Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan

Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan – Bagaimana contoh bentuk penulisan karya ilmiah yang baik dan benar? Sebelumnya Seputarpengetahuan.co.id telah membahas Karya Ilmiah : Pengertian , Ciri, Manfaat, Bentuk, Jenis, Sistematika dan Tahap Penulisan ,kali ini kita akan memberi beberapa Contoh penulisan Karya Ilmiah yang baik dan benar. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan


Karya ilmiah merupakan karangan yang memaparkan pendapat, hasil pengamatan, tinjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan, bersantun bahasa, dan isi yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

Karya ilmiah yang ditulis dan diterbitkan laporan yang menyajikan hasil penelitian atau studi yang telah dilakukan oleh seorang individu atau tim untuk memenuhi aturan dan etika ilmu dikonfirmasi dan dipatuhi oleh komunitas ilmiah.


Fungsi Karya Tulis Ilmiah

Pada hakikatnya fungsi karya ilmiah adalah sebagai berikut:

  • Penjelasan (explanation),Tulisan ini dapat dijelaskan sebagai suatu hal yang sebelumnya tidak diketahui, tidak jelas, dan tidak pasti.
  • Ramalan (prediction),Tulisan ini dapat membantu mengantisipasi hal yang kemungkinan akan datang di masa yang akan datang.
  • Kontrol (control),Tulisan ini dapat berfungsi untuk mengontrol atau mengawasi benar tidaknya suatu pernyataan.

Kaidah Kebahasaan Karya Ilmiah

  • Pilihan kata yang digunakan di dalam karya ilmiah harus bersifat impersonal.
  • Karya ilmiah banyak menggunakan kalimat pasif.
  • Bahasa yang digunakan di dalam karya ilmiah harus reproduktif.
  • Ragam bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah harus lugas dan bermakna denotatif.

Yang dimaksud dengan pilihan kata yang digunakan di dalam karya ilmiah bersifat impersonal adalah kata ganti yang digunakan dalam karya ilmiah harus bersifat umum, seperti menggunakan kata ganti penulis atau peneliti.

Sedangkan penggunaan bahasa yang reproduktif adalah dalam penyampaian informasi dalam karya ilmiah harus menghindari penggunaan kata dan kalimat yang bermakna ganda.

Ragam bahasa yang digunakan karya ilmiah harus lugas dan bermakna denotatif yaitu makna yang terkandung dalam kata-katanya harus diungkapkan secara eksplisit untuk mencegah timbulnya pemberian makna yang lain. Untuk itu, dalam karya ilmiah kita sering mendapatkan defnisi atau batasan dari kata atau istilah-istilah yang digunakan.


Contoh Karya Ilmiah Tentang Kesehatan


Cara Menjaga Kesehatan

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Kesehatan merupakan sesuatu yang harus dijaga oleh setiap insan. Seseorang tidak akan bisa melakukan aktivitas apapun ababila tubuhnya tidak sehat.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Salah satunya dengan cara menjaga asupan gizi yang dimakan

Selain itu, olahraga juga sangat perlu untuk dilakukan. Sebagai tambahan, Tidur pada siang hari juga mempunyai beberapa manfaat.

2. rumusan Masalah

Apa saja yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan?
Bagaimana pengaruh tidur siang terhadap kesehatan tubuh?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui cara yang bisa dilakukan menjaga tubuh serta memahami pengaruh tidur siang bagi kesehatan tubuh

BAB II

PEMBAHASAN

1. Cara Menjaga Kesehatan

Menjaga Kesehatan merupakan sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya sebagai berikut:

Penuhi kebutuhan mineral dan juga vitamin tubuh
Konsumsi makanan yang memenuhi empat sehat lima sempurna
Olahraga teratur
Tidur yang cukup
Jauhi minuman yang beralkoh*l

2. Pengaruh Tidur Siang

Tidur siang sering dilakukan seseorang pada usia dini. Akan tetapi, aktivitas tersebut juga banyak dilakukan oleh usia dewasa. Pengaruh tidur siang terhadap lesehatan tubuh diantaranya yaitu:

Bisa menurunkan tekanan darah rendah
Bisa menurunkan rasa gelisah dan juga sedih
Menghilangkan rasa lelah.

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Tidur siang adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kegiatan tersebut mempunyai beberapa manfaat. Akan tetapi, tidur siang harus dilakukan seuai dengan waktu yang tepat.

Jika aktivitas tersebut dilakukan dengan berlebihan maka akan menimbulkan efek buruk lain. Sehingga, segala aktivitas haruslah dilakukan sesuai dengan porsinya masing-masing. Jangan sampai justru akan menurunkan kebugaran tubuh.


Contoh Karya Ilmiah tentang Pergaulan Bebas


Bahaya Pergaulan Bebas di Kalangan Remaja

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Usia remaja merupakan usia yang rawan khususnya dalam pergaulan. Kemajuan teknologi juga memicu luasnya pergaulan. Pada masa kini, pergaulan bebas menjadi bahaya utama yang dihadapi kalangan remaja. Tak hanya itu, pergaulan bebas juga menimbulkan kekhawatiran para orang tua. Usia remaja yang labil memang sangat mudah “dibodohi” pergaulan.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana bahaya pergaulan bebas bagi para remaja?

3. Tujuan penelitian

Mengetahui bahaya apa saja yang mengancam sebagai akibat dari pergaulan bebas.

BAB II
PEMBAHASAN

Bahaya Pergaulan Bebas

Pergaulan tak selamanya memberikan efek yang baik. Pergaulan yang buruk atau biasa disebut pergaulan bebas ialah salah satu contoh pergaulan dengan efek buruk. Dampak negatif dari pergaulan bebas, yaitu:

a. Kerusakan moral anak

Pergaulan bebas merupakan salah satu penyebab rusaknya moral anak bangsa. Mereka merasa bebas tanpa diperhatikan oleh orang tua. Sehingga mereka kehilangan akhlak baik yang seharusnya dimiliki. Berbagai hal negatif dapat mereka lakukan untuk memenuhi rasa bahagia. Pergaulan bebas menyebabkan anak kehilangan sikap sopan dan hanya mengikuti zaman.

b. Penggunaan narkotika dan minuman keras

Seperti yang telah banyak diberitakan, para remaja kini banyak yang “terciduk” sedang berpesta miras maupun narkoba. Bahkan, tak hanya remaja, anak-anak usia dini juga telah menghisap rok*k. Obat-obat terlarang ini mudah ditemukan bila seseorang telah masuk ke zona pergaulan bebas. Hal ini dikarenakan minuman keras dan narkotika dijual bebas dimana pun.

Baca Juga:  ✓ Pengertian Plakat, Fungsi, Bahan, Jenis, Bentuk dan Contohnya

c. Kecelakaan sebelum menikah

Dampak negatif pergaulan bebas yang berdampak besar bagi diri sendiri maupun keluarga yaitu hamil duluan. Kurangnya s*x education untuk remaja menjadi sebab utama. Kecelakaan sebelum menikah bahkan telah terjadi pada anak usia Sekolah Dasar (SD). Mereka tidak mengetahui apa yang mereka lakukan dan juga dampak setelah mereka melakukan hal tersebut.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Pergaulan pada masa kini telah memasuki zona berbahaya. Dampak negatif dari pergaulan bebas telah memakan banyak mangsa. Mulai dari kerusakan moral dan penggunaan obat terlarang serta kecelakaan sebelum nikah. Pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja dapat dikurangi melalui perantara utama yaitu orang tua. Orang tua harus memberikan edukasi dan pengawasan yang cukup kepada anak.


Contoh Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan Hidup


Pencemaran Dalam Lingkungan Hidup

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Lingkungan merupakan perpaduan antara biotik dan abiotik. Abiotik merupakan kumpulan-kumpulan dari benda mati, sedangkan biotik merupakan kumpulan benda hidup. Yang termasuk komponen abiotik meliputi air, udara, tanah, cahaya matahari, suhu, dan lain sebagainya.

Sedangkan yang termasuk komponen biotik yaitu produsen, konsumen, dan pengurai atau dekomposer. Antara komponen abiotik dan komponen biotik memiliki kaitan yang sangat erat, sehingga tidak dapat dipisahkan. Sedangkan lingkungan hidup memiliki arti yang beragam.

Berdasarkan Kamus Ekologi, lingkungan hidup disebut sebagai environment. Environment memiliki arti kesatuan antara makhluk hidup atau biotik dengan makhluk tidak hidup atau abiotik yang ada di muka bumi. Kemudian menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 lingkungan hidup memiliki arti kesatuan ruang bagi seluruh benda.

Baik itu makhluk hidup seperti manusia, keadaannya, hingga perilaku manusia. Dari beberapa uraian di atas dapat disimpulkan jika lingkungan hidup merupakan perpaduan antara semua makhluk hidup dan komponen yang ada di sekelilingnya.

Adanya makhluk hidup yang ada di bumi merupakan salah satu faktor keberhasilannya sebuah lingkungan hidup. Untuk manusia sendiri merupakan makhluk sempurna yang diciptakan oleh Sang Pencipta dalam keadaan yang utuh. Oleh karena itu, berbagai kegagalan yang terjadi di lingkungan hidup sebenarnya merupakan akibat dari ulah manusia.

Perilaku manusia saat ini sebenarnya sudah melebihi batas wajar. Salah satunya adalah perilaku manusia membuang sampah sembarangan, sehingga mencemari lingkungan yang seharusnya bersih menjadi penuh sampah. Tempat yang seharusnya rindang dan bersih berubah menjadi tempat yang gersang dan panas.
Rumusan Masalah

Apa saja jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan hidup?
Bagaimana penjelasan dari pencemaran di lingkungan hidup tersebut?

BAB III
PEMBAHASAN

A. Jenis Pencemaran
1. Pencemaran Udara

Untuk pencemaran udara sendiri sebenarnya tidak selalu disebabkan oleh ulah manusia. Pencemaran yang terjadi di udara bisa disebabkan karena bencana alam, seperti contohnya gunung meletus. Letusan gunung berapi tersebut membawa membawa partikel-partikel logam yang berbahaya.

Akan tetapi, penyebab pencemaran udara yang banyak terjadi di Indonesia sebenarnya disebabkan karena polusi kendaraan bermotor, baik itu roda dua, roda tiga, maupun roda empat.

Pencemaran udara disebabkan oleh beberapa hal, yakni sebagai berikut.

Asap Rok*k

Seperti yang telah diketahui, jika sebagian besar orang-orang kaya yang ada di Indonesia merupakan pemilik perusahaan rok*k. Dengan banyaknya pabrik rok*k tersebut membuat penyebab pencemaran terbesar adalah adalah berasal dari rok*k.

Kandungan zat berbahaya yang ada di dalam rok*k seperti nikotin dan tar. Dengan adanya kandungan zat yang berbahaya, maka asap yang ditimbulkan oleh rok*k juga menjadi berbahaya.

Ozon (03)

Saat ini sudah banyak orang yang mengetahui jika lapisan ozon mulai menipis. Lapisan penghalang efek buruk sinar matahari ini sebenarnya merupakan bumerang bagi bumi sendiri.

Polutan yang dihasilkan oleh ozon merupakan jenis polutan yang berbahaya. Hal ini dikarenakan polutan ozon merupakan jenis polutan yang dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida atau gas CO juga menjadi jenis polutan yang sangat berbahaya. Apabila seseorang menghirup karbon monoksida dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kematian.

Adapun contoh polutan gas CO adalah saat kita tidur di mobil yang menggunakan AC. Berbagai gas CO yang dihasilkan dari kendaraan bermotor akan masuk ke dalam mobil ber AC, sehingga dapat mematikan.
2. Pencemaran Air

Ciri-ciri air yang bersih adalah air yang tidak berbau serta tidak berwarna. Jika terdapat air yang berbau, berwarna, dan ada biota mati di dalamnya maka menunjukkan jika air tersebut telah tercemar. Pencemaran yang terjadi pada air bisa disebabkan karena hal-hal berikut ini.

Limbah Pabrik, Nuklir, dan Industri

Limbah dari pabrik, nuklir, serta industri sebenarnya mengandung berbagai zat-zat kimia yang berbahaya. Salah satu zat kimia berbahaya yang harus di waspadai adalah radioaktif.

Membuang berbagai limbah berbahaya tersebut ke sungai sebenarnya dapat sangat membahayakan. Hal ini dikarenakan akan mengancam keberadaan biota sungai serta lingkungan sekitarnya.

Bahan Peledak untuk Menangkap Ikan

Sebenarnya, menangkap ikan menggunakan bahan peledak sudah dilarang oleh pemerintah. Akan tetapi masih saja ada oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan bahan peledak ini untuk menangkap ikan.

Hal ini dikarenakan menangkap ikan menggunakan bahan peledak dinilai lebih efektif, karena tidak memerlukan waktu lama namun hasilnya bisa melimpah. Akan tetapi, penggunaan bahan peledak menjadi salah satu penyebab pencemaran air yang merugikan.

Pestisida

Sebenarnya limbah pertanian tidak membahayakan. Yang membahayakan adalah penggunaan pupuk kimia serta pestisida dalam jumlah yang berlebihan, sehingga menyebabkan pencemaran air.

Baca Juga:  Puisi adalah : Pengertian, Ciri dan Jenisnya

Limbah pertanian yang mengandung pestisida dan pupuk kimia berlebih ini akan mengikuti aliran air, sehingga terjadilah pencemaran air yang merugikan biota yang ada di air sungai.

Sampah

Banyaknya sampah yang bertebaran dan menumpuk dimana-mana menjadi masalah tersendiri yang susah diselesaikan. Saat ini berbagai benda dan makanan selalu dibungkus menggunakan plastik maupun kertas, sehingga membuat pencemaran sampah di lingkungan semakin banyak.

Saat ini banyak orang yang sudah tidak lagi memperhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya sampah-sampah rumah tangga yang dibuang di sembarang tempat.
3. Pencemaran Tanah

Tanah yang tercemar merupakan tanah yang sudah tidak lagi digunakan untuk kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia yang dimaksud seperti bercocok tanam. Tanah yang sudah tercemar sudah tidak bisa lagi digunakan untuk bercocok tanam.

Tanah yang terlihat gersang juga menjadi salah satu indikasi tercemarnya sebuah tanah. Penyebab pencemaran tanah biasanya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

Senyawa asam
Pupuk kimia
Penggunaan pestisida berlebih
Limbah industri, nuklir, dan pabrik
Limbah dari rumah tangga, misalnya deterjen.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Pencemaran sebenarnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran tanah. Setiap pencemaran yang terjadi memiliki ciri-ciri tertentu yang berbeda.

Setiap pencemaran yang terjadi juga memiliki sebab-sebab tertentu yang berbeda pula. Akan tetapi penyebab antara pencemaran satu dengan lainnya ini tidak jauh berbeda. Contohnya adalah penggunaan pestisida berlebih.

Maka dari itu, manusia sebagai makhluk berakal yang hidup di bumi, sudah sewajibnya mulai mengurangi penggunaan berbagai jenis bahan-bahan yang dapat mencemari lingkungan, sehingga kondisi lingkungan dapat senantiasa terjaga.


Contoh Karya Ilmiah Tentang Pendidikan Karakter


Permainan Tradisional

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Permainan atau disebut juga dengan dolanan tradisional memiliki karakteristik yang memiliki dampak positif bagi perkembangan anak. Kata bermain untuk anak adalah refleksi pembebasan jiwa dari keterkaitan dengan aturan orang tua.

Ketika anak bermain, ia akan mengekspresikan kegembiraan hatinya serta berkomunikasi dengan teman sebayanya. Sehingga, anak bisa belajar bersosialisasi dan juga bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

2. Rumusan Masalah

Apa pengertian dolanan tradisional?
Apa pengaruh dolanan tradisional didalam membentuk karakter anak?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengertian dari dolanan tradisional dan juga pengaruhnya terhadap karakter anak.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Dolanan Tradisional

Kata dolanan adalah suatu kata yang diambil dari bahasa Jawa. Kata dolanan yaitu mempunyai arti mainan atau juga permainan.

Sedangkan kata tradisional merupakan cara berpikir dan juga tingkah laku yang sesuai dengan adat dan sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Dolanan anak disebut juga sebagai simbbolisasi pengetahuan yang secara turun temurun sejak dahulu kala dan juga mempunyai berbagai macam fungsi didalamnya.

2. Pendidikan Karakter

Secara sederhana, pendidikan karakter adalah segala usaha yang bisa dilakukan untuk memengaruhi karakter para siswa. Usaha tersebut dilakukan supaya seseorang bisa memahami pentingnya karakter yang positif didalam diri.

Pendidikan karakter menurut Thomas Lickona yaitu pendidikan tentang sikap yang meliputi ilmu sampai tindakan. Tidak hanya itu, perasaan juga termasuk ke dalam pendididkan karakter.

BAB IV

PENUTUPAN

KESIMPULAN

Dolanan tradisional tidak hanya sekedar permainan yang akan memberikan efek gembira. Banyak manfaat yang ada di dolanan tradisional. Dianatara manfaatnya yaitu membuat otak semakin cerdas dan pintar.

Dolanan tradisional anak juga dapat membentuk karakter anak seperti meningkatnya kerja sama dengan orang disekitarnya.

Contoh Karya Ilmiah : Fungsi dan Kaidah Kebahasaan


Contoh Karya Tulis Ilmiah Populer


Positif dan Negatif Makanan Kaleng

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Makanan kaleng masuk ke dalam kategori makanan instan atau cepat saji (junk food). Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Jepang, makanan kaleng mengandung zat kimia Stannum (Sn). Zat ini sebenarnya tidak berbahaya bila dikonsumsi sesuai kebutuhan. Namun, zat Sn akan berbahaya bila dikonsumi melebihi empat belas miligram per kilogram berat tubuh.

2. Rumusan Masalah

Bagaimana dampak makanan kaleng bagi kesehatan tubuh?

3. Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui dampak positif dan negatif makanan kaleng.

BAB II
PEMBAHASAN

Dampak Makanan Kaleng Bagi Tubuh

Makanan kaleng merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang diminati. Makanan kaleng identik dengan hewan seperti ikan atau biasa disebut sarden. Namun, tak hanya sarden, makanan kaleng juga dapat berisi sayuran, buah, hingga minuman. Makanan kaleng tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ia juga memiliki keunggulan. Dampak positif dan negatif makanan kaleng, yaitu:

1. Dampak positif

a. Menghemat waktu penyajian
b. Kaleng menjaga makanan dari kontaminasi organisme penyebab penyakit
c. Makanan kaleng tidak kekurangan zat gizi

2. Dampak negatif

a. Membuat para Ibu malas memasak
b. Jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol
c. Jika dimasak dengan suhu tinggi, gizi di dalamnya akan berkurang bahkan hilang.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil yaitu makanan kaleng memiliki dampak positif dan negatif. Dampak negatif akan terjadi bila makanan kaleng yang dikonsumsi melampaui batas. Selain itu, cara masak juga memengaruhi baik buruknya makanan kaleng terhadap kesehatan tubuh. Disamping dampak tak menyenangkan yang ia miliki, makanan kaleng juga memberi dampak positif seperti yang telah dibahas.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Karya Ilmiah  , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.