Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya

Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya – Mempercayai adanya hari akhir adalah rukun iman yang ke enam. Hari akhir itu pasti adanya dan dirahasiakan kapan datangnya hari akhir. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.co.id akan berbagi pengetahuan tentang nama-nama hari akhir yang ada dalam Al-Qur’an. Dan berikut ulasannya.

Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya

Mari kita bahas lengkap apa saja nama hari akhir dalam Al-Qur’an.

Pengertia Hari Akhir

Hari akhir ialah hari terakhir bagi seluruh makhluk hidup di dunia yang harus kita percayai keberadaannya yang menjadi jembatan kita umat manusia menuju ke kehidupan yang kekal dan abadi di akhirat. Hari akhir atau hari kiamat merupakan salah satu dari rukun iman yang kelima. Dimulainya hari akhir yaitu pada saat ditiupnya terompet sangkakala yang ditiup oleh malaikat isrofil untuk menghancurkan bumi dan segala isinya.

Hari kiamat tidak bisa diprediksi kapan akan datang karena itu adalah rahasia Allah SWT. Yang tidak diketahui siapa pun. Namun dengan cara ini kita masih bisa mengetahui kapan hari kiamat akan datang dengan melihat tanda-tanda yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW. Orang yang beriman kepada Allah SWT dan beramal akan mendapat pahala surga yang penuh kenikmatan, sedangkan orang yang kafir dan orang yang jahat akan masuk neraka yang sangat menyakitkan dan akan di siksa.

Nama-nama Hari Akhir

Berikut ini adalah nama-nama hari akhir yang ada di dalam Al-Qur’an.

Yaumul Akhir

Atinya hari akhir. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS.Al-Baqoroh: 8 artinya: “Dan diantara manusia ada yang berkata, “Kami beriman kepada Allah dan hari akhir,” padahal sesungguhnya mereka itu bukanlah orang-orang yang beriman“.

Yaumul Qiyamah

Artinya hari kiamat. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Baqoroh ayat 85 yang artinya: “Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang-orang yang berbuat demikian diantara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan“.

Yaumul Hasrah

Artinya hari penyesalan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Maryam: 39 yang artinya: “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan, (yaitu) ketika segala perkara telah diputus, sedang mereka dalam kelalaian dan mereka tidak beriman“.

Yaumul Ba’ats

Artinya hari berbangkit. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat Ar-Rum ayat 56 yang artinya: “…Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi (dahulu) kamu tidak meyakini(nya)“.

Yaumul Hisab

Artinya hari perhitungan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Sad:16 yang artinya: “Dan mereka berkata, “Ya Tuhan kami, segerakanlah azab yang diperuntukkan bagi kami sebelum hari perhitungan“.

Yaumu Diin

Artinya hari pembalasan Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat Al-Fatihah ayat 4 yang artinya: “pemilik hari pembalasan“.

Yaumul Haq

Artinya hari yang pasti terjadi. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. An-Naba: 39 yang artinya: “Itulah hari yang pasti terjadi. Maka barangsiapa menghendaki, niscaya dia menempuh jalan kembali kepada Tuhannya“.

Yaumul Jam’i

Artinya hari berkumpul. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Asy-Syura’ Allah berfirman yang artinya: “Dan demikianlah Kami wahyukan Al-Qur’an kepadamu dalam bahasa Arab, agar engkau memberi peringatan kepada penduduk ibu kota (Mekkah) dan penduduk (negeri-negeri) disekelilingnya, serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan adanya“.

Yaumul Khulud

Artinya hari kekekalan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Qaf: 34 yang artinya: “Masuklah ke (dalam surga) dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi“.

Yaumul Fasli

Artinya hari keputusan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS.Ad-Dukhan: 40 yang artinya: “Sungguh hari keputusan (hari kiamat) adalah waktu yang dijanjikan bagi mereka semuanya“.

Yaumul Wa’id

Artinya hari terlaksananya ancaman. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Qaf: 20 Allah berfirman yang artinya: “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang diancamkan“.

Yaumul Khuruj

Artinya hari keluar dari kubur. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Qaf: 42 yang artinya: “(Yaitu) pada hari (ketika) mereka mendengar suara dahsyat dengan sebenarnya. Itulah hari keluar (dari kubur)“.

Yaumu Taghabun

Artinya hari ditampakkannya kesalahan-kesalahan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. At-Taghabun: 9. Allah berfirman yang artinya: “(Ingatlah) pada hari (ketika) Allah mengumpulkan kami pada hari berhimpun, itulah hari pengungkapan kesalahan-kesalahan…”.

Yaumu Tanad

Artinya hari panggil memanggil. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Mu’min: 32 yang artinya: “Dan wahai kaumku!Sesungguhnya aku benar-benar khawatir terhadapmu akan (siksaan) hari saling memanggil“.

Yaumul Mau’ud

Artinya hari yang dijanjikan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Buruj: 2 yang artinya: “Dan demi hari yang dijanjikan“.

Yaumul Fathi

Artinya hari kemenangan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. As-Sajdah: 29 yang artinya: “Katakanlah, “Pada hari kemenagan itu, tidak berguna lagi bagi orang-orang kafir keimanan mereka dan mereka tidak diberi penangguhan“.

Yaumul Kabir

Artinya hari yang besar. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Hud: 3 yang artinya: “… Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (kiamat)“.

Yaumul ‘Asir

Artinya hari yang sulit. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Mudassir: 9 yang artinya: “Maka itulah hari yang serba sulit“.

As-Sa’ah

Artinya hari yang menentukan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Ghafir: 59 yang artinya: “Sesungguhnya hari kiamat pasti akan datang, tidak ada keraguan tentangnya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak beriman”

Ad Darul Akhirah

Artinya negeri akhirat. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Ankabut: 64 yang artinya: “Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui.”

Darul Qarar

Artinya tempat kembali. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Ghafir: 39 yang artinya: “Wahai kaumku, sesungguhnya kehidupan dunia ini adalah kesenangan sementara. Dan sesungguhya akhirat itu adalah negeri tempat kembali”.

Yaumul Wa’id

Artinya hari yang dijanjikan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Qaf: 20 yang artinya: “Dan ditiuplah sangkakala. Itulah hari yang dijanjikan.”

Al-Waqi’ah

Artinya Hari Kiamat. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Waqi’ah: 1 yang artinya: “Apabila terjadi hari Kiamat.”

Al Haqqah

Artinya yang pasti. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Haqqah: 3 yang artinya: “Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?”

Ath Thammatul Kubra

Artinya bencana besar. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. An-Nazi’at: 34 yang artinya: “Maka apabila bencana yang sangat besar (hari kiamat) telah datang.”

Ash-Shakhkhah

Artinya teriakan. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Abasa: 33 yang artinya: “Maka apabila datang suara yang memekakkan (telinga).”

Al-Azifah

Artinya suatu yang dekat. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. AN-Najm: 57 yang artinya: “Yang dekat (hari Kiamat) telah makin mendekat.”

Al-Qari’ah

Artinya ketukan keras. Sebagai mana Allah telah berfirman di dalam Al – Qur’an pada surat QS. Al-Qari’ah: 3 yang artinya: “Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?”

Nama-Nama Hari Akhir Dalam Al-Qur'an Dan Artinya

Tanda-Tanda Hari Akhir

  1. Matahari terbit dari barat dan terbenam dari timur. Ini terjadi karena perubahan besar dalam tatanan alam semesta.
  2. Keluarnya hewan yang sangat aneh. Binatang buas ini dapat bercakap-cakap dengan semua orang dan menunjukkan kepada manusia bahwa kiamat sudah sangat dekat.
  3. Kedatangan Al-Mahdi. Dia adalah keturunan Nabi Muhammad. Oleh karena itu, karakter dan karakter beliau sangat mirip dengan Rasulullah SAW.
  4. Munculnya Dajal. Dajal adalah orang yang muncul sebagai pertanda bahwa akhir dunia sudah dekat. Dajal buta satu mata dan mengaku sebagai “Tuhan”.
  5. Menghilangnya Al-Qur’an dan Mushaf, hafalan di dalam hati. Bahkan menghilang pula di hati seseorang.
  6. Pengumpulan manusia, seperti keselamatan lahir, sunat, pernikahan, ulang tahun, dll. Namun, perintah-Nya tidak pernah dilakukan sama sekali dan larangan-Nya dijauhi.
  7. Turunnya Nabi Isa. Dia akan turun ke bumi ini di tengah pengaruh Dajal yang merajalela.

Nah itulah beberapa nama hari akhir dalam Al-Qur’an. Semoga tulisan tentang Nama-nama Hari Akhir Dalam Al-Qur’an dan Artinya dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.

Daftar Isi