7 Fungsi Administrasi Secara Umum – Setelah sebelumnya kita ketahui tentang pengertian administrasi, kali ini pembahasannya mengenai fungsi-fungsi administrasi itu sendiri. Banyak fungsi tersendiri dari administrasi keuangan, administrasi pendidikan, administrasi perkantoran, dan lain sebagainya. Namun pembahasan fungsi administrasi yang akan dibahas masih secara universal.
7 Fungsi Administrasi Secara Umum
Barikut ini adalah fungsi-fungsi dari administrasi lengkap.
Fungsi Administrasi
Fungsi administrasi dan manajemen menurut Luther M. Gullick adalah sebagai suatu planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), staffing (pengadaan tenaga kerja), directing (pemberian bimbingan), coordinating (pengkoordinasian), reporting (pelaporan), dan budgeting (penganggaran). Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Planning (perencanaan)
Yaitu dalam kegiatan administrasi atau ketatausahaan pasti memerlukan sebuah perencanaan yang baik dan matang. Contohnya pengumpulan data, penyusunan perencanaan, pengolahan data dls, dimana dalam kegiatan tersebut administrasi sangat dibutuhkan.
2. Organizing (pengorganisasian)
Begitu juga dengan pengorganisasian, dimana setiap melakukan kegiatan organisasi pasti sangat membutuhkan administrasi seperti contoh dalam penetapan petugas atau pekerja.
3. Staffing (pengadaan tenaga kerja)
Merupakan praktek menemukan, menilai, mengevaluasi dan menetapkan hubungan kerja dengan karyawan atau tenaga kerja dan memberhentikannya jika tidak lagi dibutuhkan. Sehingga tenaga kerja atau karyawan yang ditetapkan sesuai pada bidangnya atau keahliannya.
4. Directing (pemberian bimbingan)
Fungsi yang bekaitan dengan usaha dalam membimbing, memberikan saran-saran, masukan untuk perbaikan suatu kegiatan yang sedang dilakukan agar tugasnya dapat dilakukan semaksimal mungkin, dengan hasil yang memuaskan.
5. Coordinating (pengkoordinasian)
Yaitu proses pengkoordinasian dimana seluruh kepentingan dan tujuan dari organisasi yang dilaksanakan bisa bersatu dan dapat sinkron dengan tempat dan waktunya.
6. Reporting (pelaporan)
Yakni bagaimana cara menginformasikan dari apa yang telah dilakukan dalam seluruh kegiatan sebagai salah satu pertanggungjawaban.
7. Budgeting (penganggaran)
Yaitu bagaimana cara merencanakan keuangan, berapa anggaran yang diperlukan, darimana pembiayaannya, perhitungan uang masuk dan keluarnya, serta pengawasan yang dilakukan.
Fungsi ini dikenal dengan istilah “POSDCORB“. Dimana hal terpenting dari fungsi-fungsi tersebut yakni directing sebagai suatu konsep yang lebih lunak dari commanding.
Sedangkan fungsi administrasi menurut George R. Terry dikenal dengan istilah “POAC” yaitu:
1. Planning (perencanaan)
Pada proses ini, pada umumnya menyangkut pada sebuah keputusan dalam meramalkan dan menetukan keputusan yang dibuat. Dalam melakukan perkiraan yang akan terjadi dimasa yang akan datang dilakukan berdasarkan pengalaman sebelumnya atau masa lalu dan saat ini. Administrasi data yang didapat secara lengkap bisa menafsirkan ketepatan perencanaan yang  diperkirakan.
2. Organizing (pengorganisasian)
Pada hakikatnya fungsi dari sebuah organisasi berkaitan dengan usaha yang dilakukan dalam pengembangan hubungan kerja dan pembagiannya dalam suatu badan usaha atau organisasi.
3. Actuating (penggerakkan)
Usaha untuk mendapatkan hasil dengan penggerakkan terhadap orang lain. Actuating ini lebih lunak jika dibandingkan dengan directing atau commanding. Actuating atau penggerakkan bisa dilakukan oleh atasan atau pimpinan untuk memberikan motivasi dan menggerakkan bawahannya agar dalam melakukan pekerjaannya  dapat dilakukan dengan sebaik mungkin.
4. Controlling (pengawasan)
Controlling atau pengawasan juga bisa diartikan pengendalian merupakan sebuah proses pengamatan yang dilakukan secara terus menerus atau berkala dalam suatu kegiatan atau pelaksanaan sesuai pada rencana kerja yang sebelumnya telah disusun rapi dan mengadakan pengoreksian bila dibutuhkan.
Demikian pembahasan kali ini mengenai 7 Fungsi Administrasi Secara Umum, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Terimakasih 🙂
Daftar Isi
Rekomendasi:
√ Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya… Pengertian Ekonomi Manajemen dan Prinsip Dasarnya (Lengkap) - Pada umumnya pengertian ekonomi manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya…
Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya Administrasi Perkantoran : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Admisitrasi Perkantoran. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian administrasi perkantoran, fungsi, tujuan…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
√ 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri,… 8 Pengertian Manajemen Operasional, Tujuan, Fungsi, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Manajemen Operasional. Pembahasan yang meliputi pengertian, tujuan, fungsi, ciri-ciri, ruang lingkup…
√ Jenis-jenis Lembaga Keuangan di Indonesia dan… Jenis-jenis Lembaga Keuangan di Indonesia dan Penjelasannya - Lembaga keuangan yang kita ketahui adalah sebuah badan usaha yang bergerak dibidang keuangan dengan menyediakan layanan jasa penyimpanan, penyaluran hingga peminjaman dana kepada para…
Kata Kata Bijak Islami Kata Kata Bijak Islami - Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kata Kata Bijak Islami dan contohnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat…
√ Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis dan Sistem Pemberiannya… Pengertian Vaksin, Fungsi, Jenis dan Sistem Pemberiannya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang Vaksin. Vaksin merupakan bahan antigenik yang dimanfaatkan sebagai penghasil kekebalan aktif kepada sebuah penyakti…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
√ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)- Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli. Manajemen pendidikan adalah salah satu cabang ilmu…
30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli 30 Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli - Sebagian orang mengenal administrasi pasti sesuatu yang berhubungan dengan hitung menghitung dan angka-angka. Padahal administrasi merupakan keseluruhan dari rangkaian-rangkaian kegiatan yang memiliki aturan dan…
Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan… Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya - Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang…
√ Pengertian Manajemen Proyek, Tujuan, Fungsi, Ruang… Pengertian Manajemen Proyek, Tujuan, Fungsi, Ruang Lingkup, Tahapan & Contoh - Pada pembahasan kali kami akan menjelaskan tentang manajamen proyek. Yang meliputi pengertian manajemen proyek, tujuan manajemen proyek, fungsi manajemen proyek,…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
√ Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (Pembahasan… Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (Pembahasan Lengkap) - Pada umumnya hal yang sering dilakukan di dalam sekolah adalah kegiatan pembelajaran. Namun, di sekolah juga menyediakan layanan konseling untuk siswa. Di sana…
Budget Adalah : Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Manfaat… Budget Adalah : Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Manfaat dan Cara Penyusunan -Â Apakah yang di maksud Budget? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Budget dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…
33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 33 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)Â - Pembahasan kali ini akan membahas tentang sebuah wadah yang didalamnya terdapat beberapa orang untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.…
Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting… Tugas Manajemen Pemasaran : Tahap dan Faktor Penting Manajemen - Apa sajakah tugas manajemen pemasaran itu? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang apa saja itu tugas manajeman pemasaran dan faktor-faktor lain…
√ Pengertian Modal Kerja, Konsep, Jenis, Manfaat, Manajemen… Pengertian Modal Kerja, Konsep, Jenis, Manfaat, Manajemen dan Penggunaannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Modal Kerja. Modal kerja berkaitan dengan bidang usaha seseorang untuk bisa berjlaan dengan…
√ Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan… Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen kepegawaian. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen kepegawaian, tujuan, fungsi, manfaat, ruang lingkup manajemen…
√ Kompetensi Guru dalam Dunia Pendidikan (Pembahasan… Kompetensi Guru dalam Dunia Pendidikan (Pembahasan Lengkap) - Pendidikan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Semua orang wajib mendapatkan pendidikan yang sama. Di bawah ini adalah bagaimana kompetensi guru…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi,… Administrasi Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Tugas dan Ruang Lingkup - Bagaimanakah Administrasi Pendidikan itu ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu administrasi pendidikan dan unsur -unsur lain…
6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli… 6 Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli (Terlengkap)Â - Dalam segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pasti akan selalu menghadapi beragam masalah, baik ekstern maupun intern. Dalam mengatasi bermacam-macam masalah…
Pengertian Manajemen Konflik : Tujuan, Strategi, Jenis Dan… Pengertian Manajemen Konflik : Tujuan, Strategi, Jenis Dan Manfaatnya - Apakah itu yang di maksud dengan manajemen konflik?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang…
ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat,… ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Contoh Dan Kelebihannya - Apakah itu ERP ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
√ Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan,… Pengertian Audit Manajemen, Tujuan, Manfaat, Tahapan, Ruang Lingkup - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang audit manajemen. Yang meliputi pengertian audit manajemen, tujuan audit manajemen, tahapan audit manajemen, ruang…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
Verba (Kata Kerja) : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Verba (Kata Kerja) : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kalimat Verba atau kata kerja. Yang meliputi pengertian kalimat verba (kata kerja),…
Pendidikan Formal : Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli,… Pendidikan Formal : Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan dan Fungsi - Apa itu Pendidikan Formal? Pendidikan sendiri adalah kegiatan belajar mengajar yang sistematis.Ada tiga jenis pendidikan yaitu Formal…
√ Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya… Pengertian Manajemen Organisasi, Tujuan dan Fungsinya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen organisasi. Yang meliputi pengertian manajemen organisasi, Tujuan, Fungsi yang dibahas dengan lengkap dan ringan.…