Malaikat dan Tugasnya : 10 Yang Wajib Diketahui

Malaikat dan Tugasnya : 10 Yang Wajib Diketahui – Rukun iman dalam Islam ada 6 perkara dan salah satunya iman kepada malaikat Allah SWT. Maksudnya ialah meyakini akan adanya malaikat-malaikat Allah, meskipun malaikat Allah adalah makhluk ghaib yang diciptakan daru nur atau cahaya dan tidak bisa dilihat oleh kasat mata, namun malaikat juga salah satu dari makhluk ciptaan Allah yang harus kita ketahui.

Banyak malaikat-malaikat yang Allah ciptakan seperti malaikat malakal maut, namun yang wajib kita ketahui sebagai umat Islam ada 10 nama malaikat. Tidak ada yang mengetahui berapa jumlah pasti malaikat Allah. Pembahasan kali ini kita akan fokuskan pada 10 nama malaikat dan tugas-tugasnya.

Malaikat dan Tugasnya : 10 Yang Wajib Diketahui

Mari kita bahas lengkap disini tentang malaikat dan tugasnya. Adapun nama-nama malaikat yang wajib diketahui antara lain:

1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril ini tugasnya adalah menyampaikan wahyu yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi dan Rasul. Terdapat ayat yang menjelaskannya di Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 97.

2. Malaikat Mikail

Jika anda pernah mendapat rizki dalam hidup anda berupa apa saja, bisa harta, kesehatan atau apapun. Ketahuilah bahwa malaikat Mikail lah yang membagikan rizki tersebut. Ya, malaikat Mikail tugasnya adalah membagikan rizki.

3. Malaikat Israfil

Dalam rukun iman yang Ke lima kita umat manusia khususnya umat muslim wajib beriman kepada hari akhir. Ketahuilah bahwa pada hari akhir nanti akan ada malaikat yang bertugas untuk meniup terompet Sangkakala namanya, pertanda bahwa berakhir sudah kehidupan di dunia ini. Malaikat yang mendapat tugas tersebut adalah malaikat Israfil, sang peniup Sangkakala.

Baca Juga:  √ Pembagian Akhlak Dalam Islam Dan Macamnya Lengkap

4. Malaikat Izrail

Allah berfirman dalam Al-Qur’an pada surat Ali Imran ayat 185 yang berbunyi “setiap yang bernyawa pasti akan mengalami mati”. Ketahuilah, bahwa malaikai Izrail lah yang bertugas untuk mencabut nyawa.

5. Malaikat Munkar

Ketika kita sudah mati dan berada dalam kubur, ada malaikat yang akan menanyakan amal perbuatan kita semasa kita hidup dan akan menyiksa kita ketika kita tidak bisa menjawabnya, yakni malaikat Munkar yang bertugas menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.

6. Malaikat Nakir

Adalah malaikat Nakir yang mempunyai tugas yang sama dengan malaikat Munkar, malaikat Munkar dan Nakir mempunyai tugas yang sama di alam kubur yaitu menanyakan amal perbuatan manusia di alam kubur.

7. Malaikat Raqib

Manusia didunia ini pasti pernah melakukan sesuatu yang baik maupun buruk, terlepas dia sengaja atau tidak. Ketahuilah bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat semua amal perbuatan kita yang baik semasa kita hidup di dunia ini. Dia adalah malaikat Raqib, sang pencatat amal baik.

8. Malaikat Atid

Jika kita tadi membahas malaikat Raqib yang tugasnya mencatat amal baik manusia pada semasa hidupnya. Lain dengan malaikat Atid, malaikat Atid mempunyai tugas kebalikan dari malaikat Raqib yaitu mencatat seluruh amal buruk perbuatan manusia sema hidup di dunia.

9. Malaikat Malik

Percayalah bahwa kita semua tidak akan mau menyinggahi tempat yang satu ini, tempat ini diciptakan untuk orang-orang yang kufur kepada Allah SWT, orang-orang yang tidak berada dijalanNya dan tidak pernah patuh kepada perintahNya, tempat tersebut adalah neraka. Dan malaikat yang bertugas menjaga pintu neraka adalah malaikat Malik.

10. Malaikat Ridwan

Berbeda dengan yang diatas, jika kita orang yang selalu amanah dijalan Allah SWT, orang yang yang selalu taat pada perintahNya dan layak untuk singgah di surga nya Allah SWT. Ketahuilah, bahwa disana ada malaikat Ridwan sang penjaga pintu surga.

Baca Juga:  Do'a Pembuka Acara : Arab, Latin dan Terjemahan

Malaikat dan Tugasnya

Malaikat ini Allah ciptakan dari nur atau cahaya, yang sifatnya ghaib. Malaikat diciptakan lebih dulu dari manusia. Malaikat juga diberikan oleh Allah SWT akal namun tidak diberi hawa nafsu, sehingga malaikat hanya menyembah Allah dan taat pada perintah Allah serta selalu tunduk pada Allah.

Demikian pembahasan mengenai Malaikat dan Tugasnya : 10 Yang Wajib Diketahui, semoga bisa dihafal dengan baik dan bermanfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih.