√ Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda & Gejalanya (Lengkap)

Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda & Gejalanya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Menopause. Yang meliputi pengertian, penyebab, jenis, tanda dan gejala menopause dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda & Gejalanya (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Menopause

Menopause secara etimologi (bahasa) berasal dari bahasa Yunani, yang tersusun dari kata “Men” dan “Pausis” yang memiliki arti haid atu menstruasi. Hal ini adalah akhir proses biologis dari siklus menstruasi, disebabkan terjadinya perubahan hormon yakni penurunan produksi hormon estrogen yang dihasilkan oleh ovarium.

Penurunan hormon estrogen mengakibatkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, hal ini juga bisa dijadikan suatu petunjuk terjadinya menopause. Menopause didefinisikan sebagai haid terakhir, terjadinya menopause berkaitan denagn menarche atau pertama haid, makin dini menarche terjadi maka makin lambat atau lama menopause timbul (Mulyani, 2014)

Penyebab Menopause

Tubuh wanita mempunyai persendian sel telur atau ovum dengan jumlah yang terbatas dan masa menopause berlangsung ketika ovarium atau indung telur sudah kehabisa sel telur atau ovum hal ini mengakibatkan produksi hormon dalam tubuh terganggung yakni berhentinya produksi hormon seks wanita yang tidak lain adalah hormon estrogen dan progesteron.

Penurunan fungsi hormon dalam tubuh akan mengakibatkan adanya penurunan fungsi tubuh dan gejala-gejala menopause akan timbul dan terasa walaupun menstruasi masih datang. Ketika itu akan mulai terlihat adanya perubahan pada haid yang mungkin menjadi lebih lama atau lebih singkat dan jumlah darah menstruasi menjadi tidak konsisten yakni relatif menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

Jenis-Jenis Menopause

Menopause dibedakan menjadi tiga jenis, antara lain yaitu:

Menopause Prematur
Menopause prematur yaitu menopause yang terjadi dibawah usia 40 tahun. Menopause prematur memiliki tanda yaitu jika terjadi penghentian di masa menstruasi sebelumnya tepat di waktunya disertai dengan tanda hot flusches dan juga peningkatan kadar hormon gonadotropin.

Apabila tidak mengalami tanda-tanda, yang seperti disebutkan harus segera diberikan tindak lanjut kembali penyebab lain terganggu ovarium. Adapu sebab menopause prematur yaitu herediter, gangguan gizi yang cukup sulit, penyakit menahun yang mengakitbatkan kerusakan kedua ovarium.

Menopause Normal
Menopause normal yang alam dan jika terjadi di usia di akhir 40 tahun atau diawal 50 tahun.

Menopause Terlambat
Pada umumnya batas usia terjadinya adalah usia 52 tahun teapi jika ada seorang wanita yang mempunyai siklus menstuasi atau dalam arti masih mengalami menstruasi di usia 52 tahun.

Tanda dan Gejala Menopause

Menopause pada wanita terjadi dengan tanda atau gejala antara lain:

Perubahan Pola Menstuasi (Perdarahan)

Perdarahan merupakan keluarnya darah dari vagina, gejalan ini seringkali akan terlihat di awal permulaan masa menopause, perdarahan akan terlihat beberapa kali dalam rentan beberapa bulan dan pada akhirnya akan berhenti sama sekali.

Rasa Panas (Hot Flush)

Gejala ini dirasakan dimulai dari wajah hingga keseluruh tubuh. Selain terasa panas juga diikuti warna kemerahan di kuli dan berkeringat. Rasa panas akan mengusik pola tidur wanita menjadikan wanita dengan hot flushjes akan kekurangan tidur. Hot flush berlangsung selama 30 detik hingga 5 menit. Keluhan hot flushes akan menurun sesudah tubuh menyesuaiakan diri.

Keluar Keringan di Malam Hari

Keluar keringan di malam hari dikarenakan hot flushes. Seluruh wanita akan mengalami gejolak panas ini. Mungkin hanya terasa seolah-olah suhu meningkat secara tiba-tiba menjadikan muncul kemerahan dan juga keringat yang mengucur di seluruh tubuh. Rasa panas ini tidak akan membahayakan dan akan segera berlalu.

Kerutan Pada Vagina

Pada vagina akan terlihat ada perubahan yang terjadi di lapisan dinding vagina. Pada masa menopause vagina akan terlihat lebih kering dan kurang elastis. Hal ini disebabkan adanya penurunan hormon estrogen. Efek gejala ini makan akan muncul rasa sakit di saaat melakukan hubungan seksual.

Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda, Gejala

Gejala Gangguan Sistem Perkemihan

Kadar estrogen yang sedikit akan menimbulkan penipisan di jaringan kandung kemih dan salurah kemih. Hal ini akan mengakibatkan adanya penurunan kontrol dari kandung kemih menjadikan susah untuk menahan untuk buang air kencing.

Terdapatnya efek defisiensi atau penurunan kadar estrogen pada uretra dan kandung kemih berkaitan dengan sidromuretral yang terdiri dari frekuensi, urgensi dan disurea.

Gejala Gangguan Somatik

Pada masa menopause detak jantung akan berdebar lebih sering di saat merasakan kegelisahan, cemas, takut, khawatir, dan gerogi. Selain itu wanita menopause biasa merasa kesemutan di bagian tangan dan juga kaki.

Penurunan Libido

Penelitian mengatakan, wanita menopause akan berkurang keinginan seksualnya. Keringat malam bisa mengganggu tidur dan kekurangan tidur bisa menguranig energi yang lain, didalamnya juga aktivitas hubungan seksual.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda & Gejalanya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi