Do’a Bepergian : Rangkaian Do’a Perjalanan Beserta Artinya

Do’a Bepergian : Rangkaian Do’a Perjalanan Beserta Artinya  – Bacaan Do’a yang mana saat kita bepergian atau sedang melakukan perjalanan ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas bacaan Do’a bepergian dan Doa-Do’a perjalanan lainnya . Mari kita simak bersama artikel di bawah ini untuk dapat mempelajarinya.

Do’a Bepergian : Rangkaian Do’a Perjalanan Beserta Artinya


Untuk melindungi diri dan menjaga diri dari setiap hal yang mungkin terjadi di perjalanan, hendaknya kita tidak melupakan membaca doa bepergian sebagaimana yang dipesankan Rasulullah.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Sirjia Ra. berkata, “Apabila Nabi Muhammad bepergian, beliau membaca doa.”

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

“Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.”

Artinya

“Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.” (HR. Tirmdzi dan Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

Orang yang hendak bepergian bisa menambahkan dengan membaca doa hendak bepergian sebagaimana yang pernah pula diajarkan Nabi Muhammad.

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Artinya:

“Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosamu dan memudahkan kebaikan untukmu dimana pun kamu berada.”

Kemudian, ketika telah bersiap hendak berangkat safar atau bepergian, dianjurkan untuk mengucapkan doa salam kepada mereka yang ditinggalkan, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad.

Rasulullah bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian ingin bepergian, hendaklah ia memberi salam kepada saudar-saudarnya, karena sesungguhnya doa mereka akan menambahkan kebaikan untuknya bersama dengan doanya.” (HR. Thabrani).

Rangkaian Doa Perjalanan

Rangkaian doa perjalanan terdiri atas beberapa doa, berikut ini serangkaian doa yang bisa dibaca saat melakukan perjalanan:

Doa Berpergian Jauh

Bila anda akan berpergian jauh dengan jarak tempuh yang lama dan melelahkan, bacalah doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

“ Ya Allah mudahkanlah kami (dalam) berpergian ini dan dekatkanlah kejauhannya, Ya (Tuhanku) Allah yang menemani dalam berpergian dan Engkau pula yang melindungi keluarga (ku).”

Baca Juga:  Sabar : Pengertian dalam Islam dan Dalilnya

Doa Keluar Rumah

Sebelum pergi sesaat setelah keluar dari rumah, alangkah baiknya jika membaca doa keluar rumah.

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillaahi Tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah .”

Dengan menyebut asma Allah aku menyerahkan diri pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain (milik) Allah.

Doa Sebelum Naik Kendaraan Darat

Saat menaiki kendaraan dan sebelum kendaraan melaju alangkah baiknya untuk membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا ومُرْسَاهَا، إنَّ ربّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قََدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya di hari kiamat dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari yang mereka Persekutukan.

Doa Sebelum Naik Kendaraan Laut

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :

“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa Saat Menggunakan atau Di dalam Kendaraan

Ketika melakukan perjalanan jauh, tentu kita membutuhkan sarana transportasi agar kita bisa sampai lebih cepat. Berikut ini adalah doa saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan:

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Mahasuci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah… sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami.” (HR. Muslim).

Baca Juga:  √ Sifat Wajib dan Mustahil Bagi Nabi & Rasul Beserta Artinya

Doa Ketika Singgah Di Suatu Tempat (Transit)

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“a’uudzubikalimaatillahit tammaati min syarri maa kholaq”

aku berlindung kepada dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan mahluk-Nya.

Doa Ketika Sampai Tujuan

Setelah tiba di tempat tujuan hendaknya membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْألُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرّ مَا فِيهَا

Ya Allah aku mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya.

Itulah serangkaian doa perjalanan yang bisa dibaca agar selamat selama perjalanan hingga ke tujuan. Doa-doa diatas diambil dari doa untuk melakukan perjalanan haji, tetapi umum juga untuk dipakai sebagai doa perjalanan sehari-hari.

Selain berdoa, orang yang hendak melakukan safar atau perjalanan dianjurkan untuk berpamitan kepada keluarga, kerabat, dan tetangga yang akan ditinggalkannya. Kemudian meminta doa dari mereka dan mendoakan mereka.

Rasulullah bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian ingin bepergian, hendaklah ia berpamitan kepada saudara-saudaranya. Sesungguhnya, Allah menjadikan dalam doa mereka itu suatu kebaikan.” (HR.Thabrani).

Adapun kata-kata atau ucapan yang digunakan untuk berpamitan, maka sebaiknyakita meneladani ajaran Rasulullah. Karena di dalamnya terdapat makna doa dan pahala mengikuti sunnah beliau.

Do'a Bepergian : Rangkaian Do'a Perjalanan Beserta Artinya

Diriwayatkan dari Abu Huraurah Ra, bahwasannya Nabi Muhammad bersabda:

“Barang siapa ingin bepergian, hendaklah ia mengucapkan kepada orang yang ditinggalkan:

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِي لَا تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

“Astaudi’ukumllaha alladzi la tadhi’u wadai’ahu”

Artinya:

“Aku menitipkan kalian kepada Allah, Dzat yang tidak menyia-nyiakan titipan.” (HR.Ibnu Sunni).

Ucapan di atas mengandung makna bahwa aku menitipkan kalian kepada Allah, Dzat yang jika dititipi sesuatu , maka dia akan menjaga dan memeliharanya dengan baik.

Sebagaimana disebutkan dalam hadits lainnya:

“Sesungguhnya, Allah jika dititipi sesuatu, niscaya Dia akan menjaganya.” (HR.Ahmad).

Dan, bagi orang yang dipamiti, hendaknya ia juga mengucapkan doa.

Bacaan Doa Untuk yang Dipamiti

أستودع الله دينك وأمانتك وخواتيم عملك

“Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khawatima ‘amalika”

Artinya:

“Aku menitipkan kepada Allah atas agamamu, amanahmu, dan akhir dari amalmu.” (HR.Ahmad, Tirmidzi, Nasa’I, Abu Dawud).

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Do’a Bepergian  , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.