Allahummaghfirlahu Warhamhu : Pengertian, Makna dan Tata Cara Membacanya

Allahummaghfirlahu Warhamhu : Pengertian, Makna dan Tata Cara Membacanya – Adakah yang belum mengerti arti dari Allahummaghfirlahu Warhamhu ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan hal-hal yang juga melingkupinya. Mari simak pembahasan pada artikel di bawah ini untuk lebih memahaminya.

Allahummaghfirlahu Warhamhu : Pengertian, Makna dan Tata Cara Membacanya

Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu adalah sebuah do’a yang dilaksanakan dalam sholat jenazah pada takbir ketiga.

Didalam hidup, pasti akan tiba ada kematian. Disaat itulah, umat Islam wajib merawat orang yang telah meninggal. Hukum mengurusi jenazah adalah “Fardhu Kifayah” yang artinya suatu kegiatan dalam Islam yang wajib dilakukan, namun jika dilakukan oleh muslim lain maka kewajiban tersebut gugur. seandainya tak ada yang melakukan kewajiban itu, maka semua akan mendapat dosa.

Allahummaghfirlahu warhamhu ialah permohonan terhadap Allah Swt supaya mengampuni dosa-dosa si mayit. Dengan doa ini diinginkan Allah mengampuni beberapa dosa orang hal yang demikian dan lolos dari alam barzah. Itulah sebabnya mengapa sehingga saat sholat jenazah allahummaghfirlahu warhamhu dibaca sebagai salah satu doa pengiring.

Arti Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahummaghfirlahu Warhamhu adalah doa bagi orang yang telah meninggal yang memiliki arti “Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat”. Versi yang lebih lengkap dari doa ini berbunyi allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu yang memiliki arti “Wahai Allah, Ampunilah dia, berilah dia rahmat, berilah dia kesejahteraan, maafkanlah kesalahannya”.

Jika ditulis ke dalam bahasa Arab, maka bentuknya adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ

Allahummaghfirlahu Warhamhu

Artinya: Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat

Versi lebih lengkap:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu

Artinya: Wahai Allah, Ampunilah dia, berilah dia rahmat, berilah dia kesejahteraan, maafkanlah kesalahannya

Tulisan Arab Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahummaghfirlahu Warhamhu bisa juga dikombinasikan dengan ucapan “Innalillahiwainnailaihirojiun”, sehingga lafadznya menjadi “Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu Warhamhu”. Berikut ini adalah tulisan Arab seacra komplit dengan latin dan artinya:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَاَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ

Innalillahiwainnailaihirojiun Allahummaghfirlahu Warhamhu

Artinya: Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah, dan kepada Allah jualah kami kembali. Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat

Pengertian Allahummaghfirlahu Warhamhu

Dari penjelasan di atas, sudah kita ketahui bahwa Allahummaghfirlahu Warhamhu (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ) meruapak doa bagi orang yang telah meninggal yang berarti “Wahai Allah, ampunilah dia dan berilah rahmat”. Doa ini disarankan dibaca pada ketika menunaikan shalat jenazah untuk si mayit. Dengan kemauan, Allah Swt akan mengampuni dosa dan kekeliruan dari orang hal yang demikia} selama hidupnya di dunia.

Kita menyadari bahwa tak ada manusia yang terlepas dari dosa. Dosa dapat bersumber dari {tindakan} yang disengaja dan tindakan yang tak disengaja. Cuma satu orang manusia di dunia ini yang terbebas dari dosa dan kekeliruan, ialah Rasulullah Muhammad Saw. Allah Swt sudah memberikan jaminan ampunan terhadap beliau untuk dosa yang lampau dan yang akan datang. Allah Swt berfirman:

Baca Juga:  Do'a Bercermin : Arti dan Maknanya

لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ

Artinya: Supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang. (QS. Al-Fath: 2)

Makna Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahummaghfirlahu Warhamhu (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ) bermakna doa permohonan ampunan untuk orang lain {terhadap} Allah Swt. Di doakan ialah hak orang meninggal dunia yang seharusnya ditunaikan oleh kita yang masih hidup. Doa yang paling bagus diberi terhadap orang yang sudah menerima kematian merupakan doa permohonan ampun baginya terhadap Allah Swt.

Ampunanlah yang sungguh-sungguh diinginkan orang yang sudah meninggal dunia. Ampunan Allah merupakan keperluan absolut seluruh manusia. Maghfirah dan rahmat-Nya {ialah|merupakan|yaitu|yakni} puncak hajat tiap-tiap hamba. Sebab sebenarnya ibadah dan ketaatan manusia cuma dialamatkan dalam rangka meraih ampunan dan rahmat Allah Swt. Tanpa ampunan dan rahmat-Nya, ibadah manusia tak akan ada apa-apanya.

Manusia bersusah payah beribadah terhadap Allah, apabila bukan sebab rahmat dan ampunan-Nya, karenanya konsisten saja manusia tak akan dapat masuk surga. Tidak sedikit manusia yang dulunya pakar ibadah, tetapi sebab dia tergelincir dalam satu dosa dalam hidupnya yang Allah tak mengampuninya, karenanya dia menjadi jauh dari ampunan-Nya lalu dia dijebloskan ke dalam neraka.

Dengan doa allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fu’anhu (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ) diharapkan Allah akan memberikan kehidupan yang bagus bagi si mayit di akhirat kelak. Dia dapat terbebas dari azab kubur dan panasnya api neraka.

Tata Cara Membaca Allahummaghfirlahu Warhamhu

Terdapat tata metode membaca Allahummaghfirlahu Warhamhu pada ketika penyelenggaran shalat jenazah. Bacaan hal yang demikian berbeda ketika dimaksudkan terhadap laki-laki dan perempuan. Perbedaan {hal yang demikian} {berlokasi} pada segi dhomirnya. Allahummaghfirlahu mempunyai tiga dhomir, adalah HU, HAA, dan HUM. Berikut ini  merupakan penjelasannya:

Allahummaghfirlahu Warhamhu Untuk Laki-laki (Dhomir HU)

Allahummaghfirlahu Warhamhu (dhomir HU) digunakan jika yang meninggal itu adalah satu orang laki-laki. Lafaz lengkap doanya adalah

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ ، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ ، وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّار

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihi wa’fu’anhu, waakrim nuzulahu wawasi’madkholahu, waghsilhu bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihi min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wa ahlan khoiron min ahlihi, wa zaujan khoiron min zaujihi waqqihi fitnatal qobri, wa ‘adzabannar

Artinya: Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya, hormatilah/mulyakanlah kedatangannya, luaskanlah tempat tinggalnya dan bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun. Bersihkanlah ia dari segala dosa sebagaimana kain putih bersih dari segala kotoran, gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari yang terdahulu, dan gantikanlah baginya ahli keluarga yang lebih baik dari pada ahli keluarga yang terdahulu dan peliharalah (hindarkanlah) ia dari siksa kubur dan azab neraka.

Baca Juga:  √ Pengertian Wakaf dan Hukum Wakaf Dalam Islam (Bahas Lengkap)

Allahummaghfirlahaa Warhamhaa Untuk Perempuan (Dhomir HAA)

Apabila yang meninggal itu ialah perempuan, karenanya “Allahummaghfirlahu Warhamhu” diganti dengan “Allahummaghfirlahaa Warhamhaa (dhomir HAA)”. Berikut ini lafaz komplit doanya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَاكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَاهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَقِّهَا فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَالنَّار

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu’anhaa, waakrim nuzulahaa wawasi’madkholahaa, waghsilhaa bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihaa min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa, wa ahlan khoiron min ahlihaa, wa zaujan khoiron min zaujihaa waqqihaa fitnatal qobri, wa ‘adzabannar

Artinya: Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah dia dan tempat-kanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan Neraka.

Allahummaghfirlahu Warhamhu : Pengertian, Makna dan Tata Cara Membacanya

Allahummaghfirlahum Warhamhum Untuk Orang banyak (Dhomir HUM)

Jika yang meninggal itu lebih dari dua orang, maka lafaz “Allahummaghfirlahu Warhamhu” diganti dengan “Allahummaghfirlahum Warhamhum (dhomir HUM)”. Berikut ini lafaz lengkap doanya:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ وَاكْرِمْ نُزُلَهُمْ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُمْ وَاغْسِلْهُمْ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِمْ مِنَ الْخَطَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُمْ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِمْ وَاهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِمْ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِمْ وَقِّهِمْ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Allahummaghfirlahum warhamhum wa’aafihaa wa’fu’anhum, waakrim nuzulahum wawasi’madkholahum, waghsilhum bil maai watstsalji wal barod, wanaqqihim min khotooya kamaa yunaqqotstsaubul abyadhu minadanas, wa abdilhum daaron khoiron min daarihim, wa ahlan khoiron min ahlihim, wa zaujan khoiron min zaujihim waqqihim fitnatal qobri, wa ‘adzabannar

Artinya: Ya Allah, Ampunilah dia, maafkanlah mereka dan tempat-kanlah mereka di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburan mereka, mandikan mereka dengan air salju dan air es. Bersihkan mereka dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya mereka di dunia, berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarga mereka di dunia, istri (atau suami) yang lebih baik daripada istri (atau suami mereka), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari fitnah kubur (siksa kubur) dan Neraka.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Allahummaghfirlahu Warhamhu , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya