Pergaulan Bebas : Pengertian, Ciri, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Pergaulan Bebas : Pengertian, Ciri, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya – Bagaimana efek Pergaulan Bebas yang harus kita waspadai? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Pergaulan Bebas dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Pergaulan Bebas : Pengertian, Ciri, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya


Menurut KBBI pergaulan merupakan kehidupan berteman atau bermasyarakat. Bebas sendiri memiliki arti nggak terhalang, nggak terikat aturan. Jadi pergaulan bebas merupakan suatu perilaku pertemanan yang tidak terikat oleh segala macam norma yang berlaku di masyarakat.

Sedangkan menurut Gunarsa (2004:50), pergaulan bebas adalah pergaulan yang luas antara pemuda dan pemudi. Tidak terlalu menekankan pengelompokan yang kompak antara dua orang saja, akan tetapi antara banyak muda-mudi.

Secara garis besar, Pergaulan bebas adalah sebuah perilaku negatif sebagai ekspresi penolakan seseorang terutama dikalangan para remaja. Selain itu, pergaulan bebas didefinisikan sebagai salah satu bentuk perilaku yang menyimpang yang melampaui batas dari kewajiban, aturan, tuntutan, syarat, dan perasaan malu.


Ciri Ciri Pergaulan Bebas

Adapun contoh atau ciri-ciri orang yang sedang berada di dalam “Pergaulan Bebas”, diantaranya :

  • S*ks bebas atau melakukan S*ks pranikah.
  • Penyalahgunaan n*rkoba
  • Mengkonsumsi minuman keras
  • Menonton p*rnografi.
  • Tawuran
  • Memakai pakaian terbuka.
  • Clubbing.
  • Menghalalkan segala cara demi suatu hal yang diharapkan.
  • Melakukan tindakan kriminalitas dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

Bahaya Pergaulan Bebas

Di golongan anak muda, pergaulan bebas telah dikira masalah yang biasa, sebab sudah jadi style hidup untuk sebagian golongan warga. Kondisi semacam ini memanglah sangat membutuhkan atensi, karena para anak muda serta produktif, sepatutnya memperoleh tutorial spesial dari orangtua supaya bersungguh-sungguh memastikan arah hidup anak-anaknya supaya tidak terjerumus dalam bermacam indikasi tipe pergaulan bebas.

Di dalam agama Islam sebagai agama yang sempurna, sudah mengendalikan etika pergaulan dengan norma-norma yang sangat indah. Yang bilamana diamalkan, hingga hendak terbentuk kehidupan yang terhormat serta pula bermartabat. Allah SWT melindungi manusia dengan syariat Islam yang menghalangi pergaulan antara pria ataupun perempuan dengan ketat.

Saat ini ini, kita telah terletak dizaman kebebasan, ialah era dimana nilai-nilai keagamaan yang kita anut tidak lagi dikedepankan sebab di saat ini banyak sekali orang- orang paling utama para anak muda yang telah menyimpang dari kebaikan dalam berprilaku, berperan, serta lain- lain.

Baca Juga:  √ Pengertian Dan Metode Penalaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Pergaulan bebas sendiri dapat dimaksud bagaikan sesuatu pergaulan yang telah tidak mempunyai batas, mengabaikan norma-norma agama ataupun warga. Karena perihal inilah, pergaulan cenderung menuju pada hal-hal yang tidak baik, semacam s*ks bebas, pemakaian n*rkoba, serta masih banyak lagi. Remaja-remaja kita yang sepatutnya jadi generasi penerus bangsa sudah dibutakan dengan budaya barat yang leluasa. Mereka berteman tanpa terdapatnya batas, sehingganya mereka telah tidak lagi memahami mana yang benar serta mana yang salah.


Penyebab Pergaulan Bebas

Banyak sekali yang jadi pemicu Tidak hanya identitas diatas, ada pemicu dari pergaulan leluasa semacam:

Minimnya Pendidkan Agama

Kokoh imamnya seorang besar mungkin sebab terdapatnya pembelajaran Agama dalam dirinya, baik itu yang diberi oleh kedua orang tua, sekolah, ataupun tempat-tempat lain yang mengarahkan berartinya agama sehingganya dapat membentengi diri dari prilaku yang tidak baik, jadi kesimpulannya Pergaulan leluasa terjalin sebab kurang Iman serta pendidikan agama dari diri sang pelakon.

Taraf Pendidikan Yang Rendah

Pembelajaran jadi salah satu perihal dapat menjauhkan kita dari hal-hal yang tidak baik, sebab minimnya pembelajaran hendak menjadikan seorang susah buat membedakan yang baik serta yang kurang baik buat dirinya sendiri ataupun buat orang-orang yang terdapat disekitarnya. Dengan keterbatasan pengetahuan seorang hendak menjadikan seorang dapat dengan gampang terjerumus serta terbawa-bawa oleh orang-orang yang mengajaknya buat berbuat hal-hal yang negatif.

Keluarga Yang Tidak Harmonis (Broken Home)

Psikis seorang dapat tersendat apabila mengalami keluarga yang tidak harmonis. Perihal ini menjadikan seorang mencari kebahagian di luar rumah sehingga dia merasa senang dengan kehidupan yang“ liar”. Aspek inilah yang menimbulkan anak terjerumus kepada pergaulan leluasa.

Kondisi Ekonomi Keluarga

Tidak dapat dipungkiri, kondisi ekonomi yang rendah dapat jadi pemicu seorang jadi putus sekolah. Yang mana perihal ini menjadikan seorang kekurangan ilmu ataupun pendidikan membuat anak susah membedakan perihal yang baik serta yang kurang baik bagi dirinya.

Lingkungan yang Kurang Baik

Acapkali kita dengar bahasa yang keluar semacam bahasa“ Kehidupan tergantung Lingkungannya”, perihal ini memanglah dari sebagian orang merasakan akibat kurang baik karena tinggal di area yang tidak baik ataupun dapat dibilang lepas perihal ini mempermudah anak terbawa dalam pergaulan bebas.

Penyalahgunaan Internet

Di era yang mutahir semacam dikala ini, semacam telah terdapatnya Smartphone mempermudah seorang memandang ataupun mencontoh perihal yang tidak baik yang memanglah hal-hal tersebut telah banyak di media, Kurang bijak dalam pemakaian Internet dapat jadi aspek seorang meniru perihal yang negatif.


Dampak Pergaulan Bebas

Beberapa dampaknya meliputi beberapa hal seperti:

  • Ketergantungan Obat, Dimulai dari coba-coba yang berakhir menjadi ketagihan atau ketergantungan. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.
  • Adanya S*ks Bebas, Hal yang berujung pada kehamilan di luar nikah memang sudah menjamur kasusnya. Inilah bahaya yang timbul dari pergaulan bebas.
  • Kriminalitas Meningkat, Berusaha mendapatkan apa yang sangat diinginkan, seperti halnya sedang sakaw karena tidak mendapat barang dikarenakan materi yang tidak cukup. Hal ini dapat memicu terjadinya pencurian, perampokan, dan lain-lain.
  • Kesehatan Menurun, Terserang penyakit berupa HIV AIDS karena melakukan hubungan s*ksual dengan pasangan yang berbeda-beda. Hal ini tentu dapat merusak generasi bangsa.
  • Menurunnya Prestasi, Seseorang yang telah terjerumus ke dunia bebas maka akan cenderung malas untuk meraih prestasi.
  • Hubungan Keluarga yang Renggang, Dapat timbul karena broken home ataupun suatu hal yang menyebabkan anak tersebut kehilangan rasa hormat kepada orang tua yang menyebabkan renggangnya hubungan keluarga.
  • Berdosa, Perbuatan yang melanggar aturan dari sebuah agama tentu akan menimbulkan dosa.
Baca Juga:  √ Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaannya

Pergaulan Bebas : Pengertian, Ciri, Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

  • Jujur Pada Diri Sendiri, Harus memikirkan secara sehat, sejatinya seorang mengerti baik buruknya suatu hal.
  • Memperbaiki Cara Pandang, Selalu berpikiran positif dan optimis. Tidak boleh memikirkan hal yang dapat membawa ke arah jalan yang salah.
  • Memiliki Kegiatan yang Positif, Hal ini tentu dapat mengalihkan dari hal yang tidak bermanfaat atau cenderung merugikan.
  • Menjadi Pribadi yang Taat, Maksudnya adalah taat pada perintah Nya agar tidak sekali-kali mencoba hal yang bertentangan sesuai dengan syariat agama.
  • Berpikir Maju, Selalu berpikiran ke depan agar tidak mudah goyah dan terlena akan kesenangan sesaat yang dapat menjerumuskan anda.
  • Keseimbangan Hidup, Dapat mengontrol pola pikir, emosi, waktu agar menjadikan di tiap hari-harinya lebih bermanfaat.
  • Sosialisasi, Memberikan informasi kepada masyarakat sekitar tentang bahaya dari pergaulan bebas yang dapat merusak generasi bangsa.
  • Perbanyak Membaca, Semakin banyak membaca, maka secara langsung akan menambah ilmu. Hal ini menjadikan seseorang menjadi pemahaman yang lebih agar tidak mudah terjerumus ke dalam hal yang negatif.
  • Menjalin Komunikasi yang Baik, Menjalin komunikasi yang baik merupakan suatu langkah yang bagus untuk terhindar dari pergaulan yang merugikan.
  • Mengurangi Menonton Acara yang Tidak Baik, Sangat sangat disarankan untuk mengurangi menonton acara yang mengandung unsur kekerasan maupun pornografi.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pergaulan Bebas, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.