Hadist Menuntut Ilmu

Hadist Menuntut Ilmu – Apa saja hadist tentang menuntut ilmu ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya,Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Hadist Menuntut Ilmu


Ilmu adalah Segala sesuatu yang datangnya dari Allah dan Rasullullah Sallalahu Alaihi Wassalam, dalam bentuk Ayat Al Quran maupun Hadist.

Ilmu merupakan kunci semua kebaikan, dengan ilmu kita bisa mengetahui hukum-hukum Allah, dengan ilmu kita bisa mengamalkan Agama secara sempurna, dengan ilmu kita mengetahui batasan-batasan halal dan haram dan dengan ilmu kita berpeluang besar untuk masuk surga.

Imam Ahmad bin Hambal berkata, “Manusia sebenarnya lebih membutuhkan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali sehari, sedangkan ilmu diperlukan di setiap waktu.”

Imam Ibnu Hajar rahimahullah dalam kitab FathulBahri, 1/92 menerangkan bahwa maksud ilmu disini adalah ilmu syar’i atau ilmu agama bukan ilmu dunia.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Pasalnya, ilmu merupakan petunjuk yang bisa memberikan arah pada kehidupan. Apabila seorang muslim memiliki iman tetapi tidak memiliki ilmu, maka dia akan mudah terperdaya. Akan mudah ditipu dan dibelokkan jalannya. Terdapat suatu hadis menuntut ilmu yang menjelaskan tentang penting dan wajibnya menuntut ilmu seperti berikut ini.

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Bahwasannya menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap umat muslim” (HR. Ibnu Majah)

Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah tersebut mengandung arti penting bahwa setiap muslim baik laki-laki atau perempuan memiliki kewajiban yang sama dalam menuntut ilmu. Tidak terdapat batasan bagi perempuan. Selama ilmu tersebut menuju jalan kebaikan.


Hadist Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu


  • Hadits “Keutamaan Mempelajari Al Qur’an”

خَـيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْاآنَ وَعَلَّمَهُ

Artinya : ”Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhari

  • Hadits “Kewajiban Mencari Ilmu”

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)

  • Hadits “Menginginkan Kebahagiaan Dunia-Akhirat Harus Wajib dengan Ilmu”

مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

  • Hadits “Keutamaan Mencari Ilmu”

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Baca Juga:  Pendidikan Formal : Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan dan Fungsi

Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

  • Hadits “Kewajiban dan Keutamaan Menuntut Ilmu”

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى
الْجَنَّةِ

Artinya : ”Barang siapa yang menempuh jalan untuk mencari suatu ilmu. Niscaya Allah memudahkannya ke jalan menuju surga”. (HR. Turmudzi)

  • Hadits “Menuntut Ilmu”

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْدِ

Artinya : ”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)

  • Hadist tentang menuntut ilmu ulama pewaris para nabi

Bacaan Arab:

اَلْعُلَمَاءُ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوْا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَامًا، وَلَكِنْ وَرَّثُوْا الْعِلْمَ، فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Bacaan Latin: “A’l Ulamaa u warotsatul anbiyyaa, wainnal anbiyyaa lam yuwarrotsuu diinaaron walla dirhamun, walakin warrotsuul i’lma, faman akhoduhu akhodu bi hadzhon wa firin”.

Artinya: “Para ulama adalah pewaris para nabi, Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi para nbi mewariskan ilmu. Maka , barang siapa mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup.” [HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah; Di sahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahihul Jami’ no. 6297].
Hadist Keutamaan Ilmu Ke 6

  • Hadist keutamaan ilmu atas ibadah.

hadist keutamaan ilmu atas ibadah

فَـضْلُ الْعِـلْمِ خَيْرٌ مِنْ فَـضْلِ الْعِـبَادَةِ، وَخَيْرُ دِيْنَكُمُ الْوَرَعُ

Bacaan Latin: “Fadlu al i’lmi khoiron min fadhlin al i’baadah, wakhoiru diinakumul warou’n”

Artinya: “Keutamaan ilmu adalah lebih baik dari pada keutamaan ibadah. Dan sebaik-baik agama kalian adalah ketakwaan.”

Perawi dan riwayat hadist: [Hadits ini hasan, datang dari sahabat Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu’anhu, dan diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Ausath (no. 3972), Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (ta’liq hadits no. 96 sebagai syahid)]

  • Hadist Tentang Penuntut Ilmu

Hadist ini menerangkan tentang keutamaan penuntut ilmu yang akan mendapatkan doa kebaikan dari semua mahluk baik di langit dan di bumi.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرَضِينَ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ

Bacaan Latin: “Innallahu wamalaikatahu wa ahlassamawati wal arodhina hatta anamllata fii juhrihaa wa hatta alhuuta layusholluuna a’laa mua’llminnasi al khoiyro”.

Artinya: “Sesungguhnya Allah,para malaikat Nya,penduduk langit dan bumi sampai pun semut di sarangnya dan ikan di lautan turut mendoakan kebaikan untuk orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia” [Hadits Abu Umamah Al Bahili di Riwayat oleh Tirmidzi dan di shahihkan oleh Syehk Al Albani].

  • Hadist Tentang Menuntut Ilmu

Hadist ini menerangkan tentang ketenangan atau sakinah, dikelilingi oleh malaikat dan di naungi oleh rahmat ALLAH Subhana Hu Wataala bagi para penuntut ilmu.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

Artinya: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah atau ketenangan, dinaungi rahmat, dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” [HR. Muslim, no. 2699]

Baca Juga:  Arti Yaumul Milad : Penjelasan dan Balasan Ucapannya

Hadits Tentang Ilmu Yang Bermanfaat

Hadits ini dirwayatkan oleh Ibnu majah, dari sahabat Jabir bin ‘Abdillah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

سَلوا اللهَ علمًا نافعًا ، و تعوَّذوا باللهِ من علمٍ لا ينفَعُ

Yang artinya: “Mohonlah kepada Allah ilmu yang bermanfaat dan berlindunglah kepada-Nya dari ilmu yang tidak bermanfaat”.

Hadits tentang ilmu yang ber manfaat ini dinyatakan hasan sanadnya oleh Syaikh al-Albani dalam kitabnya Silsilatul ahaadiitsish shahiihah no. 1511.

Makna hadits ini yang di jelaskan oleh para ulama salaf adalah ilmu yang bersumber dari Al Quran dan Hadits yang bisa di amalkan dan menjadi amal shalih.

Makna ilmu yang bermanfaat juga di jelaskan oleh Imam Ibnu Rajab al-Hambali adalah kita belajar dengan sungguh sungguh tentang dalil dalil dalam Al Quran dan sunnah, lalu berusaha memahami kandungannya sesuai dengan pemahaman para salafus shalih.

Setelah memahami kandungannya, maka kita bisa dengan mudah mengamalkan ilmu tersebut, inilah yang di sebut dengan ilmu yang bermanfaat dalam hadist tersebut.
Ayat Al Quran Tentang Ilmu

Disini kami tuliskan juga ayat AL Quran tentang ilmu, diantarannya adalah:
Al Quran Surat Al-Mujadilah Ayat Ke 11

َرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ..

“…Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” [QS. Al-Mujadilah : 11]
Al Quran Surats Az Zumar ayat 9

قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

“Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.” [Qs Az Zumar : 9]

Hadist Menuntut Ilmu

Penjelasan Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Ini adalah perintah yang jelas tentang kewajiban untuk menuntut ilmu agama, dan sikap sebagai seorang muslim yang baik adalah “samina Wa Athona” Kami mendengar dan kami taat.

Sesuai dengan apa yang di firmankan oleh ALLAH Subhana Hu Wataala, dalam Al Quran Surat An-Nuur Ayat 51, yang berbunyi:

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Sesungguhnya ucapan orang yang beriman adalah apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul itu memberikan keputusan hukum di antara mereka hanyalah dengan mengatakan, “Kami dengar dan kami taat”. Dan merekalah orang-orang yang berbahagia.” [QS. An-Nuur (24): 51].

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Hadist Menuntut Ilmu , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.