Lensa Cekung : Pengertian, Sifat – Sifat, Rumus, Pembentukan, Ciri, Jenis Dan Manfaat

Apa Contoh Lensa Cekung itu? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu Lensa Cekung dan unsur – unsur lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Lensa Cekung : Pengertian, Sifat – Sifat, Rumus, Pembentukan, Ciri, Jenis Dan Manfaat

Pemanfaatan lensa cekung dalam kehidupan tiap hari tidak kalah berarti dari lensa cembung, bisa menolong orang yang mengidap rabuh jauh ataupun miopi bisa dinormalkan kembali dengan dorongan lensa cekung. Lensa Cekung merupakan perlengkapan yang umumnya ada bundaran kaca ataupun plastik sehingga bisa berperan bagaikan indeks saluran respirasi serta berperan bagaikan kaca pembesar serta bisa pula menciptakan bagaikan pantulan sinar dari cahaya pantulan.


Pengertian Lensa Cekung

Lensa cekung merupakan lensa yang bagian tengahnya lebih tipis dibanding bagian tepinya yang lebih tebal. Lensa cekung umumnya berupa bundaran, meski terdapat pula lensa cekung yang tidak berbentuk bundaran. Lensa cekung semacam lensa cembung, biasanya dibuat dari kaca ataupun plastik sehingga lensa memiliki indeks bias lebih besar dibanding indeks bias udara. Lensa cekung memiliki sifat menyebarkan sinar sehingga disebut sebagai lensa divergen. Identitas lensa cekung sendiri dapat dengan gampang dilihat dari wujudnya, ialah memiliki identitas tebal di bagian tepi serta tipis di bagian tengah.

Pengertian lensa cekung

Sinar yang lewat lensa cekung dibelokkan ke arah tepi lensa ataupun menghindari sumbu lensa. Cahaya tiba sejajar dikenakan pada lensa cekung, sinar – sinar akan menyebar seakan berasal dari satu titik ialah Titik Fokus. Titik fokus lensa cekung terletak di sisi yang sama dengan cahaya yang tiba sehingga titik fokus lensa cekung memiliki sifat maya ataupun semu serta mempunyai nilai negatif.

Lensa Cekung : Pengertian, Sifat - Sifat, Rumus, Pembentukan, Ciri, Jenis Dan Manfaat


Sifat – Sifat Bayangan Lensa Cekung

Berikut ini ada beberapa sifat – sifat bayangan lensa cekung, antara lain :

  • Lensa cekung bersifat menyabarkan ataupun memancarkan sinar – sinar yang tiba padanya (divergen) sehingga disebut lensa negatif.
  • Lensa cekung mempunyai 2 titik api (titik fokus) maya serta terletak sama jauh dari titik pusat optik.

Rumus Lensa Cekung

Seperti pada lensa cembung pada lensa cekung berlaku rumus yaitu :

rumus

Penjelasan:

  • S’= Jarak bayangan
  • S’= (+) positif, bayangan nyata
  • S’= (–) negatif, bayangan maya
  • S= Jarak benda
  • F= Jarak titik a[i, bernilai negatif

Perbesaran (m) rumusnya ialah:

rumus

Penjelasan :

  • h’= (–) negatif, bayangan terbalik
  • h’= (+) positif, bayangan tegak
  • m= (+) positif, bayangan tegak
  • m= (–) negatif, bayangan terbalik

Pembentukan Bayangan pada Lensa Cekung

rumus

Setelah mempelajari apa yang telah kami sampaikan di atas hingga kami juga akan membagikan ulasan untuk mengamati proses pembuatan bayangan pada perumusannya. Untuk memastikan bayangan pada dibutuhkan 2 dari 3 cahaya yang terdapat pada proses dengan pembuatan yang lewat permasalahan di dasar ini. Objek ditempatkan antara f serta 2f yang ada dalam pembuatan serta bisa ditemui pada langkah yang telah ditetapkan.

rumus


Ciri – Ciri Lensa Cekung

Lensa cekung bersifat menyebarkan sinar sehingga disebut pula lensa divergen. Ciri lensa cekung bisa dilihat dari wujudnya ialah tebal di bagian tepi serta tipis di bagian tengah.

rumus

Sinar yang lewat lensa cekung akan dibelokkan ke arah tepi lensa ataupun menghindari sumbu lensa. Cahaya tiba sejajar dikenakan pada lensa cekung, cahaya akan menyebar seakan berasal dari satu titik ialah Titik Fokus. Titik fokus lensa cekung terletak pada sisi yang sama dengan cahaya tiba sehingga titik fokus lensa cekung mempunyai watak maya ataupun semu serta mempunyai nilai negatif.


Jenis Lensa Cekung

Ada pula tipe lensa cekung ialah: cekung ganda, cekung datar serta meniskus cekung. Wujud lensa cekung antara lain ialah:

jenis

  • Bikonkaf ataupun cekung – cekung
  • Plankonkaf ataupun cekung – datar
  • Konveks – konkaf ataupun cekung – cembung

Manfaat Serta Pemakaian Lensa Cekung

manfaat

Pemakaian lensa cekung paling utama kerap ditemukan pada pengidap rabun jauh sebagau kacamata supaya bisa memandang barang seperti mata manusia wajar. Tidak hanya kacamata untuk pengidap rabun jauh, lensa ini pula digunakan pada teropong bumi supaya okuler teropongnya pendek.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Lensa Cekung, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi