Cara Tumbuhan Melindungi Diri : Macam dan Contohnya

Cara Tumbuhan Melindungi Diri : Macam dan Contohnya – Apa saja cara dari bebrapa tumbuhan untuk melindungi diri dari ancaman pengganggunya ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Cara Tumbuhan Melindungi Diri : Macam dan Contohnya


Makhluk hidup tinggal di habitatnya tiap- tiap. Baik di darat, air, ataupun di hawa, mereka silih berkompetisi dalam perihal mencari santapan serta mempertahankan diri dari musuhnya. Makhluk hidup mempertahankan diri dari serbuan musuhnya dengan bermacam metode.

Tanaman mempunyai bagian tubuh yang bermanfaat dalam melindungi diri. Dalam melindungi diri, tiap tanaman menggunakan bagian badan yang berbeda- beda. Tanaman tidak sama semacam hewan, dalam melindungi diri hewan melaksanakan sesuatu sikap buat melindungi diri sebaliknya tanaman melindungi diri cuma dengan menggunakan bagian badannya.

Sebagian tanaman melindungi diri dengan jarum, getah, bulu halus serta lain sebagainya. Buat lebih jelasnya, ikuti pembahasan dibawah ini.

Selayaknya makhluk hidup, tanaman mempunyai bermacam metode buat bertahan hidup serta menjauhi bahaya dari musuhnya yang mengecam. Perbandingan metode bertahan ini dipengaruhi oleh banyak perihal semacam misalnya kepribadian tanaman, area tempat hidup serta lain sebagainya.

Macam Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Berikut ini sebagian metode tanaman melindungi diri:

Duri pada Tumbuhan

Terdapat sebagian tipe tanaman yang mempunyai suatu sistem pertahanan diri dengan memakai jarum atau duri yang menyelimuti bagian tanaman tersebut. Serta jarum tersebut yang terdapat pada tanaman tersebut dapat berkembang dibagian tanaman mulai dari batang tanaman tersebut, daun pada tanaman tersebut, serta dapat pula berkembang jarum pada bagian buah yang terdapat pada tanaman tersebut.

Duri- duri yang terdapat pada tanaman tersebut menolong tanaman itu dalam menghindari para pengganggu ataupun hewan- hewan dalam melanda ataupun mengusik kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Dapat pula buat menghindari makhluk hidup lain ataupun hewan buat berupaya memakan buah dari tanaman tersebut sehingga hewan ataupun makhluk hidup yang yang lain tidak dapat memakan buah yang terdapat pada tanaman tersebut.

Apabila hewan ataupun makhluk hidup memforsir buat memakan, mengusik, ataupun berupaya mengganggu kehidupan dari tanaman tersebut bisa jadi dari sistem pertahanan dari tanaman tersebut yang berbentuk jarum yang terdapat serta berkembang pada bagian tanaman itu membuat para makhluk hidup yang lain terluka sebab berupaya mengusik kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Contoh tanaman yang memiliki sistem pertahanan dengan tumbuhnya jarum pada bagian tanaman tersebut ialah:

  • Bunga mawar: Bunga mawar melindungi dirinya dari kendala makhluk hidup yang yang lain dengan tumbuhnya jarum pada batang yang terdapat pada jarum mawar tersebut. Sehingga sulit buat makhluk hidup ataupun hewan hinggap pada batang bunga mawar.
  • Buah durian: Tanaman yang bernamakan durian ini pada bagian buahnya berduri serta itu menolong tanaman yang satu ini supaya bebas dari makhluk hidup buat memakan buah dari tanaman ini.
  • Kaktus: Jarum yang berkembang pada tanaman ini terdapat pada segala bagian batang tanaman ini serta jumlah jarum yang banyak ini terdapat yang berdimensi kecil hingga besar. Baca pula: Identitas Tanaman Kaktus.

Bulu Halus pada Tumbuhan

Jika yang satu ini terdapatnya bulu halus yang berkembang pada bagian tertentu dari tanaman. Dimana bulu halus tersebut dapat membuat para makhluk hidup yang yang lain apabila terserang bulu halus tersebut hendak merasa gatal.

Baca Juga:  √ Pengertian Pembuluh Nadi (Arteri), Fungsi, Ciri dan Jenisnya

Memanglah awal mulanya tidak terasa begitu gatal bila terserang bulu halus dari tanaman tetapi lama- kelamaan hendak terasa gatal pada permukaan kulit yang terserang bulu halus tersebut.

Contoh tumbuhan yang mempunyai proteksi diri memakai bulu halus ialah:

  • Bambu: Bulu halus yang terdapat pada bagian tanaman ini menolong melindungi dirinya dari kendala makhluk hidup yang lain yang berupaya mengusik kelangsungan hidup tanaman bambu itu sendiri.
  • Buat rambutan: Pada tanaman buah rambutan dapat berkembang pada batang dan terkadang terdapat pada buah rambutan buat melindungi dirinya.
  • Jelatang: Tanaman ini mempunyai bulu halus yang berperan buat melindungi dirinya supaya tidak diusik oleh hewan- hewan.

Getah Lengket pada Tumbuhan

Metode tanaman melindungi diri berikutnya merupakan dengan getah lengket pada batangnya. Tanaman yang mempunyai getah lengket menolong tanaman tersebut supaya tanaman tersebut dapat membuat para pengganggunya ataupun makhluk hidup yang lain tidak mengganggu kelangsungan hidup tanaman tersebut.

Dan dengan getah yang lengket ini apabila dimakan oleh makhluk hidup yang lain bisa jadi hendak terasa sangat getir serta rasa lengket tidak aman.

Contoh tumbuhannya ialah:

  • Kamboja: Tanaman yang satu ini bisa menghasilkan getah yang lumayan banyak dan apabila dialami, tanaman ini mempunyai rasa yang sangat getir serta tidak aman apabila terdapat makhluk hidup memakannya.
  • Tumbuhan sawo: Pada tumbuhan sawo bila kita sayat hendak menghasilkan getah yang sangat lengket serta apabila terdapat hewan yang hinggap hingga bisa jadi dapat lekat pada tumbuhan sawo tersebut.
  • Tumbuhan nangka: Dari tumbuhan nangka serta buah nangka sendiri bisa menghasilkan getah yang sangat amat lengket serta itu ialah salah satu wujud pertahanan diri tanaman nangka dari kendala makhluk hidup yang bernazar hinggap ataupun mengusik tumbuhan nangka.

Bau Menusuk pada Tumbuhan

Sebagian tanaman tidak hanya dari pertahanan diri lewat fisiknya tetapi terdapat pula yang lewat aroma tanaman tersebut yang dimana aroma dari tanaman tersebut sangatlah menusuk baunya serta dapat membuat hidung kamu tidak kokoh dalam menghirupnya.

Apabila terdapat makhluk hidup yang terdapat disekitar tanaman tersebut bisa jadi tidak hendak terdapat yang berani mendekat sebab baunya yang sangat membuat pernafasan makhluk hidup tidak aman disebabkan tadi aroma yang sangat menusuk. Itu ialah salah satu pertahanan dari tanaman tersebut pada makhluk hidup yang hendak mendekati tanaman tersebut.

Contoh dari tanaman yang mempunyai aroma menusuk untuk pertahanan dirinya merupakan:

  • Bunga bangkai: Dari namanya saja telah tidak diragukan lagi sebab dengan akhiran bangkai. Bunga bangkai sendiri mempunyai aroma yang sangat menusuk sampai nyaris membuat satu makhluk hidup enggan buat terletak disekitar tanaman tersebut sebab aroma yang menusuk semacam bangkai tadi.
  • Tumbuhan cabai: Tumbuhan cabai sendiri dapat menghasilkan aroma yang menusuk untuk makhluk hidup sehingga membuat makhluk hidup ataupun hewan tidak sering memakan ataupun hinggap pada tumbuhan cabai ini.
  • Tumbuhan bawang: Bawang pula dapat menghasilkan aroma yang lumayan menusuk untuk makhluk hidup yang menghisap hawa disekitar tanaman ini.

Racun pada Tumbuhan

Metode tanaman melindungi diri berikutnya merupakan dengan Racun. Sebagian tanaman terdapat yang mempunyai isi toksin yang melindungi dirinya dari kendala makhluk hidup yang bisa jadi bernazar hendak mengusik ataupun bisa jadi hendak memakan dari bagian tanaman tersebut.

Dengan toksin atau racun yang terdapat pada tanaman tersebut membuat makhluk hidup yang terdapat di sekitarnya enggan buat memakan ataupun komsumsi bagian dari tanaman tersebut.

Baca Juga:  Impuls Adalah : Pengertian, Rumus dan Contoh Soal

Dampak yang ditimbulkan juga dapat beragam untuk makhluk hidup yang lain sebab toksin dari tanaman tersebut apalagi dari dampak tersebut dampak sangat berbahayanya dapat menimbulkan kematian sebab zat toksin tersebut tidak mampu ditahan oleh badan dari makhluk hidup yang memakannya.

Contoh dari tanaman yang memiliki toksin serta itu ialah salah satu kunci tanaman tersebut buat melindungi dirinya, ialah:

  • Tumbuhan jarak

Tanaman ini membolehkan terdapat suatu zat toksin di dalamnya apabila disantap ataupun dimakan oleh makhluk hidup yang pernah memakan dari sebagian bagian tanaman ini. Sangatlah efisien toksin yang terdapat dalam bagian tanaman ini sebab ialah salah satu sistem pertahanan diri dari serbuan bermacam makhluk hidup yang berupaya buat memakan tanaman ini.

  • Tumbuhan kecubung

Dari tumbuhan ini apabila dimakan oleh makhluk hidup yang tidak terencana memakannya ataupun sebab tidak ketahui kalau terdapat zat beresiko semacam toksin tepatnya dapat membuat badan salah satu makhluk hidup yang memakannya bisa menimbulkan salah satu indikasi yang tidak di idamkan. Bisa jadi salah satunya merupakan kematian.

  • Tumbuhan upas

Tumbuhan upas sendiri mempunyai isi toksin pula didalam bagian tumbuhan ini yang gunanya buat melindungi diri dari serbuan bermacam berbagai makhluk hidup yang berupaya buat mengusik kelangsungan hidup dari tumbuhan upas itu sendiri.

Cara Tumbuhan Melindungi Diri : Macam dan Contohnya

Cangkang Buah yang Keras

Tiap tanaman terdapat yang mempunyai waktu buat berbuah serta nyatanya tanaman tersebut mempunyai sistem pertahanan diri supaya tidak tanaman tersebut tidak diserbu serta buahnya dimakan oleh bermacam berbagai makhluk hidup yang terdapat di sekitarnya.

Dengan cangkang buah yang sangat keras, dapat membolehkan untuk makhluk hidup buat sulit dalam memakannya disebabkan cangkang pada buah tumbuhan tersebut sulit buat dibuka serta dimakan sebab mempunyai cangkang ataupun kulit yang sangat keras.

Contoh sebagian buah yang mempunyai kulit ataupun cangkang yang sangat keras buat dibuka merupakan:

  • Buah kelapa

Dari tanaman kelapa sendiri yang mempunyai besar yang cukup sangat besar, mempunyai buah yang dilapisi dengan kulit yang amat tebal serta keras. Buat membukanya sangatlah sulit buat makhluk hidup sebab memerlukan usaha serta metode spesial dalam membukanya.

Dari kulit yang keras ini menolong tanaman kelapa dalam melindungi buahnya supaya tidak sembarangan makhluk hidup buat memakan buah kelapa tersebut dimana perihal tersebut ialah salah satu wujud proteksi dirinya dari kendala makhluk hidup yang lain.

  • Biji mahoni

Biji mahoni ialah inti dari buah tumbuhan mahoni dimana biji mahoni ini sendiri mempunyai sistem pertahanan diri yang lumayan bagus sebab mempunyai kulit yang keras. Sehingga untuk makhluk hidup hendak amat sulit sekali apabila mau memakannya sebab membutuhkan metode spesial buat membuka biji mahoni tersebut sehingga isi dari biji mahoni terbuka buat dimakan setelahnya.

  • Kelapa sawit

Kelapa sawit sendiri mempunyai buah yang lumayan keras kulitnya jadi dengan itu ialah salah satu wujud pertahanan dirinya bila terdapat makhluk hidup yang lain yang berupaya buat memakan buah dari kelapa sawit tersebut. Dengan kerasnya buah kelapa sawit tersebut, untuk makhluk hidup yang lain sangatlah sulit buat memakan salah satu buah yang dipunyai tanaman kelapa sawit tersebut.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Cara Tumbuhan Melindungi Diri , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya