Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap)

Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) – Dalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa hampir setiap harinya kita melakukan transaksi jual beli.

Apalagi jika kita sedang berada diluar rumah, maka kegiatan tersebut sering kali terjadi, contohnya ketika kita hendak membeli minuman atau sedang makan di sebuah tempat makan dan diwarung kecil untuk membeli sebungkus rokok pun merupakan kegiatan jual beli.

Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertian dan jenis-jenis pasar.

Pengertian Pasar

Tetapi apakah kamu mengetahui terdapat tempat yang tiap harinya melaksanakan aktivitas tersebut dengan skala yang besar? Ya, jawabannya merupakan pasar. Secara umum pengertian dari pasar yaitu suatu tempat bertemunya penjual serta pembeli yang hendak melaksanakan aktivitas transaksi jual beli benda maupun jasa.

menurut pendapat dar i Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat atau Amerika Marketing Association yang menjelaskan bahwa pasar yaitu sebagai tempat pelaksanaan kegiatan  perdagangan yang kemudian di arahkan secara khusus untuk barang dan juga jasa oleh produsen ke konsumen.

Jenis-jenis Pasar

Perlu diketahui bahwa pasar memiliki berbagai jenis yang mana dibedakan berdasarkan beberapa kategori, yakni bedasarkan fisiknya, bedasarkan bentuknya, bedasarkan waktunya, bedasarkan barang yang diperjualbelikan serta bedasarkan luas kegiatannya. Mari simak penjelasan tentang beberapa jenis dari pasar berdasarkan kategorinya masing-masing.

Jenis-jenis pasar berdasarkan waktunya

Pasar harian

Pasar harian merupakan pasar yang kegiatannya selalu ada (berlangsung) setiap hari dan hampir seluruhnya barang yang diperjualbelikan merupakan barang pokok yang dibutuhkan sehari-hari. Seperti sayuran, sembako, perlengkapan mandi dll.

Pasar mingguan

Pasar mingguan yaitu jenis pasar yang mana kegiatannya hanya berlangsung setiap seminggu sekali. Pasar ini pada umumnya terdapat pada daerah maupun tempat yang lokasinya belum padat atau masih jarang penduduk serta letaknya berada jauh dari pemukiman.

Pasar bulanan

Pasar bulanan yaitu jenis pasar yang mana kegiatannya hanya dilakukan selama sebulan sekali. Umumnya pasarini dilakukan oleh agen grosir yang memperjualbelikan barangnya.

Pasar tahunan

Pasar tahunan yaitu jenis pasar yang mana kegiatannya hanya berlangsung setahun sekali, serta umumnya pada saat sedang berlangsung bisa lebih dari satu hari. Misalnya seperti Lampung Fair.

Jenis-jenis pasar berdasarkan Bentuknya

Pasar persaingan

Pasar persaingan yaitu jenis pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh persaingan yang terjadi antara sebuah permintaan dan juga penawaran.

Pasar monopoli

Pasar monopoli yaitu jenis pasar sebagai mana seorang penjual suatu barang dipasar hanya terdapat satu orang saja. Misalnya PT Kereta Api Indonesia.

Pasar duopoli

Pasar duopoli yaitu jenis pasar yang sebagai mana sang penjual hanya terdapat dua orang serta semuanya menguasai penawaran dalam suatu barang dan mampu mengendalikan dari harga barang tersebut.

Pasar oligopoli

Pasar oligopoli yaitu jenis pasar yang mana di dalamnya ada beberapa penjual yang dipimpin oleh salah satu dari dari penjual barang tersebut serta mengendalikan tingkat harga barang. Contohnya yaitu perusahaan otomotif Astra Indonesia.

Pasar monopsoni

Pasar monopsoni yaitu jenis pasar yang mana proses pembentukan harga barangnya ini dikendalikan oleh satu orang maupun dari sekelompok pembeli.

Pasar duopsoni

Pasar duopsoni yaitu jenis pasar yang mana proses pembentukan dari harga barangnya ini dikendalikan oleh dua orang maupun dari dua kelompok pembeli.

Pasar oligopsoni

Pasar oligopsoni yaitu jenis pasar yang mana proses pembentukan dari harga barangnya ini dikendalikan oleh beberapa orang maupun dari beberapa kelompok pembeli.

Jenis-jenis pasar berdasarkan fisiknya

Pasar konkret

Pasar konkret atau pasar nyata yaitu jenis pasar yang mana sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual yang ingin melakukan transaksi jual beli secara langsung. Barang yang diperjualbelikan umumnya merupakan barang pokok. Misalnya pasar tradisional.

Pasar abstrak

Pasar abstrak atau pasar tidak nyata yaitu salah satu kegiatan jual beli tetapi tidak adanya pertemuan antara penjual dan pembeli secara langsung dan umumnya kegiatannya ini dilakukan melalui sebuah media seperti telepon, internet dan lain sebagainya. Contohnya seperti toko online yakni OLX.com dan Tokopedia.com

Jenis-jenis pasar berdasarkan barang yang diperjualbelikan

Pasar barang konsumsi

Pasar barang konsumsi yaitu jenis pasar yang memperjualbelikan berbagai barang daganga yang merupakukan untuk konsumsi supaya terpenuhinya berbagai macam kebutuhan manusia.

Pasar sumber daya produksi

Pasar sumber daya produksi yaitu jenis pasar yang memperjualbelikan berbagai faktor produksi serta SDM, contohnya yaitu tenaga ahli, tenaga kerja serta berbagai macam material dalam pembentuk bangunan.

Jenis-jenis pasar berdasarkan luas kegiatannya

Pasar setempat

Pasar setempat yakni jenis pasar sebagaimana penjual serta pembeli hanya penduduk setempat maupun disekitar pasar.

Pasar daerah atau pasar lokal

Pasar daerah atau pasar lokal merupakan jenis pasar yang terdapat pada setiap daerah yang mana barang-barang yang diperjualbelikan ini yaitu keperluan penduduk daerah tersebut.

Pasar Nasional

Pasar Nasional ialah jenis transaksi jual beli barang dalam suatu pasar yang mana hanya mencakup satu negara saja, misalnya seperti pasar senen.

Pasar Internasional

Pasar Internasional ialah salah satu jenis pasar yang melakukan transaksi jual beli barang-barang serta keperluan masyarakat secara internasional, misalnya  pasar kopi yang ada di Santos Brazil.

Pengertian Pasar & Jenis Jenis Pasar Terlengkap

Fungsi Pasar

Pasar sendiri memiliki peran penting sebagai roda perekonomian dalam sebuah negara, oleh sebab itu berikut ini meurppakan fungsi utama pasar.

1. Fungsi Pembentukan Harga

Fungsi pembentukan harga. pasar merupakan sebagai tempat dalam menentukan suatau harga (nilai) pada barang sebab pasar merupakan tempat bertemunya seorang penjual dan pembeli yang mana saling berinteraksi serta saling tawar menawar yang mana sehingga dalam hal ini akan memunculkan sebuah kesepatakan sebuah harga (nilai) barang tersebut.

2. Fungsi Distribusi

Fungsi Distribusi. pasar merupakan salah satu hal yang memudahkan dalam kegiatan produsen serta mendistribusikan suatu barang untuk konsumen atau pembeli secara langsung.

3. Fungsi Promosi

Fungsi Promosi. Pasar juga sebagai tempat yang sangat cocok bagi produsen untuk memperkenalkan maupun untuk mempromosikan barang daganganya kepada konsumen.

4. Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja

tak hanya pedagang serta pembeli, di pasar banyak juga pihak lain yang terlibat pada kegiatan ekonomi yang ada di pasar. yang mana seperti tukang ojek,  tukang sampah, tukang sapu, tukang parkir, dan laian sebagainya. Maka dari itu bisa dibilang bahwa pasar juga memiliki fungsi sebagai tempat untuk penyerapan tenaga kerja.

Ciri-Ciri Pasar

Berikut adalah bebera ciri dari pasar diantaranya yaitu

  • Terdapat calon penjual dan pembeli yang ada didalam pasar
  • Adanya suatu barang maupun jasa yang akan diperjual belikan di pasar
  • Adanya sebuah Interaksi antara sih penjual dan pembeli baik itu secara langsung atau secara tidak langsung
  • Adanya sebuah proses dimana permintaan dan penawaran yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Pasar dan Jenis Pasar (Bahas Terlengkap) yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Daftar Isi