√ Pengertian Biografi, Ciri, Macam dan Strukturnya (Bahas Lengkap)

Pengertian Biografi, Ciri, Macam dan Strukturnya (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang Biografi. Tentu kalian pernah mendengar istilah biografi, baik di sekolah atau membaca buku di toko buku.

Pengertian Biografi, Ciri, Macam dan Strukturnya (Bahas Lengkap)

Sebuah biografi menceritakan tentang seorang tokoh, dari kehidupannya, karirnya dan hal lain tentang tokoh tersebut. Untuk lebih detailnya kali ini kami akan mengulas tentang definisi biografi, ciri-ciri, macam-macam dan struktur. Untuk lebih memahaminya, silakan baca uraian lengkap dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Biografi

Biografi secara bahasa bersumber dari bahasa Yunani “Bios” yang memiliki arti hidup dan “Graphien” yang mempunyai arti tulis. Biografi yaitu sebuah tulisan yang menjelaskan mengenai kehidupan sesesorang. Sederhananya, biografi bisa diartikan sebagai suatu kisah riwayat hidup seseorang.

Definisi lain dari biografi yaitu kisah atau keterangan mengenai kehidupan seseorang. Dalam biografi akan dibahas dengan lengkap kehidupan seseorang tokoh sejak kecil hingga tua, bahkan sampai meninggal dunia.

Seluruh jasa, karya, dan semua hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh tokoh tersebut juga dibahas. Teks biografi dibuat secara tertulis atau disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

Biografi biasanya bercerita tentang tokoh sejarah, tetapi tidak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan juga bahan pendukung. Bahan utama bisa dalam bentuk benda-benda seperti buku harian, surat-surat, kliping korang, dan lainnya.

Sedangkan bahan pendukung seringkali berbentuk biografi lain, buku referensi, sejarah yang menjelaskan peranan orang dalam biografi tersebut dan lain sebagainya.

Biografi tersusun dari biografi singkat dan biografi panjang, yang mana biografi singkat hanya mengandung fakta-fakta kehidupan seseorang dan perang yang penting. Sedangkan biografi panjang tersusun atas informasi penting yang dikisahkan dengan lebih detail dan ditulis dengan gaya bercerita yang baik.

Ciri-Ciri Biografi

Suatu biografi mempunyai ciri-ciri antara lain:

  • Biografi mempunyai struktur yang tersusun atas: Orientasi, peristiwa atau masalah, dan juga reorientasi.
  • Biografi berisikan sebuah informasi fakta dan juga disajikan dalam bentuk narasi
  • Faktualnya atau faktanya menurut pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi itu.
  • Hal yang sangat penting dalam teks biografi antara lain:
    1. Judul biografi
    2. Hal yang menarik dan membuat terkesan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
    3. Hal yang membuat kagum dan mengaharukan yang timbul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan
    4. Hal yang bisa menjadi contoh atau menjadi teladan dari kehidupan tokoh.

Macam-Macam Biografi

Biografi dibagi menjadi beberapa jenis atau macam, antara lain:

Biografi Menurut Sisi Penulisnya

Dibagi menjadi dua yakni autobiografi dan biografi yang ditulis orang lain. Autobiografi adalah biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh atau orang yang bersangkutan. Sedangkan biografi adalah biografi yang ditulis orang lain dengan izin dari tokoh yang akan diceritakan.

Biografi Menurut Isinya

Menurut isinya, biografi dibagi menjadi dua yaitu:

  • Biografi perjalan hidup: Membahas tentang perjalanan hidup suatu tokoh yang dibuat dengan lengkap atau singkat.
  • Biografi perjalanan karir. Membahas tentang perjalan karir seorang tokoh dari awal sampai mencapai kesuksesan.

Biografi Menurut Persoalan Yang Dibahas

Biografi berdasarkan persoalan yang dibahas dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Biografi Politik. Yang berisikan tentang cerita tokoh-tokoh yang berkecimpung pada dunia politik.
  • Bografi Jurnalistik atau Sastra. Biografi yang dibuat oleh seseorang yang sebelumnya melalui proses seperti wawancara, riset dan lainnya.
  • Intelektual Biografi adalah biografi yang dibuat sesuai dengan gaya penulisan ilmiah.

Biografi Menurut Penerbitnya

Menurut penerbitnya, biografi dibagi menjadi dua, yakni:

  • Buku Sendiri. Adalah biografi yang semua biayanya ditanggung pribadi oleh si pembuat biografi
  • Buku Subsidi. Adalah biografi yang dibuat dan dibiayai oleh sponsor baik dari biaya penulisan, percetakan, dan biaya lainnya.

Pengertian Biografi, Ciri-Ciri, Macam-Macam, Struktur Terlengkap

Struktur Biogragi

Struktur biograi tersusun atas orientasi, peristiwa, dan masalah serta reorientasi. Antara lain yakni:

Orientasi
Orientasi ialah bagian yang mana menerangkan mengenai pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut.

Peristiwa dan Masalah
Bagian peristiwa atau kejadian adalah bagian yang mengandung tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, yang juga didalamnya berisi masalah yang pernah dihadapi dalam mencapai tujuan dan juga cita-citanya. Hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga dijelaskan di bagian ini,

Reorientasi
Reorientasi merupakan bagian yang menjadi penutup dari biografi. Bagian ini menjelaskan suatu pandangan penulis kepada tokoh yang diceritakan. Reorientasi mempunyai sifat opsional yang artinya bagian ini dapat ditulis atau tidak.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Biografi, Ciri, Macam dan Strukturnya (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi