√ Pengertian Galaksi Andromeda, Sejarah, Teori, Ciri & Pergerakannya

Pengertian Galaksi Andromeda, Sejarah, Teori, Ciri & Pergerakannya – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang Galaksi Andromeda. Galaksi andromeda merupakan salah satu galaksi pada luar angkasa di galaksi Bima Sakti.

Pengertian Galaksi Andromeda, Sejarah, Teori, Ciri & Pergerakannya

Selain merupakan salah satu bagian dari galaksi Bima Sakti. Galaksi andromeda dapat dilihat dengan mata jika dimalam hari tanpa bulan dan polusi cahaya. Selain itu berikut ini kami akan membahas tentang definisi, sejarah, teori, ciri-ciri dan pergerakan galaksi andromeda. Untuk itu simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda yaitu galaksi spiral yang memiliki jarak kira-kira 780 Kiloparsec (2,5 juta tahun cahaya: 2,4 1019 km dari bumi. Galaksi ini memiliki nama lain yakni Messier 31/NGC 224/UGC 454/PGC 2557.

Galaksi Andromeda juga salah satu galaksi yang berada di luar galaksi Buma Sakti. Mempunyai struktur milip dengan Galaksi Bima Sakti yang berbentuk spiral.

Galaksi Adromeda mempunyai jarak dengan Galaksi Bima Sakti yakni sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Berada dilangi belahan langit utara yaitu 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik dilihat pada sekitar bulan September, Oktober dan November.

Dengan mata telanjang, galaksi ini terlihat seperti kabut tipis kecil di langit utara, tetapi apila diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ukurannya ternya lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi Andromedai mempunyai isi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan 300 km/detik.

Sejarah Terbentuknya Galaksi Andromeda

Dari beberapa banyak perkiraan galaksi Andromeda berusia lebih mudah daripada dengan galaksi Bima Sakti. Beberapa ribuan tahun setelah galaksi bima saksi terbentuk, maka debu sisanya terbentuklah galaksi Andromeda.

Ada perkiraan ketika galaksi Bima Sakti terbentuk, ada juga beberapa bintang purba yang membelah dan membentuk calon galaksi sampai akhirnya terbentuk beberapa galaksi yang berukuran kecil.

Terdapat dua galaksi dengan ukuran kecil yang pergerakannya mendekati hingga saling bertabrakan satu sama lainnya. Karena bertabrakan terbentuklah galaksi Andromeda yang didalamnya ada bintang yang terhubung dengan gravitasinya.

Sehingga, galaksi Andromeda terus mengalami perkembangan yang membentuk beberapa komponen di dalamnya. Komponen itu antara lain bintang, cincin gas dan debu. Sampai saat ini diperkirakan bintang-bintang tersebut berjumlah sekitar 1 triliun bintang. Tabrakan kedua galaksi kecil itu terjadi sekitar 9 milyar tahun yang lalu. Perkembangan terus terjadi sampai Galaksi Andromeda berbentuk seperti saat ini.

Teori Terbentuknya Galaksi Andromeda

Ada beberapa teori tentang terbentuknya galaksi andromeda, salah satunya adalah teori hipotesis fowler. Teori hipotesis fowler ini di kemukakan oleh Fowler di tahun 1957.

Fowler menerangkan jika 12000 juta tahun yang lalu galaksi masi berbentuk gas hidrogen yang berukuran sangat besar. Hidrogen itu terus bergerak dengan gerakan rotasi menjadikan bentuknya bulat, karena mempunyai gaya berat maka mengalami kontraksi.

Komponen penyusun galaksi itu terus mengalami pergerakan yang berputar dengan lambat dan mempunyai berat jenis yang besar menjadikan terbentuk bintang-bintang.

Setelah berpuluh-puluh ribu tahun, tempertaur pada bintang-bintang itu semakin laam semakin menurun. Bentuk bintang itu cenderung tetap seperti halnya matahari. Hipotesi ini diyakini oleh para ahli terjadi pada pusat galaksai, yakni tempat lahirnya bintang-bintang baru baik dengan perlahan atau eksplosif.

Menurut hipotesis diatas, telah diterangkan bahwa galaksi terbentuk dari kumpulan gas hidrogen yang menjadi padat dan membentuk bintang. Bintang ini kemudian pecah, tetapi karen terikat dengan gaya gravitasinya ia kembali berkumpul di area yang luas dan terbentuknya galaksi, begitu juga dengan galaksi Andromeda.

Teori lain yang menyatakan Galaksi Andromeda terbentuk sebab terdapat benturan dari dua galaksi. Menurut perkiraan, galaksi andromeda terus berkembang dari waktu ke waktu. Hingga akhirnya properti di Andromeda dilengkapi dengan bintang cincin gas dan debu.

Selain itu terdapat pula yang menyatakan bahwa tabrakan dua galaksi yang terjadi sekitar 9 miliar tahun yang lalu membentuk galaksi Andromeda. Persepsi lain menyatakan bahwa Andromeda terbentuk karena menelan galaksi-galaksi lain yang mempunyai ukuran lebih kecil dan terletak di sekelilingnya sehingga ukurannya menjadi sebesar saat ini.

Ciri-Ciri Galaksi Andromeda

Ciri-ciri dari galaksi Andromeda antara lain sebagai berikut:

  • Mempunyai bentuk spiral
  • Mempunyai struktur yang mirip dengan galaksi Bima Sakti
  • Berada di belahan langit utara sekitar 41 derajat di sebelah utara garis khatulistiwa langit (ada pada rasi bintang Andromeda)
  • Di bagian tepi galaksi Andromeda terlihat lebih redup daripada bagian tengahnya
  • Mempunyai pergerakan yang cenderung dekat dengan galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 300 km/s
  • Bisa dilihat dengan jelas pada saat malah ketika tidak ada cahaya bulan (ketika terjadi gerhana bulan)
  • Dikelilingi oleh piringan gas dan debu
  • Jarak galaksi andromeda dengan galaksi bima sakti yaktni sekitar 2,5 juta tahun gahaya
  • Dikelilingi bintang dengan spektrum warna merah jambu

Karakteristik Galaksi Andromeda

Adapun karateriskti dari galaksi Andromeda antara lain:

  • Didalam galaksi andromeda ada sekitar 1 triliun bintang
  • Apabila dilakukan pengamatan, galaksi andromeda terlihat seperti pita yang bentuknya lonjong.
  • Piringan gas dan debu yang mengelilinginya mempunyai lebar sekitar 260.000 tahun cahaya
  • Mempunyai ukuran yang lebih kecil daripada dengan galaksi Bima Sakti
  • Magnitudo terlihat pada galaksi andromeda adalah 3,44 V.
  • Memancarkan arnga dari galaksi Andromeda adalah biru tua karena komposisi tersusun dari bintang yang berukuran besar
  • Diameter galaksi andromeda diperkirakan sekitar 70.000-80.000 tahun cahaya. Terdapat pula yang menyatakan sekitar 220.000 tahun cahaya.
  • Jari-jari galaksi ini sulit ditentukan sebab bentuknya spiral namun apabila dilihat dari diameternya, maka jari-jari dari galaksi andromeda antara sekitar 35.000 tahun cahaya sampai dengan 40.000 tahun cahaya.

Pergerakan Galaksi Andromeda

Galaksi ternya mempunyai kelompok, pada setiap kelompok ada beberapa galaksi. Seperti itu pula pada galaksi bima sakti, galaksi bima sakti ini diklasifikasikan dengan galaksi tetangganya. Jumlah tetangga galaksi bima sakti ada sekitar 48 galaksi.

Dari setiap kelompok dibuat grup lokal antar galaksi yang berdekatan. Dalam grup lokalnya, galaksi andromeda dan bima sakti adalah galaksi terbesar daripada yang lainnya. Pusat massa dalam grup lokal galaksi terletak antara galaksi bima sakti dan galaksi andromeda. Titik pusat massa itu dikenal dengan istilah barycenter.

Menurut pengamatan yang dijalani oleh beberapa ahli, ternyata galaksi andromeda pergerakannya mendekati dengan Bima Sakti dengan gerakan yang menyamping agak serong, seperti itu juga dengan gerakan galaksi bima sakti. Pergerakan yang lebih mengarah mendekati galaksi bima sakti ini mempunyai kecepatan sekitar 300 km/s.

Pengertian Galaksi Andromeda, Sejarah, Teori, Ciri-Ciri, Pergerakan Terlengkap

Dari dua galaksi itu mempunyai massa yang hampir sama menjadikan keduanya bergerak mengelilingi barycenter dengan orbit yang berbentuk elips. Hal yang harus diketahui adalah apabila laju gerakan menyamping adalah nol, maka dapat disimpulkan bahwa kedua galaksi ini saling mendekati yakni saktu sama lain dengan benuk orbit tegak lurus.

Dengan gerakan yang terjadi secara terus menerus dan bentuk orbit yang tegak lurus tersebut maka sangat memungkinkan apabila beberapa ribut atau juta tahun yang akan datang galak andromeda dan galaksi bima sakti akan mengalami tabrakan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Galaksi Andromeda, Sejarah, Teori, Ciri & Pergerakannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi