7 Tips Mudah Menguasai Materi Berbasis Hafalan (100% Ampuh)

7 Tips Mudah Menguasai Materi Berbasis Hafalan (100% Ampuh) – Sahabat Seputar Pengetahuan yang masih duduk di bangku sekolah,  pasti sering kali mengalami kesulitan saat mendapat materi yang berupa hafalan. Baik itu menghafalkan rumus-rumus, ayat-ayat, sejarah, pengertian dan lain sebagainya. Semuanya dituntut untuk menghafal, jika tidak hafal alhasil nilai kosong. Rugi banget kan kalau kita tidak mendapat nilai? Jangan khawatir, kali ini kita akan berbagi tips jitu untuk menguasai materi yang berupa hafalan.

7 Tips Mudah Menguasai Materi Berbasis Hafalan (100% Ampuh)

Disini akan kita bahas bagaimana cara menghafal dengan cepat dan baik.

Tips Mudah Menguasai Materi Berbasis Hafalan

Ini dia cara mudah untuk menguasai materi berbasis hafalan yang dapat dilakukan dan dipraktekkan di rumah maupun di sekolah.

1. Pemilihan Waktu Belajar

Nah, waktu belajar ini sangat penting untuk menunjang seberapa banyak kita bisa menghafal dan sukses tidaknya kalian belajar.  Jika kalian mendapatkan tugas menghafal, coba lakukan pada waktu-waktu yang tepat. Seperti saat menjelang tidur, di waktu malam, menjelang shubuh, atau sehabis sholat shubuh. Waktu-waktu tersebut disinyalir sangat manjur dan cepat untuk menghafal. Karena di waktu tersebut, keadaan cukup hening dan tenang, sehingga sangat efektif digunakan untuk menghafal. Selain itu juga, otak masih sangat fresh.

2. Buatlah Ringkasan

Supaya tidak terlalu rumit saat menghafal, cobalah membuat rangkuman atau ringkasan tentang materi yang akan dihafalkan pada selembar kertas yang mudah dibawa kemanapun, sehingga kapan pun, dimanapun, kita bisa membacanya. Tapi ingat! catatan kecil itu jangan digunakan untuk mencontek ya? Karena dapat merugikan diri sendiri.

3. Tandai bagian-bagian terpenting

Supaya lebih menarik dan antusias dalam membaca untuk menghafalnya, kalian bisa menandai bagian-bagian atau pokok-pokok penting dengan menggunakan stabilo berwarna, atau bisa juga dengan menggaris bawahi  point penting dengan menggunakan pena dan penggaris, agar terlihat rapi.

4. Buatlah singkatan

Untuk beberapa materi yang bisa dibuat singkatan, kalian bisa mencobanya. Seperti  menghafal warna pelangi dibuat dengan singkatan MEJIKUHIBINIU yang berarti, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

5. Dibuat lagu

Kalian juga bisa membuat materi hafalan dengan cara melagukannya. Untuk nadanya, tergantung selera kalian, apapun yang bisa membuat kalian lebih mudah menghafalnya, terapkan saja. Tapi tidak semua materi hafalan bisa dimasukkan kedalam lagu.

7 Tips Mudah Menguasai Materi Berbasis Hafalan

6. Melakukan pengulangan

Dalam menghafal, kita butuh waktu pengulangan sebanyak mungkin. Pengulangan tergantung pada kecepatan daya tangkap masing-masing. Ada yang hanya cukup mengulang 10-15 kali langsung hafal, ada juga yang mengulang-ngulang sampai 20 kali. Semuanya tergantung pada kemampuan otaknya.

7. Fokus dan Konsentrasi

Ini merupakan hal yang sangat penting dalam belajar, terutama dalam menghafal. Untuk memudahkan kalian dalam menghafal, utamakan fokus dan berkonsentrasi terhadap apa yang sedang kalian hafalkan. Jauhkan pikiran dan hal-hal yang dapat mengganggu pikiran. Luangkan waktu yang cukup untuk Anda fokus dalam menghafal.

Nah itulah beberapa trik mudah untuk sahabat seputarpengetahuan.com yang mengalami kesulitan dalam menghafal. Semoga artikel tentang 7 Tips Mudah Menguasai Materi Berbasis Hafalan (100% Ampuh) ini dapat membantu kesulitan sahabat sekalian dan bermanfaat bagi yang membacanya. Sekian terimakasih 🙂

Baca juga:

Daftar Isi