian APEC, Tujuan APEC dan Sejarah APEC Lengkap

Mari kita bahas pengertian APEC terlebih dahulu.

Pengertian Dari APEC

Apec merupakan kepanjangan dari Asian Pasific Economic Coorporatian dimana merupakan sebuah organisasi kerjasama ekonomi regional yang ada pada kawasan Asia Pasifik. Untuk Apec ini terbentuk pertamakali pada tahun 1989 dan pada saat pertemuan tingkat menteri negara-negara dari Asia Pasifik yang diadakan di Canberra, Australia.

Apec merupakan sebuah forum ekonomi serta untuk meningkatkan kerjasama dan juga liberalisasi perdagangan. Dimana hal ini meliputi keseluruhan ekonomi besar yang ada pada wilayah Asia Pasifik. Negara-negara yang mewakili dan juga menjadi anggota dari Apec berjumlah 22 anggota. Dimana pertemuan dilakukan dengan cara tahunan serta mendiskusikan isu-isu yang tengah dihadapi oleh kelompok tersebut. Pertemuan yang dilakukan terakhir kali yang dilaksanakan di Beijing, China (KTT APEC yang ke 26).

Mantan Perdana Menteri Australia Bob Hawke yang sudah memprakarsai organisasi Apec dalam pidatonya di Seoul, korea di tahun 1989. Dan diakhir tahun itu pula dua belas negara yang hadir di canbera, Australia dan kemudian menyepakati untuk mendirikan Apec.

Dua belas negara yang mendirikan Apec adalah Australia, Kanada, Brunei Darussalam, Indonesia, Korea, Jepang, New Zealand, Malaysia, Philippina, Thailand, Singapura dan juga Amerika Serikat. Dan kemudian Cina, Hong Kong, dan juga Taepei bergabung di tahun 1991, dan kemudian Meksiko dan juga Papua Nugini di tahun 1993, dan Chile di tahun 1994, Peru, Rusia dan juga Vietnam di tahun 1998 serta Mongolia di tahun 2013. Sehingga jumlah keseluruhan anggota Apec adalah 22 negara yang ada pada kawasan Asia Pasifik.

Tujuan APEC

Tujuan dibentuknya Apec supaya dapat meningkatkan kesejahteraan dan juga pertumbuhan ekonomi pada kawasan yang ada di Asia Pasifik. Dan juga agar dapat meningkatkan kerja sama ekonomi dengan melalui peningkatan volume perdagangan dan juga investasi. Selain hal tersebut Apec mempunyai tujuan agar memperjuangkan kepentingan ekonomi yang ada pada kawasan tersebut serta di tengah-tengah perkembangan ekonomi internasional.

Agar bisa mencapai tujuan dari Apec serta dapat melakukan kerjasama didalam tiga ruang lingkup yang sering disebut dengan Tiga Pilar Kerjasama Apec. Dimana didalam tiga pilar tersebut adalah liberalisasi perdagangan dan juga investasi, fasilitasi usaha, kerjasama ekonomi serta teknik.

Sejarah APEC

Sejarah Apec yang dilatarbelakangi dengan perubahan yang terjadi di Uni Soviet dan juga Eropa Timur. Runtuhnya Uni Soviet dengan menggunakan sistem ekonomi yang komunis. Dan juga diikuti perubahan sistem ekonomi di negara-negara yang ada pada Eropa Timur yang pada sebelumnya telah menjadi pengikutnya.

Sistem ekonomi komunis yang merupakan sistem ekonomi tertutup perlahan berubah menjadi sistem ekonomi yang liberal dan juga bebas. Dan kemudian muncul kesadaran bahwa di setiap negara saling memerlukan atau membutuhkan.

Dan pada saat itu tengah berlangsung perundingan Putaran Uruguay yang kemudian membahas masalah tatanan perdagangan dunia. Putaran Uruguay merupakan perundingan dari negara-negara yang masuk kedalam anggota GATT (General Agreement Of Trade And Tariff) di tahun 1986 di Punta Del Este, di Uruguay.

Pengertian Apec, Tujuan Apec Dan Sejarah Apec Lengkap

Dan kemudian muncul kekhawatiran atas kegagalan yang terjadi di perundingan itu yang kemudian menjadi sebab dibentuknya Apec. Jika perundingan tersebut gagal, dikhawatirkan dan akan muncul sikap proteksionis dan juga lahir kelompok-kelompok regional yang tertutup. Dan pada saat itu dunia sedang mengarahkan kepada sistem perdagangan bebas.

Sekian penjelasan secara singkat oleh seputarpengetahuan tentang Pengertian APEC, Tujuan APEC dan Sejarah APEC Lengkap Apec adalah sebuah organisasi untuk wilayah yang berada di Asia Pasifik dimana ada 22 anggota yang tergabung dengan organisasi Apec. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi