Warna Indigo : Pengertian, Jenis, Sejarah dan Maknanya

Warna Indigo : Pengertian, Jenis, Sejarah dan Maknanya – Apa itu Warna Indigo ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Warna Indigo : Pengertian, Jenis, Sejarah dan Maknanya


Warna indigo atau nila ataupun spektral indigo adalah warna pada spektrum yang panjang gelombangnya antara 450 dan 420 nanometer, terletak di antara biru dan violet.

Kata “indigo” berasal dari nama tumbuhan dari genus Indigofera (terutama tarum, I. tinctoria) yang digunakan sebagai pewarna pakaian.Warna ini adalah salah satu dari tujuh warna dalam spektrum optik yang didefinisikan Isaac Newton.

indigo merupakan sebutan untuk warna biru keunguan. Tidak melulu warna biru juga tidak selalu warna ungu, jadi lebih merupakan percampuran diantara kedua warna tersebut.

Dilihat dari psikologi warna, warna indigo ini dapat menyampaikan integritas dan ketulusan dalam dan merangsang kreativitas dan intuisi. Walaupun diartikan dalam konteks struktur, ritual tradisi, dan upacara, warna indigo juga dapat mengubah pemikiran dan keyakinan orang dalam mengembangkan wawasan baru dan semangat perintis.

Warna nila merupakan sebuah warna yang seperti biru tua yang sangat gelap. Warna nila ini juga terbentuk dari warna ungu dan hijau oleh karena itu warnanya sangat gelap.

Asal mula warna nila sebenarnyya sudah sejak tahun 1289. Warna nila ini di bawa oleh sang penjajah yang bernama Marco Polo. Perlu anda ketahui bahwa warna ini letaknya tepat di tengah antara warna violet dan biru.

Baca Juga:  Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM : Pengertian Pelanggaran HAM dan Macamnya

Nila atau indogo yang merupakan kelas warna ini berasal dari sebuah tanaman yang biasa di kenal dengan indigofera tinctoria. Indigofera tinctoria sendirir adalah sebuah tanaman dalam keluarga kacang – kacangan. Nah nama nila ini di ambil dari tanaman kacang – kacangan tersebut.


Jenis Jenis Warna Indigo

Warna nila juga memiliki 4 nada warna :

image

  • Nila standar yang memiliki kode hex #4B0082.
  • Nila listrik ( electric indigo ) adalah warna nila terang dan cerah. kode Hex #6F00FF
  • Nila Muda ( Deep indigo ) merupakan jenis warna nila yang cerah, namun tidak secerah nila elektrik. kode Hex #8A2BE2
  • Nila Tropis ( tropical indigo ). kode Hex #9683EC

Sejarah dan Kepopuleran Warna Indigo

Jika kita menilik sejarah dari warna nila ini sebenarnya sudah sejak lama di kenal dari 4000 sebelum masehi. Warna ini beraal dari daerah Huaca Prieta, Peru.

Banyak yang mmengatakan bahwa warna ini merupakan warna yang namanya dari tanaman pada masa peradaban “Indus Valley Civilisation” yakni pada tahun 5000 sebelum masehi.

Nah pada masa pradaban tersbeut masanyarakat menggunakan pewarna dengan tanaman indigo. Hingga pada masanya bangsa mesopotamina menggunakan tanah liat sebagai pembentuk warna nila.

Kondisi ini terjadi demi kepentingan arsip pada masa terdahulu. Tahun 1289 warna inipun telah tercatat di negara eopa sebagai warna di sana. yang mana sebelumnya sudah di jelaskan adanya penjajahan oleh marco polo.

Hingga masa saat ini warna tersebut masih trend dan beberapa industri juga menamai brandnya dengan warna ­indigo seperti brand kenamaan di india yakni Indigo Airlines yakni sebuah maskapai penerbangan.

Adapula di negara adikuasa amerika serikat pada brannya yakni The Indigo Tribe yang merupakan perusahaan pada bidang aksesoris di Los Angeles.

Baca Juga:  Hukum Pascal : Pengertian, Rumus, Penerapan, Prinsip Kerja, Contoh Soal

Kata indogo dalam ilmu spiritual sangatlah booming yakni biasany menggambarkan seseorang yang memiliki pengelihatan ang cukup tajam seperti chakra ke – enam pada diri manusia. Bebrapa orang di indonesia sendiri banyak yang memiliki spiritual seperti ini.


Makna Warna Indigo

Nila atau biru tua gelap (indigo) adalah warna kuat yang terkait dengan sisi kanan otak. Ini beresonansi dengan cara berpikir ‘Zaman Baru’. Secara psikologis, warna nila menyampaikan integritas dan ketulusan hati serta merangsang kreativitas dan intuisi. Selain terhubung dengan tradisi, ritual dan upacara, warna nila juga dapat mengubah pemikiran dan keyakinan orang menjadi mengembangkan wawasan baru dan semangat perintis.

Secara fisiologis, nila membantu memperluas pikiran dan membebaskannya dari ketakutan dan hambatan. Indigo juga merupakan warna kepribadian fanatik dan konformis serta kecanduan. Ini bisa membuat depresi dan membosankan bagi sebagian orang.

Indigo memiliki daya tarik dalam bisnis yang mengedepankan struktur dan tradisi penting, seperti lembaga pendidikan, firma hukum dan bank. Dalam bisnis yang melihat ke masa depan, nila dapat membantu mengubah pemikiran orang. Indigo berpadu apik dengan warna permata cerah lainnya seperti magenta, emerald green, turquoise, dan pink.

Warna Indigo : Pengertian, Jenis, Sejarah dan Maknanya

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Warna Indigo , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.