Do’a Masuk WC : Adab Keluar Masuk WC dan Do’a Keluar WC

Do’a Masuk WC : Adab Keluar Masuk WC dan Do’a Keluar WC – Bagaimana bacaan Do’a ketika masuk dan keluar dari WC?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Do’a masuk dan keluar dari WC.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Do’a Masuk WC : Adab Keluar Masuk WC dan Do’a Keluar WC


Pasti ering kali kita masuk dan keluar kamar mandi begitu saja tanpa berdoa. Padahal dalam Islam, ada adab serta doa untuk masuk dan keluar kamar mandi atau WC.Mandi adalah kegiatan rutin yang dilakukan seluruh manusia di dunia. Terutama untuk umat muslim, aktifitas mandi yang hukumnya sunnah bisa menjadi wajib.Karena dengan mandi berarti Anda membersihkan diri dari hadast kecil atau besar seperti mandi junub misalnya.

Dalam islam ada adab jika hendak memasuki kamar mandi. Salah satu adabnya yaitu dengan membaca doa masuk kamar mandi dan juga doa keluar kamar mandi jika sudah selesai.

Rasulullah SAW pernah berpesan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat buang air yaitu:

  • Tidak buang air sembarangan, khususnya di tempat berteduh, tempat berkumpul manusia, di bawah pohon yang sedang berbuah, di jalanan, di lubang hewan, dan lainnya. Karena hal tersebut berpotensi merugikan manusia dan makhluk lainnya, sedangkan Islam mengajarkan untuk tidak merugikan siapa pun.
  • Haram hukumnya menghadap atau membelakangi arah kiblat apabila buang air di tempat terbuka. Adapun bila dilakukan di tempat tertutup yang disediakan khusus untuk buang air semisal toilet, maka hukumnya makruh.
  • Menggunakan tangan kiri saat bersuci.
  • Ketika hendak masuk ke kamar mandi untuk buang air besar dan kecil kamu perlu membaca doa.
Baca Juga:  Shalat Hajat : Pengertian, Keutamaan, Niat dan Tatacaranya

Berikut ini doa masuk WC atau kamar mandi dan artinya:

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillâhi Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

Sedangkan doa keluar kamar mandi adalah:

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi

Artinya: “Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina).”


Hadist Anjuran Berdoa Masuk ke WC

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:
“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” .(HR. Bukhari)


Hadist Anjuran Berdoa Keluar dari WC

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ

Artinya:
“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Do'a Masuk WC : Adab Keluar Masuk WC dan Do'a Keluar WC

Adab Masuk dan Keluar WC

Sebagai muslim yang baik punya sopan santun dan adab dalam berbagai hal di kegiatan sehari-harinya. Salah satu adabnya yaitu ketika mau masuk kamar mandi atau ketika berada di kamar mandi.

Berikut adab masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi yang bisa Anda lakukan:

  • Ketika akan memasuki kamar mandi, hendaklah membaca بِسْمِ اللهِ agar ketika sedang berada di kamar mandi terhindar dari gangguan setan atau jin kafir.
  • Membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Ketika akan melangkah masuk ke kamar mandi, dahulukan kaki kiri terlebih dahulu. Karena kamar mandi merupakan tempat najis tempatnya setan berada.
  • Ketika berada di kamar mandi atau WC, pakailah alas kaki seperti sandal jepit atau sandal plastik.
  • Ketika berada di kamar mandi atau WC, usahakan jangan bernyanyi atau berbicara keras.
  • Ketika berada di kamar mandi atau WC, dilarang membawa ayat-ayat Al Qur’an atau mebaca ayat-ayat Al Qur’an.
  • Jika di dalam kamar mandi atau WC ingin BAB atau PUP, usahakan jangan menghadap atau membelakangi kiblat. Usahakan dengan arah menyamping, Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat.
  • Tidak boleh menjawab salam atau mengucapkan salam dari kamar mandi.
  • Usahakan menutup pintu kamar mandi supaya aurat tidak terlihat oleh orang lain dari luar.
  • Jika sudah selesai mandi atau buang hajat, hati-hati dengan najis, ketika selesai BAB atau PUP, siram atau aliri sampai benar-benar bersih.
  • Ketika akan melangkah keluar dari kamar mandi, dahulukan kaki kanan terlebih dahulu disertai dengan membaca doa غُفْرَانَكَ yang artinya “Aku meminta ampun kepadaMu”.
Baca Juga:  Syarat Ibadah Haji, Rukun dan Wajib Haji

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang  Do’a Masuk WC , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.