Pandawa Lima : Sejarah, Kisah, Tokoh dan Karakternya

Pandawa Lima : Sejarah, Kisah, Tokoh dan Karakternya – Siapa sajakah tokoh dari Pandawa lima itu ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi sejarah, karakter dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Pandawa Lima : Sejarah, Kisah, Tokoh dan Karakternya


Pandawa adalah termasuk istilah bahasa Sansekerta yang dengan cara harfiah yang berarti putra Pandu, yakni seorang raja Hastinapura terhadap wiracarita Mahabharata.

Pandawa terdiri atas lima orang, diantaranya ialah Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Mereka merupakan sebuah tokoh protagonis di dunia Mahabharata, sedangkan pada antagonisnya ialah putra Dretarastra, Korawa, saudara lelaki Pandu.

Di dalam kisah Mahabharata, pada kelima Pandawa tersebut telah menikah dengan Drupadi, yang telah berpartisipasi dalam sebuah kompetisi dalam sebuah kerajaan Panchala, dan masing-masing anggota Pandawa mempunyai seorang putra dari Drupadi.

Pandawa adalah sejumlah karakter utama dengan sebuah bagian penting dari epos Mahabharata, yakni dalam pertempuran besar di bagian daratan Kurukshetra. Pertempuran Pandawa melawan Korawa dan para sekutu mereka. Kisah ini yakni telah menjadi kisah penting dalam epos Mahabharata, di samping kisah bahwa Korawa dan Pandawa yakni bermain dadu.


Sejarah Pandawa Lima

Cerita wayang adalah sebuah kisah legendaris bagi masyarakat Hindu. Di India dan Indonesia selama kepulauan di bawah kerajaan Hindu, sejarah berakar pada cerita rakyat, yang telah berkembang dengan menjadi budaya dalam masyarakat terhadap kepulauan. Seperti buku Mpu Panuluh dan Bharatayudha karya Mpu Sedah.

Kisah Baratayudha, kisah pertempuran antara Korawa dan Pandawa di Kurusetra, menyisakan dalam sepotong legenda heroik yang sangat signifikan. Pandawa ialah seorang Putra Pandu terdiri atas 5 ksatria yang melambangkan dalam sebuah kebaikan dan 5 kualitas kesempurnaan terhadap manusia.


Kisah Pandawa Lima

Pandawa yang berasal dari bahasa sansekerta, yang berarti anak Pandu dalam salah satu raja Hastinapura Mahabharata dengan putra mahkota dari kerajaan tersebut pulau jawa yaitu lima pangeran Yudistira, Menurut susastra yang terdapat dalam agama Hindu (Mahabharata) yang menjelmah atau penitisan dewa.

Baca Juga:  Jelaskan Struktur Trakea : Pengertian, Fungsi, dan Gangguan pada Trakea

Berikut kisah yang terdapat tentang lima pewayang tersebut adalah :

  • Yudistira – merupakan penitisan sebagai penjelmaan dari Dewa Yama
  • Bima – merupakan penitisan sebagai penjelmaan dari Dewa Bayu
  • Arjuna – merupkan penitisan sebagai penjelmaan dari Dewa Indra
  • Nakula dan Sadewa – merupakan penitisan sebagai penjelmaan dari dewa kembar Aswin.

Para lima pandawa tersebut adalah tokoh yang sangat penting dalam wiracarita kisah Mahabharata dalam sebuah pertempuran yang dahsyat di daratan Kurukshetra dengan para Kurawa.


Tokoh dan Karakter Pandawa Lima

Banyak sekali karakter pewayangan yang bisa kita jadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, tapi tentunya yang berkarakter baik. baik Pandawa Lima merupakan tokoh yang tidak dapat dipisahkan dengan kisah Mahabarata, karena Pandawa Lima merupakan tokoh sentralnya bersama dengan Kurawa.

Pandawa lima adalah sebutan lima bersaudara, putra dari Pandu Dewanata yakni Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Berikut ini kita akan mengenal karakter tokoh pandawa lima :


  • Yudistira

Yudistira memiliki nama kecilnya yaitu Puntadewa. Ia merupakan yang tertua di antara lima Pandawa, atau para putera Pandu dengan Dewi Kunti. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Yama. Yudistira memerintah di Kerajaan Amarta.

Karakter : Sifatnya sangat bijaksana, tidak memiliki musuh, hampir tak pernah berdusta seumur hidupnya. Memiliki moral yang sangat tinggi, suka mema’afkan serta suka mengampuni musuh yang sudah menyerah. Sifat lainnya yang menonjol adalah adil, sabar, jujur, taat terhadap ajaran agama, penuh percaya diri, dan berani berspekulasi.

  • Bima

Bima dengan nama kecilnya Sena. Bima merupakan putra kedua Pandu dengan Dewi Kunti. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Bayu sehingga memiliki nama julukan Bayusutha. Bima sangat kuat, lengannya panjang, tubuhnya tinggi, dan berwajah paling sangar di antara saudara-saudaranya.

Meskipun demikian, ia memiliki hati yang baik. Pandai memainkan senjata gada. Senjata gadanya bernama Rujakpala. Bima juga dijuluki Werkudara. Dalam pewayangan Jawa, Bima memiliki anak yaitu Gatotkaca, Antareja dan Antasena.

Karakter : Bima memililki sifat dan perwatakan; gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur.

Baca Juga:  Pengertian Haji dan Umrah : Hukum, Syarat, Rukun, Wajib Haji, Sunah Haji dan Umrah

Ia juga memiliki sifat kasar dan menakutkan bagi musuh, walaupun sebenarnya   hatinya lembut,  setia pada satu sikap, tidak suka berbasa basi dan tak pernah bersikap mendua serta tidak pernah menjilat ludahnya sendiri.


  • Arjuna

Arjuna dengan nama kecilnya Permadi. Arjuna merupakan putra bungsu Dewi Kunti dengan Pandu. Ia merupakan penjelmaan dari Dewa Indra, Sang Dewa perang. Ia adalah ksatria cerdik dan gemar berkelana, gemar bertapa dan berguru menuntut ilmu.

Arjuna memiliki kemahiran dalam ilmu memanah dan dianggap sebagai ksatria. Kemahirannnya dalam ilmu peperangan menjadikannya sebagai tumpuan para Pandawa agar mampu memperoleh kemenangan saat pertempuran besar di melawan Kurawa. Arjuna dikenal juga dengan nama Janaka. Ia memimpin kerajaan di Madukara

Karakter : Arjuna memiliki sifat perwatakan cerdik pandai, pendiam, lemah lembut budinya,teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah.


  • Nakula

Nakula dengan nama kecilnya Pinten. Nakula merupakan salah satu putera kembar pasangan Dewi Madrim dan Pandu. Ia merupakan penjelmaan Dewa kembar bernama Aswin, Sang Dewa pengobatan. Nakula pandai memainkan senjata pedang. Nakula merupakan pria yang paling tampan di dunia dan merupakan seorang ksatria berpedang yang tangguh.

Karakter : perwatakan jujur, setia, taat pada orang tua dan tahu membalas budi serta dapat menjaga rahasia.


  • Sadewa

Sadewa dengan nama kecilnya Tangsen. Sadewa merupakan salah satu putera kembar pasangan Dewi Madri dan Pandu. Ia merupakan penjelmaan Dewa kembar bernama Aswin, Sang Dewa pengobatan. Sadewa adalah orang yang sangat rajin dan bijaksana. Sadewa juga merupakan seseorang yang ahli dalam ilmu astronomi.

Karakter :perwatakan jujur, setia, taat pada orang tua dan tahu membalas budi serta dapat menjaga rahasia

Pandawa Lima : Sejarah, Kisah, Tokoh dan Karakternya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pandawa Lima : Sejarah, Kisah, Tokoh dan Karakternya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya