√ Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian

Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang E-Money. Yang meliputi pengertian E-money, manfaat emoney, jenis-jenis emoney, kriteria emoney, keuntungan dan kerugian emoney dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian

Mari kita bahas pengertian E-Money terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian E-Money

Menurut Wikipedia E-money/uang elektronik (uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi internet dengan cara elektronik. Seringkali transaksi ini memakai jaringan internet dan sistem penyimpanan harga digital.

Pengertian lain dari E-money yaitu suatu alat pembayara yang memakai media elektronik yakni jaringan komputer dan juga internet. Nilai uang dari nasabah tersimpan pada media elektronik tertentu. E-Money juga sering disebut dengan Electronic Cash, Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency maupun Digital Currency.

E-money dapat aman digunakan, bahkan ilmu kriptografi menyebutkan bahwa uang elektronik itu sangat sulit untuk dibajak atau diretas. Sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran ketika memakai uang ini.

Manfaat E-Money

Penggunaan E-Money bisa melakukan beragam transaksi dengan lebih mudah dan praktis. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pemakaian E-Money yakni:

  • Memberikan kemudahan, kecepatan dan praktis dalam melaksanakan transaksi pembayaran. Menjadikan kita tidak sulit menyiapkan uang tunai dalam membayar
  • Tidak membutuhkan uang kembalian yang berwujud barang seperti memakai permen, karena dengan E-Money pihak merchant hanya butuh melakukan kliring langsung dengan jaringan komputer.
  • Mudah diaplikasikan karena dapat dipakai untuk beragam transaksi massal bernilai kecil dengan frekuensi tinggi, seperti: membayar tol, membayar tiket transportasi, parkir, fast food dan lain-lain.

Jenis-Jenis E-Money

E-Money dibagi menjadu dua, yakni berdasarkan jenisnya:

  • Prepaid Software
    Prepaid Software biasa disebut dengan digital cash, adalah E-Money yang nilainya tersimpan dalam hard disk pada sebuah PC. Untuk memindahkan dananya membutuhkan jaringan internet.
  • Prepaid Card
    Prepaid card biasa disebut dengan elektronic purches, adalah E-Money yang nilainya disimpan pada suatu chip ditanamkan di sebuah kartu. Contoh dari prepaid card adalah FlAZZ BCA, Mandiri E-Money, Brizzi dan BNI Prepaid

FLAZZ BCA adalah contoh kartu prepaid pertama yang menggunakan sistem E-Money. Bank BCA merupakan Bank yang pertama memanfaatkan kecanggihan teknologi E-Money dengan mengeluarkan prepaid card berteknologi canggih.

Anda dapat memakai kartu ini untuk beberapa merchant yang sudah menjalin kerja sama dengan pihak Bank BCA. Sedangkan Mandiri E-Money adalah prepaid card yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri, Brizzi dikeluarkan oleh Bank BRI dan BNI Prepaid dikeluarkan oleh Bank BNI. Selain sebagian Bank diatas, terdapat pula lembaga non perbankan yang ikut mengeluarkan prepaid card, seperti Telkomsel.

Pemakaian E-Money ini tidak membutuhkan suatu proses otorisasi seperi pada pemakaian PIN atau tanda tangan, karena E-Money tidak berhubungan langsung dengan rekening nasabah yang terdapat di Bank. Penggunaan dari E-Money tidak membebankan pembayarannya pada rekening bank, sepeti pada kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid card lain, anda juga dapat melakukan top up untuk kartu anda tersebut.

Kriteria E-Money

E-Money yang merupakan alat pembayaran, maka uang elektronik ini mempunyai kriteria sebagai berikut

  • Dikeluarkan atas dasar nilai uang yang disetorkan oleh pemegang lebih dulu kepada penerbit.
  • Nilai uang yang tersimpan pada E-Money merupakan dengan cara elektronik dalam sebuah media seperti server atau chip
  • Dipakai sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan suatu penerbit uang elektronik tersebut
  • Nilai uang e-money yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan sebuah simpanan sebagaimana dimaksud dalam perundang-undangan yang mengatur tentang perbankan.

Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis-Jenis, Kriteria, Keuntungan, Kerugian

Keuntungan E-Money

Keuntungan pengunaan e-money antara lain:

  • Kita tidak harus membawa uang tunai dalam berbelanja atau untuk membayar parkir, dan bisa memakai pada tempat yang sudah disediakan alat khusus untuk E-Money tersebut.
  • Transaksi menjadi sangat akurat karena diolah oleh komputer dan mesin
  • Anda tidak harus menunggu uang kembalian karena jumlah nominal akan berkurang sebanyak jumlah yang yang dikeluarkan
  • Adanya database yang bisa mencatat semua transaksi yang dilakukan menjadikan anda tidak harus mengingat untuk apa saja uang Anda tersebut terpakai
  • Transaksi lebih cepat

Kekurangan E-Money

Kekurangan dari E-Money atau uang elektronik adalah:

  • Riskan untuk dibajak atau diretas karena memakai sistem elektronik dan internet
  • Adanya resiko data hilang karena kesalahan software
  • Tidak semua tempat mempunyai alat yang digunakan untuk pemakaian digital money tersebut dan juga belum semua tempat memberlakukan e-money di merchantnya
  • Uang yang sudah disimpan dalam e-money akan hilang apabila Anda menghilangkan kartu atau alat yang dipakai untuk menyimpan uang tersebut.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi