Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap)

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap) – Makanan diperlukan oleh tubuh yang paling utama adalah sebagai sumber energi. Salah satu sumber energi yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh ialah karbohidrat, protein dan lemak. Seputar Pengetahuan kali ini akan membahas mengenai pengertian karbohidrat dan fungsinya bagi tubuh serta jenis-jenis karbohidrat. Berikut pembahasannya.

Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat atau juga sering disebut dengan arang hidrat adalah zat penghasil kalori dengan jumlah kalori 4. Karbohidrat adalah zat makanan yang mengandung unsur C (Karbon), H (Hidrogen), dan O (Oksigen).

Karbohidrat dipecah menjadi molekul gula yang lebih sederhana seperti glukosa, fruktosa dan galaktosa dalam sistem pencernaan. Molekul gula ini diserap oleh tubuh. Kelebihan karbohidrat akan disimpan di hati atau otot dalam bentuk glikogen dan di daerah perut, sekitar ginjal, atau di bawah kulit dalam bentuk lemak.

Makanan sebagai sumber energi karbohidrat antara lain: nasi, gandum, jagung, singkong, sagu, kentang, roti, dan ubi jalar.

Fungsi Karbohidrat

Fungsi karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Selain itu, karbohidrat juga berfungsi sebagai penyusun zat makanan lain seperti lemak dan protein untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, serta berperan dalam pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh.

Kekurangan karbohidrat sendiri bisa mengakibatkan tubuh seseorang menjadi kurus dan menjadi lemah. Apabila kekurangan karbohidrat ini terjadi secara terus menerus maka hal ini dapat megakibatkan semangat kerja menjadi menurun, rentannya pada daya tahan tubuh, serta sering gugup.

Jenis Karbohidrat

Berikut ini merupakan beberapa jenis karbohidrat ada tiga macam, yakni:

Monosakarida

Yang termasuk monosakarida yaitu berbagai jenis gula seperti : glukosa, fruktosa serta galaktosa. Contohnya sendiri yaitu seperti pada madu, susu dan buah-buahan.

  • Glukosa

Glukosa adalah karbohidrat terpenting yang mana dipakai sebagai sumber tenaga untuk hewan serta pada tumbuhan. Glukosa sendiri yaitu salah satu hasil utama dari fotosintesis serta awal dari respirasi. Glukosa ini yaitu komponen utama gula darah, yang mana menyusun 0,065- 0,11% pada darah kita.

  • Fruktosa

Fruktosa ialah suatu heksulosa, yang mana disebut dengan levulosa sebab memutar bidang pada polarisasi ke kiri. Yang mana hal ini merupakan satu-satunya heksulosa yang ada pada alam. Fruktosa murni sendiri memiliki rasa yang sangat manis, warnanya putih, bentuknya yang seoerti kristal padat, serta sangat mudah larut pada air.

Fruktosa sendiri yakni gula termanis, yang ada pada madu setya buah-buahan yang bersama dengan glukosa. Pada tanaman, fruktosa bisa berbentuk seperti monosakarida atau merupakan komponen dari sukrosa. Sukrosa sendiri yaitu molekul disakarida yang mana hal ini yaitu gabungan dari satu molekul glukosa serta satu molekul fruktosa.

  • Galaktosa

Galaktosa yaitu suatu aldoheksosa. Monosakarida ini jarang ada di alam. Biasanya hal ini berikatan dengan glukosa pada bentuk laktosa, yang mana gula yang ada pada susu. Galaktosa sendir memiliki rasa yang kurang manis apabila dibandingkan dengan glukosa serta kurang larut pada air. Seperti dengan glukosa, galaktosa sendiri yaitu gula pereduksi. Glukosa dan galaktosa ini bereaksi positif pada Larutan fehling, yang mana hal ini dengan menghasilkan endapan merah bata dari Cu2O.

Disakarida

Disakarida atau yang disebut juga dengan gula kompleks. Jenis gula ini termasuk dengan disakarida yang merupakan sukrosa, laktosa, dan maltosa. Gula sukrosa banyak terkandung pada batang tebu.

Polisakarida

Polisakarida sendiri yaitu jenis karbohidrat kompleks yang mana berupa tepung-tepungan. Beberapa jenis polosakarida diantaranya yiatu : amilum, selulosa dan glikogen. Berbagai jenis padi-padian yang seperti jagung, beras, dan gandum ini mengandung karbohidrat yang berupa amilum. Kentang serta berbagai jenis ubi-ubian juga memiliki kandungan amilum.

Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh

  • Amilum

Polisakarida ini sednri ada banyak di alam, yang merupakan pada sebagian besar tumbuhan. Amilum atau pada sehari–hari disebut dengan pati yang terdapat pada umbi, daun, batang serta biji–bijian. Batang pohon sagu sendiri mengandung pati yang sudah dikeluarkan dan bisa dijadikan sebagai bahan makanan oleh rakyat di Maluku. Umbi yang ada pada ubi jalar maupun akar ketela pohon atau singkong juga memiliki kandungan pati yang cukup banyak, karena ketela pohon ini tak hanya bisa dipaki sebagai makanan sumber karbohidrat, serta dipakai sebagai bahan baku untuk pabrik tapioka.

Butir butir pati jika anda amati dengan memakai alat mikroskop, ternyata memiliki bentuk yang berbeda beda, tergantung pada tumbuhan apa pati ini didapatkan. Bentuk dari butir pati ini bisa berasal dari terigu atau beras.

Amilum sendiri terdiria daru dua macam polisakarida yang mana disini keduanya merupakan polimer dari glukosa, yakni amilosa (kira–kira20%-28%) serta sisanya yaitu amilopektin. Amilosa ini terdiri atas 250-300 unit D-glukosa yang mana hal ini saling terikat dengan ikatan α1,4-glikosidik, sehingga molekulnya ini yaitu rantai terbuka. Amilopektin juga terdiri daru molekul D-glukosa yang mana dari sebagian besar memiliki ikatan 1,4-glikosidik serta sebagian lagi merupakan ikatan 1,6-glikosidik.

  • Glikogen

Glikogen yaitu termasuk dalam salah satu jenis polisakarida yang mana terdiri dari subunit glukosa dengan ikatan rantai lurus (α1→4) serta terdapat ikatan rantai percabangan (α1→6). Glikogen sendiri mempunyai struktur yang mirip dengan amilopektin (yang merupakn salah satu jenis pati) namun dengan memiliki lebih banyak percabangan, yakni setiap 8-12 residu. Glikogen (dikenal juga sebagai ‘pati otot’) yang mana digunakan oleh hewan untuk menyimpan energi yang mempunhai struktur mirip seperti amilopektin (Simarmata, 2012).

  • Selulosa

Selulosa sendiri yaitu molekul yang terdiri atas karbon, hidrogen, serta oksigen, dan juga ditemukan pada struktur selular yang hampir semua materi tanaman. Senyawa organik ini, yang mana dianggap paling melimpah yang ada di bumi, bahkan diekskresikan dari beberapa bakteri. Selulosa yaitu rantai panjang molekul gula yang mana hal ini dihubungkan satu sama lain agar dapat memberikan kekuatan dalam kayu yang luar biasa. Selulosa sendiri yaitu komponen utama yang berasal dinding sel tumbuhan, serta bahan bangunan dasar yang banyak akan tekstil serta pada kertas. Kapas merupakan bentuk alami murni dari selulosa. Di laboratorium, kertas ashless filter yaitu sumber selulosa yang hampir murni.

Berikut ini merupakan beberapa pernyataan yang menerangkan mengenai pencernaan karbohidrat:

  • Polisakarida seperti amilum bisa dicerna dari sistem pencernaan yang menjadi disakarida.
  • Disakarida juga akan dicerna lebih lanjut agar bisa menjadi monosakarida.
  • Tenaga yang dihasilkan oleh proses metabolisme monosakarida pada sel.
  • Glukosa memiliki peran yang sangat penting untuk proses pembentukan tenaga ini.
  • Karbohidrat juga sangat penting dalam peningkatan daya tahan pada tubuh
  • Karbohidrat juga memiliki kandungan serat yang sangat besar sehingga konsumsi karbohidrat sangat baik untuk pencernaan.
  • Konsumsi karbohidrat yang berlebih juga bisa meningkatkan resiko untuk terjadinya penyakit kencing manis dan juga obesitas.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh (Bahas Lengkap), semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂