19 Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap)

19 Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap) – Siapa orang yang tidak mengenal uang? Banyak terjadi kerusuhan, keretakan rumah tangga, perpecahan, korupsi itu semua karena uang. Uang bagi sebagian orang merupakan kebutuhan pokok dan utama, tanpa uang tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Di dalam bidang perekonomian, uang merupakan benda yang disepakati masyarakat atau pelaku perekonomian sebagai media dalam bertransaksi. Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas tentang apa itu uang dan apa saja fungsinya?

19 Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap)

Uang yaitu salah satu alat yang digunakan unyuk bertransaksi yang paling berharga dan sangat berguna bagi masyarakat untuk dipakai sebagai alat pembayaran dalam bentuk apapun (barang, jasa, hutang piutang, dan lain sebagainya) yang mana uang ini mempunyai nilai, dipercaya, diterima serta beredar luas ditengah-tengah masyarakat.

Uang yaitu benda yang diterima oleh masyarakat sebagai alat perantara untuk melakukan suatu barter maupun  pedagangan.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu, berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian dari uang menurut beberapa ahli ekonomi.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Ada beberapa pengertian dari uang yang telah didefinisikan oleh para ahli, berikut adalah penjelasannya:

1. Albert Gailort Hart

Belianu berpendapat bahwa uang merupakan suatu kekayaan oleh pemiliknya dapat dipakai dalam melakukan transaksi maupun membayar hutang dengan segera dan tidak adanya tunda menunda.

2. R.S Sayers

R.S Sayers menjelaskan bahwa uang yaitu segala sesuatu yang bias diterima  oleh masyarakat sebagai pembayaran utang.

3. Robertson

Belilau menyatakan bahwa uang yaitu sesuatu yang umum dan dapat digunakan dalam melakukan transaksi pembayaran barang dan jasa.

4. Rollin G. Thomas

Ia berpendapat bahwa uang adalah sesuatu yang siap sedia dan biasanya diterima oleh masyarakat yang digunakan sebagai alat pembayaran dan bertransaksi dalam pembelian barang dan jasa serta pembayaran utang.

5. A. C. Pigou

Ia berpendapat bahwa uang yakni sesuatu yang lazim dipakai dalam bertransaksi atau alat penukar.

Baca Juga:  √ Pengertian Administrasi Negara, Tujuan, Ciri, Ruang Lingkup & Contoh

6. George Simmel

Ia menjelaskan bahwa Uang mempunyai kemampuan dalam mentransformasikan serta mengubah dunia sosial terhadap dunia aritmatik dan digunakan sebagai sarana reifikasi paling murni.

7. George N. Halm

Disini beliau menjelaskan Uang merupakan suatu alat yang dipakai dlam mempermudah serta memperlancar pertukaran serta untuk mengatasi segala kesulitan untuk melakukan barter atau transaksi.

8. Dennis Home Robertson

Dennis Home Robertson Uang berpendapat dalam bukunya yang judulnya Money mengatakan bahwa “money is something accepted in payment for goods” artinya yaitu “uang yaitu segala sesuatu yang bisa diterima untuk melakukan pembayaran agar memperoleh barang

9. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo

Mereka berpendapat bahwa Uang yaitu suatu alat tukar yang diterima oleh masyarakat yang diguanakan sebagai alat pembayaran yang saha atas kesatuan hitungnya.

10. Anto Pracoyo & Tri Kunawangsih

Mereka berpendapat bahwa Uang yaitu alat yang digunakan sebagai alat tukar yang mampu untuk dipergunakan oleh para pelaku ekonomi global pada umumnya.

11. Walker

Ia berpendapat Uang adalah “money is what money does”, artinya yaitu uang ialah semua hal yang bisa dilakukan oleh uang itu, dengan kata lain uang yakni uang berfungsi sebagai uang dan bukan karena fungsi-fungsi yang lain

12. Irma Rahmawati

Beliau menyatakan bahwa Uang yaitu suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat yang digunakan sebagai alat untuk penukaran serta sebagai perdagangan.

13. Rismsky K. Judisseno

Beliau berpendapat bahwa Uang yaitu satu media yang mampu untuk diterima yang dipaki oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang dipakai untuk mempermudah ketika sedang bertransaksi.

14. Hukum

Uang yaitu benda yang merupakan alat pembayaran yang sah, secara fungsional uang merupakan suatu benda yang bisa dipakai untuk alat pembayaran, jika dilihat dari nilainnya, uang itu adalah satuan hitungan yang bisa menyatakan sebuah nilai.

15. Ensiklopedia Indonesia

Dikutip dari Ensiklopedia Indonesia uang yaitu segala sesuatu hal yang bsia dipakai dan juga biasanya bisa diterima sebagai alat penukar maupun sebagai alat standar dalam pengukur sebuah nilai, seperti, pengukur standar uang, garansi penanggung utang dan digunakan untuk mengukur standar daya beli.

16. Mankiw

Disini ia berpandapat bahwa Uang yaitu persediaan aset yang dapat untuk segara dipakai dalam melakukan transaksi, tak hanya itu uang yaitu segala sesuatu yang bisa digunakan atau diterima untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa atau hutang, uang mempunyai satu tujuan fundamental dalam sistem ekonomi, untuk memudahkan pertukaran barang maupun jasa, mempersingkat waktu serta usaha yang dibutuhkan dalam melakukan perdagangan.

Baca Juga:  Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe

17. Kasmir

Uang yaitu alat tukar menukar, dalam hal ini uang dipakai sebagai alat untuk membeli atau menjual suatu barang atau jasa. Dengan kata lain uang bisa digunakn untuk membayar terhadap barang yang ingin dibeli atau diterima sebagai akibat dari penjualan barang maupun jasa.

18. KBBI

Dikutip dari KBBI bahwasannya Uang yaitu alat penukar atau standar pengukur niali “kesatuan hitungan” yang sah fan dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara yang berupa kertas, emas, perak maupun logam lain yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.

19. Wikipedia

Dilansir dari wikipedia bahwa Uang yaitu sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima yang digunakn sebagai alat pembayaran dalam melakukan pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya dan juga digunakan untuk pembayaran hutang.

7 Pengertian Uang Menurut Para Ahli & Fungsinya Lengkap

Fungsi Uang

Terdapat pula fungsi-fungsi dari uang diantaranya yaitu:

Fungsi Asli (Primer)

  • Sebagai alat tukar umum (medium of exchange), yakni uang berfungsi sebagai alat tukar serta digunakan untk mengatasi kesulitan pada pertukaran secara barter.
  • Sebagai satuan hitung (unit of account), yakni uang berfungsi untuk menentukan nilai dari suatu barang maupun jasa dan juga besarnya harga yang bisa diukur.

Fungsi Turunan (sekunder)

  • Sebagai alat pembayaran (means of peyment) yang sah, yakni uang befungsi sebagai alat dalam melakukan pembayaran seperti bayar pajak, makanan, iuran, bbm, dan pembayaran yang lainnya.
  • Sebagai pembayaran utang (standard of deffered payment), yakni uang berfungsi untuk menentukan pembayaran utang dengan standar utang yang harus dibayarkan.
  • Penimbun kekayaan maksudnya yakni uang dapay untuk disimpan maupuan ditabung guna mempermudah pertukaran dimasa yang akan datang dengan uang yang cukup banyak dan dapat memindah kepemilikan harta kekayaan lain seperti gedung, perusahaan, tanah, kebun dan lain sebagainya.
  • Sebagai alat pembentukan modal dan  pemindahan modal (transfer of value), yaitu uang berfungsi untuk menambah modal usaha baik dipakai untuk pribadi atau dipinjamkan untuk orang yang membutuhkannya.
  • Sebagai alat pengukur nilai (standard of value), yang mana uang berfungsi sebagai alat dalam menentukan harga suatu barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai 19 Pengertian Uang Menurut Para Ahli dan Fungsinya (Lengkap), semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi para pembaca, dan kunjungi juga artikel yang berkaitan tentang jenis-jenis dan sifat uang. Sekian terimakasih 🙂