Tanaman Tapak Liman : Ciri, Kandungan, Manfaat dan Metode Mengolah

Tanaman Tapak Liman : Ciri, Kandungan, Manfaat dan Metode Mengolah – Apa yang Kamu ketahui tentang Tanaman Tapak Liman ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Tanaman Tapak Liman : Ciri, Kandungan, Manfaat dan Metode Mengolah


Tapak liman merupakan tumbuhan dari tipe rumput- rumputan yang banyak berkembang di wilayah dengan ketinggian 1. 200 m dpl. Tumbuhan dengan nama latin Elephanthopus scaber Linn ini bisa berkembang sepanjang tahun, batangnya menyamai garpu, pangkal yang besar, serta bunga bercorak ungu dan nampak kaku.

Tapak liman di sebagian wilayah diketahui pula dengan nama tapak tangan, tutup bumi, balagaduk, talpak tana, ataupun jukut cancang.Tapak liman merupakan tanaman herbal yang mempunyai nama Latin Elephantopus Scaber L. Daun tapak liman tercantum dalam kelas tanaman Asteraceae serta sub kelas tanaman Asteridae.

Tanaman ini berasal dari Mexico serta India serta setelah itu diperkenalkan ke segala Asia, Afrika, Australia, serta Eropa sebab populer hendak khasiatnya buat kesehatan.Identitas tanaman tapak liman merupakan mempunyai 6 helai daun berupa kelopak daun spatulate dengan ujung membulat.

Tanaman ini umumnya berkembang liar di sawah, tetapi saat ini banyak dibudidayakan buat dimanfaatkan bagaikan obat herbal. Tapak liman diketahui dengan nama lain ialah daun tutup bumi di Malaysia serta daun dila- dila di Filipina.

Tumbuhan tapak liman bukan cuma dipercaya warga Indonesia bagaikan obat herbal, tetapi pula digunakan dalam penyembuhan tradisional di India, Myanmar, Cina, Taiwan, serta sebagian besar negeri di Afrika.

Investigasi pada tahun 2013 sempat dicoba buat menganalisis potensial tumbuhan tapak liman sebagai tanaman obat, meski hasilnya bisa jadi belum akurat.

Ciri-Ciri Tanaman Tapak Liman

  • Tinggi sekitar 20- 80 cm
  • Mempunyai batang yang kaku, bercabang, serta memiliki alur
  • Daun tapak liman tunggal dengan wujud bundar telur serta agak panjang
  • Daunnya kerap berkumpul membentuk karangan di dekat pekarangan.
  • Bila tumbuhan ini lagi berbunga, bunganya berupa bonggol terletak di ujung batang serta tercantum ke dalam bunga majemuk.
  • Tapak liman pula mempunyai buah yang bercorak gelap serta keras.

Kandungan Tapak Liman

Bersumber pada riset pada tahun 2019, tumbuhan tapak liman mempunyai sebagian isi bioaktif.Tapak liman merupakan tanaman yang kaya dengan senyawa aktif yang tersebar di segala bagian daun, bunga, serta pangkal tapak liman. Isi tersebut antara lain:

  • Daun: banyak memiliki epifrielinol, flavonoid, sitqmasterol, lupeol, triacontan- l- ol, lupeol acetat, dotriacontan- l- ol, isodeozyelephantopin, serta deoxyelephantopin.
  • Bunga: banyak memiliki luteolin- 7- glucoside
  • Pangkal: banyak memiliki epiprirlinol, stigmasterin, serta lupeol.

Jadi, dapat dikatakan kalau segala bagian tapak liman bisa digunakan bagaikan bahan obat. Perihal ini sejalan dengan hasil- hasil riset yang sempat dicoba terhadap tumbuhan ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Insomnia, Gejala, Penyebab, Ciri, Jenis & Mengatasinya

Riset tentang Tapak Liman

Riset tentang tumbuhan tapak liman sempat dicoba oleh Puspita, seseorang mahasiswa UGM pada tahun 2004. Dia menciptakan kalau infusa daun tapak liman memiliki dampak diuretik yang diprediksi berasal dari isi flavonoid tapak liman. Dampak diuretik ini jitu merendahkan kandungan asam urat sebab turut terekskresi sepanjang pengeluaran urine.

Riset tentang tapak liman pula sempat dicoba oleh Santi Purna Sari, dkk dari Kementerian Farmasi, FMIPA Universitas Indonesia pada tahun 2008. Riset ini fokus pada bagian pangkal tapak liman.

Mereka menciptakan kalau pangkal tapak liman berpotensi bagaikan hepatoprotektor. Bila kalian belum ketahui apa itu hepatoprotektor, ini merupakan semacam senyawa obat yang bisa melindungi hati dari kehancuran akibat dampak toksin serta obat- obatan.


Manfaat Tapak Liman

Dengan banyaknya senyawa aktif berguna yang terkadung dalam segala bagian tapak liman, telah benda pasti tumbuhan ini dapat digunakan bagaikan obat buat bermacam berbagai penyakit. Terlebih, sudah didukung pula oleh hasil riset sebagaimana yang sudah kami paparkan di atas. Berikut ini merupakan uraian khasiat dari tanaman tapak liman:

  • Menghindari Tumor

Tapak liman mempunyai khasiat bagaikan antitumor. Keahlian ini didapat dari bagian daun tapak liman yang memiliki deoxyelephantopin, sejenis enzim yang efektif buat menghindari terjadinya tumor.

  • Menyembuhkan Peradangan

Keahlian tanaman tapak liman berikutnya merupakan mempunyai dampak anti peradangan( inflamasi). Peradangan yang kadang- kadang diakibatkan oleh kuman memunculkan rasa perih yang sangat mengusik bila tidak lekas di atas. Isi deoxyelephantopin daun tapak liman bisa digunakan buat menanggulangi peradangan ini.

  • Menanggulangi Diare

Daun tapak liman pula bisa dimanfaatkan buat menanggulangi diare. Diare ialah salah satu permasalahan pencernaan yang sangat beresiko bila tidak lekas di obati. Dapat menyebabkan kematian sebab badan banyak kehabisan cairan. Oleh sebab itu, bila diare melanda pakai daun tapak liman buat mengobatinya.

  • Menyembuhkan BAB berdarah

Sempatkah kalian buang air besar yang diiringi dengan darah? Bila sempat, perihal ini ialah ciri kalau dalam badan kita lagi terdapat permasalahan. Dapat saja ini merupakan ciri dari timbulnya penyakit sungguh- sungguh dalam badan. Penyakit ini bisa di atas dengan daun tapak liman.

  • Menyembuhkan Anemia

Khasiat daun tapak liman berikutnya merupakan buat menanggulangi penyakit anemia ataupun penyakit kurang darah. Untuk kalian yang kerap tidur sampai larut malam, penyakit ini rawan mengintai kalian. Indikasi yang timbul merupakan badan lemas serta gampang letih. Perihal ini pasti saja sangat mengusik kegiatan, olehnya itu atas secepatnya dengan daun tapak liman.

  • Menyembuhkan Hepatitis

Daun tapak liman pula bisa dimanfaatkan buat menyembuhkan penyakit hepatitis, ialah penyakit peradangan yang melanda organ hati. Penyakit ini sangat beresiko sebab hendak merendahkan guna hati. Pakai daun tapak liman buat menanggulangi penyakit ini.

  • Menyembuhkan Demam

Khasiat daun tapak liman berikutnya merupakan buat menyembuhkan demam, ialah sesuatu kondisi di mana temperatur badan melebih wajar ataupun di atas 37 derajat celsius. Demam kerap diakibatkan oleh peradangan ataupun penyakit tertentu. Daun tapak liman efektif buat menanggulangi penyakit ini.

  • Merendahkan Kolesterol Jahat

Bagian daun tapak liman nyatanya bisa dimanfaatkan buat menanggulangi kolesterol jahat. Perihal ini bersumber pada uji klinis yang sempat dicoba oleh Fakultas Farmasi, Universitas Katolik Widman, Surabaya. Mereka menciptakan kalau ekstrak daun tapak liman bisa merendahkan kolesterol jahat serta tingkatkan kolesterol baik.

  • Menyembuhkan Flu

Daun tapak liman pula jitu digunakan buat menanggulangi flu yang kerap diakibatkan oleh peradangan virus yang melanda sistem respirasi manusia. Flu yang ditunjukkan dengan indikasi bersin terus menerus hendak sangat mengusik bila tidak lekas di obati. Oleh sebab itu, pakai daun tapak liman.

  • Menyembuhkan Amandel

Khasiat berikutnya dari tumbuhan Tapak Liman merupakan jitu buat menyembuhkan amandel. Amandel ialah penyakit radang tenggorakan yang diakibatkan oleh peradangan Streptococcus pyogenes. Watak anti kuman dari daun Tapak Liman jitu menanggulangi penyakit ini.

Baca Juga:  Contoh Surat Keterangan Domisili : Pengertian, Fungsi, Struktur, Syarat dan Panduan Membuatnya

Khasiat lain dari daun, bunga, serta pangkal Tapak Liman merupakan:

  • Meningkatkan energi pria
  • Menolong mendetok tubuh
  • Baik buat bunda hamil
  • Menolong mengatsi penyakit beri- beri
  • Menolong meredakan perut kembung
  • Membagikan rasa lega pada tenggorokan
  • Menanggulangi perih pada dikala Haid
  • Meredakan penyakit batuk
  • Bagaikan Obat cacar
  • Menanggulangi keputihan
  • Menolong melindungi kesehatan janin
  • Menanggulangi luka
  • Melindungi kesehatan kandung kemih
  • Menghancurkan batu ginjal
  • Menetralkan toksin gigitan ular.

Tanaman Tapak Liman : Ciri, Kandungan, Manfaat dan Metode Mengolah

Metode Mengolah Tapak Liman

Segala bagian dari tumbuhan Tapak Liman bisa dimanfaatkan bagaikan bahan penyembuhan dalam wujud fresh ataupun kering. Triknya lumayan gampang dicoba, ialah dengan merebus tapak tilam, kemudian minum airnya. Berikut ini contoh pengolahan Tapak liman buat sebagian penyakit:

  • Hepatitis

Mencuci bersih 150 gr pangkal tapak liman fresh. Rebus pangkal dengan 3 gelas air hingga mendidih serta airnya tersisa 2 gelas. Sehabis dingin, saring serta minum racikan 2 kali satu hari, tiap- tiap 1 gelas. Minumlah teratur sepanjang 4- 5 hari.

  • Beri- beri

Ambil 50 gr tumbuhan tapak liman, kemudian mencuci bersih. Tambahkan 60- 120 gr ketahui serta air seperlunya. Regu kedua bahan tersebut, kemudian makan selagi hangat.

  • Batuk

2 puluh 5 gr tanama tapak tilam kering dicuci bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih serta airnya tersisa 2 gelas. Sehabis dingin, saring air rebusan. Minum racikan 2 kali satu hari, tiap- tiap 1 gelas.

Influenza, demam, amandel, radang tenggorakan, serta radang mata

Mencuci bersih 25 gr tumbuhan tapak liman kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih serta airnya tersisa 2 gelas. Sehabis dingin, saring air rebusan. Minum racikan 2 kali satu hari, tiap- tiap 1 gelas.

  • Disentri, diare, serta gigitan ular

Mencuci bersih 25 gr tapak liman kering, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih serta airnya tersisa 2 gelas. Sehabis dingin, saring air rebusan. Minum racikan 2 kali satu hari, tiap- tiap 1 gelas.

  • Perut kembung

Mencuci bersih 60 gr tapak liman. Rebus bahan dengan 3 gelas air hingga mendidih serta airnya tersisa 2 gelas. Sehabis dingin, saring serta minum air rebusan 2 kali satu hari, tiap- tiap 1 gelas.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Tanaman Tapak Liman , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya