Sejarah Pramuka Indonesia Lengkap : Sejarah Awal Pramuka Dunia dan Jambore Pramuka

Sejarah Pramuka Indonesia Lengkap : Sejarah Awal Pramuka Dunia dan Jambore Pramuka – Bagaimana awalnya sejarah Pramuka di indonesia bisa terbentuk ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Sejarah Pramuka Indonesia Lengkap : Sejarah Awal Pramuka Dunia dan Jambore Pramuka


Pramuka atau yang dikenal dengan nama Scouting di dunia internasional merupakan suatu gerakan yang membidik atau mendukung oran-orang muda dalam fisik, mental dan perkembangan spiritual, bahwa mereka sebagai orang muda mungkin memerankan peran konstruktif di masyarakat, dengan difokuskan terhadap kemampuan luar ruangan dan bertahan hidup.

Saat ini ada lebih dari 40 juta pramuka dewasa dan muda, pria dan wanita, dalam lebih dari 200 negara dan wilayah.Pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah ‘Kepanduan’ (Boy Scout).


Sejarah Awal Pramuka Dunia

Sejarah berdirinya pramuka di dunia termasuk Indonesia,tidak dapat lepas dari sosok Lord Baden Powell. Beliau lahir pada 22 Februari 1857 dengan nama Robert Stephenson Smyth. Semua sejarah berdirinya gerakan pramuka ini dimulai dengan 21 pemuda dan sebuah kamp percobaan pada tahun 1907 berupa perkemahan di Brownsea Island, Inggris.

Kamp tersebut merupakan suatu kesuksesan yang dibuktikan oleh organisatornya, yaitu Lord Baden Powell, bahwa metode pelatihan yang digunakannya dapat menarik minat para muda dan benar – benar bermanfaat untuk melatih anak – anak muda tersebut.

Pada Januari 1908 buku pertama Lord Baden Powell yang berjudul “Scouting for Boys” diterbitkan. Buku tersebut mencapai sukses dengan segera dan sejak itu telah terjual lebih dari 100 ribu kopi, membuatnya menjadi salah satu buku yang paling laris terjual sepanjang masa.

Pada awalnya, Baden Powell hanya berniat untuk menyediakan suatu metode untuk melatih anak – anak laki – laki, sesuatu yang dapat diadopsi oleh organisasi-organisasi anak muda. Namun ternyata teorinya tersebut langsung dimulai oleh kaum muda dengan mengorganisasi diri mereka sendiri menjadi cikal bakal gerakan pramuka di dunia, bernama Boys Scout.

Pada tahun 1912 dengan bantuan adik perempuan Baden Powell bernama Agnes, didirikan organisasi kepramukaan wanita dengan nama Girls Guides dan lalu diteruskan bimbingannya oleh istri Baden Powell. Tahun 1916 kemudian berdiri sekelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB yang berarti anak serigala, yang berpedoman kepada buku “The Jungle Book” karya Rudyard Kipling untuk kegiatannya.

Baca Juga:  √ Pengertian Fosil Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Tahun 1918 dibentuk Rover Scout untuk para pramuka yang telah berusia 17 tahun. Kemudian pada tahun 1920 Jambore Dunia pertama diselenggarakan di Olympia Hall, London. Undangan diberikan kepada pramuka dari 27 negara dan ketika itulah Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia atau Chief Scout of The World.

Kemudian dibentuk Dewan Internasional yang berjumlah 9 orang anggota dan juga pembentukan Biro Sekretariat di London, Inggris. Biro dunia untuk pramuka putra memiliki lima kantor perwakilan, antara lain di Costa Rica, Mesir, Filipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan biro putri memiliki lima kantor pusat berupa sekretariat di London, biro kantor wilayah dai Amerika Latin, Arab, Asia Pasifik dan Eropa.


Sejarah Pramuka Indonesia

Sejarah Pramuka di Indonesia dimulai dengan pasang surut dalam aktivitas organisasi,karenaIndonesia masih berada dalam masa penjajahan.Sehingga Indonesia dikenal dengan tiga masa Pramuka. Yaitu Gerakan Pramuka pada Masa Penjajagan Belanda, Gerakan Pramuka pada Masa Penjajagan Jepang dan Gerakan Indonesia setelah Indonesia Merdeka.


Sejarah Pramuka Masa Penjajahan Belanda

Gerakan kepramukaan ini dibawa oleh Belanda ke Indonesia pada masa kolonial. Didirikan oleh Belanda dengan nama Nederland Indische Padvinders Vereeniging atau NIPV. Dalam bahasa Indonesia dikenal denngan Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda.

Beberapa tokoh menganggap organisasi ini bisa membentuk karakter masyarakat yang saat itu masih dijajah. Sehingga beberapa organisasi lain juga didirikan.

Lalu setelah Sumpah Pemuda, kesadaran masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hingga beberapa organisasi kepanduan bergabung. Pada 1930 terbentuk Pandu Pemuda Sumatera (PPS). Tahun 1931 terbentuk Persatuan Antar Pandu Indonesia.

Kemudian tahun 1936 berubah nama menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI). BPPKI melakukan kegiatan PERKINO (Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem). Perkemahan inilah yang menjadi cikal bakal pelaksanaan kegiatan Jambore hingga sekarang.


Sejarah Pramuka Masa Penjajahan Jepang

Pada masa penjajahan Jepang, gerakan Pramuka terus bertahan. Namun, ketika masa Perang Dunia ke-2, tentara Jepang melakukan penyerangan kepada Belanda. Sehingga banyak tokoh kepanduan Indonesia yang ditarik masuk Keibondan, PETA dan Seinendan. Yang merupakan organisasi bentukan Jepang yang dgunakan untuk mendukung tentara Jepang.

Bahkan Jepang juga melarang berdirinya partai dan organisasi rakyat Indonesia. Tidak hanya itu, Jepang menganggap gerakan kepanduan merupakan organisasi berbahaya karena dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.

Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat kepanduan Indonesia untuk menjalankan PERKINO II dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia mengusir tentara Jepang.

Baca Juga:  √ 28 Pengertian Berita Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Sejarah Pramuka Zaman Kemerdekaan

Tidak lama setelah Indonesia Merdeka, yaitu pada tanggal 28 Desember 1945, didirikan Oraganisasi Pandu Rakyat Indonesia di Kota Solo. Organisasi ini ditetapkan sebagai wadah kepanduan dimana anggota kepanduan Indonsia bisa bernaung.

Pada tahun 1961, terdapat sekitar 100 organisasi kepanduan di Indonesia yang terbagi menjadi 3 federasi organisasi. Yaitu, Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia, Ikatan Pandu Indonesia dan Persatuan Putera Puteri Indonesia.

Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1961 Gerakan Pramuka dikenalkan pada masyarakat Indonesia dnegan resmi. Oleh sebab itu, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Dengan sejarah Pramuka yang sudah dijelaskan tersebut, kita sebagai bagian dari Indonesia diharapkan dapat lebih menghargai organisasi kepanduan di manapun. Karena organisasi tersebut memang dapat membentuk karakter setiap orang dan memberikan pengalaman.

Sejarah Pramuka Indonesia Lengkap : Sejarah Awal Pramuka Dunia dan Jambore Pramuka

Jambore Pramuka

Jambore merupakan pertemuan pramuka penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling ranting sampai tingkat nasional. Bahkan di dunia pun diselenggarakan kegiatan serupa yang biasa disebut Jambore Dunia (World Scout Jamboree).

Jambore di dunia berkembang ketika diselenggarakan pada tahun 1920 di Inggris. Mulai dari itu sampai sekarang telah terselenggara 23 kali Jambore Dunia.Di Indonesia dikenal dengan nama Jambore Nasional (Jamnas).

Istilah ini disematkan pada pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dengan bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan Kwartir Nasional (Kwarnas). Jambore Nasional dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dengan peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Hingga kini, kegiatan Jambore Nasional telah dilaksanakan 10 kali. Berikut ini daftar lengkap Jamnas yang pernah dilaksanakan:

  • Jambore Nasional ke-1 1973: Situ Baru, Jakarta
  • Jambore Nasional ke-2 1977: Sibolangit, Sumatera Utara
  • Jambore Nasional ke-3 1981: Cibubur, Jakarta
  • Jambore Nasional ke-4 1986: Cibubur, Jakarta
  • Jambore Nasional ke-5 1991: Cibubur, Jakarta
  • Jambore Nasional ke-6 1996: Cibubur, Jakarta
  • Jambore Nasional ke-7 2001: Baturaden Jawa Tengah
  • Jambore Nasional ke-8 2006: Jatinangor, Jawa Barat
  • Jambore Nasional ke-9 2011: Danau Teluk Gelam Ogan Ilir Sumatera Selatan
  • Jambore Nasional ke-10 2016: Cibubur, Jakarta.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Sejarah Pramuka Indonesia Lengkap , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya