Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan dan Macamnya

Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan dan Macamnya – Tumbuhan dapat bergerak tanpa kita sadari dan tanpa kita perhatikan. Karena pergerakannya yang lambat jadi jarang sekali manusia memperhatikannya dan tapa di sadari telah bergerak.

Tumbuhan dapat bergerak dengan di pengaruhi oleh rangsangan tetapi adapula yang tidak memerlukan rangsangan. Gerakannya dapat kita amati setiap harinya dan ketika kita teliti dapat kita temukan pola pergerakannya.

Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan dan Macamnya

Gerakan tumbuhan nasti adalah salah satu gerakan tumbuhan. Pengertian gerakan tumbuhan ini akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Nasti

Nasti adalah suatu gerakan dari tumbuahan yang arah dari gerakannya tidak terpengaruh oleh rangsangan yang ada. Pergerakan tumbuhan ini di sebabkan oleh adanya pergerakan pada turgor yang terdapat di dalam jaringan yang berada di tulang daun. Pergerakan nasti pada tumbuhan ini terbagi menjadi 5 macam sesuai dengan kelompoknya.

Macam-Macam Gerakan Nasti

Gerakan nasti pada tumbuhan memiliki beberapa macam yang akan di jelaskan sebagai berikut :

1. Tigmonasti

Tigmonasti atau seismonasti adalah suatu gerakan nasti yang akan terjadi karena adanya rangsangan berupa sentuhan. Contoh dari gerakan nasti ini adalah ketika tanaman putri malu kita sentuh daunnya, maka sentuhan tersebut akan menghantarkan rangsangan ke dasar daun dan memberi perintah daun untuk menutup.

2. Niktinasti

Niktinasti adalah suatu gerakan nasti yang terjadi karena adanya pengeruh dari kondisi kegelapan. Contoh dari gerakan nasti ini adalah ketika malam hari daun-daun pada tanaman berfamily Leguminoceae pada sore hari, gerakan yang terjadi karena adanya perubahan tekanan turgor yang terdapat pada sel-sel penggerak tumbuhan tersebut.

3. Fotonasti

Fotonasti adalah suatu gerakan nasti yang terjadi karena adanya pengaruh rangsangan cahaya yang ada. Contoh dari gerakan nasti ini adalah ketika bunga yang mekar ketika jam empat pagi dan adapula bunga yang mekar ketika pukul sembilan pagi.

4. Termonasti

Termonasti adalah suatu gerakan nasti yang terjadi karena adanya rangsangan suhu yang di terima. Contoh dari gerakan nasti ini adalah mekarnya bunga tulip pada saat musim semi datang.

Pengertian Dan Macam Gerak Nasti Pada Tumbuhan Lengkap

5. Nasti Kompleks

Nasti Kompleks adalah suatu gerakan yang terjadi karena gabungan dari semua macam nasti seperti fotonasi, kemonasi dan hidronasti ketika mekanisme gerak dari stomata telah di pengaruhi oleh datangnya cahaya. Contoh dari gerkan nasti tersebut adalah proses membuka dan menutupnya stomata pada tumbuhan.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Gerak Nasti Pada Tumbuhan dan Macamnya yang telah di berikan oleh Seputar Pengetahuan. Tumbuhan dapat bergerak dengan sendirinya tanpa ada rangsangan yang di dapat terlebih dahulu. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi