√ Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasinya

Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang deflasi. Penjelasan yang meliputi pengertian deflasi, jenis deflasi, penyebab deflasi, dampak dan cara mengatasi deflasi yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasinya

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Deflasi

Pengertian deflasi menurut Wikipedia adalah suatu periode di mana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah. Deflasi merupakan kebalikan dari inflasi, jika inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar.

Jenis-Jenis Deflasi atau Macam-Macam Deflasi

Berdasarkan proses terjadinya, deflasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Deflasi Strategis

    Deflasi strategis terjadi karena penerapan kebijakan pengotrolan terhadap gejala konsumsi berlebihan guna mengatasi kenaikan harga pasar.

  2. Deflasi Sirkulasi

    Deflasi Sirkulasi terjadi pada saat transisi dari kesuksesan perekonomian menjadi kemerosotan perekonomian. Karena akibat dari ketidaseimbangan antara daya produksi dan konsumsi, oleh sebab itu terjadi penurunan harga pasan dalam resesi ekonomi, akibat semakin kurangnya kebutuhan terhadap barang ekonomi yang berlebihan

Penyebab Deflasi

Deflasi dapat terjadi karena beberapa sebab berikut ini, antara lain:

  1. Menurunnya Jumlah Uang Yang Beredar Di Masyarakat

    Sedikitnya jumlah uang yang beredar di masyarakat menjadi penyebab pertama. Ini dapat terjadi karena banyak orang yang tergiur atas hasil yang besar atau bunga yang tinggi di Bank. Mereka memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menabungkan uangnya ke dalam Bank.

  2. Naiknya Jumlah Barang Di Pasar

    Produsen yang terus melakukan produksi tidak mempunyai orientasi atau perhitungan yang tepat, mereka menganggap jika jumlah permintaan masyarakat meningkat maka barang yang diminta banyak, hal ini memang benar. Kita harus memikirkan terlebih dulu apakah permintaan barang ini akan terus berjalan bahkan meningkat. Banyak produsen salah disini, sehingga ketika permintaan masyarakat akan barang turun mereka bingung karena masih banyak barang yang belum terjual, secara otomatis harga barang akan turun karena jumlahnya yang banyak sedangkan permintaan menurun.

  3. Permintaan Barang Menurun

    Seperti yang kita tahu, jika konsumen mempunyai sifat alami yang mudah bosan, jadi ketika sudah bosan dan tidak tertarik, maka permintaan barang akan menurun, selain itu konsumen lebih memilih uangnya di Bank dalam jangka panjang atau untuk menyiapkan masa depan. Secara otomatis permintaan barang akan mengalami penurunan yang besar.

Pengaruh Dan Akibat Deflasi

Beberapa pengaruh dan akibat terjadinya deflasi antara lain:

  • Dengan terjadinya deflasi maka jumlah uang yang beredar di masyarakat akan menurun dan ini akan berdampak pada suatu depresi besar. Selain itu deflasi juga akan membuat pasar investasi mengalami kekacauan.
  • Terjadinya deflasi akan memperlambat aktivitas perekonomian, karena dengan mengetahui penurunan harga ini konsumen akan menunda pembeliannya dan berharap harga barang tersebut turun.
  • Banyak pekerja yang di PHK dikarenakan pemilik usaha tidak memiliki uang ntuk membayar gaji karyawannya dengan sepinya permintaan barang.
  • Melemahnya kegiatan atau aktivitas perekonomian terutama di pihak investasi, akan ada banyak tantangan dan masalah yang menghadang karena hal tersebut sehingga tidak adanya efektivitas dari investasi yang berjalan.
  • Nilai suku bunga akan menurun akibat terjadinya deflasi ini.

Dampak Deflasi

  1. Dampak Positif
    • Untuk membiasakan hidup hemat bagi konsumen
    • Nilai mata uang akan menguat
    • Masyarakat memiliki kesadaran dalam menabung agar bisa memenuhi kebutuhan mereka.
  2. Dampak Negatif
    • Banyak yang kehilangan pekerjaan
    • Pemasukan negara atau devias akan berkurang karena pemungutan pajak tidak maksimal
    • Kegiatan perekonomian akan mengalami kemunduran/kemerosotan
    • Lesunya investasi di sektor riil ataupun di lantai bursa yang akan menambah berat ekonomi karena tidak ada aktivitas bisnis yang berjalan
    • Suku bunga suatu negara menjadi nol persen dan diikuti penurunan suku bunga pinjaman di Bank
    • Menurunnya produksi karena permintaan dan daya beli terhadap barang yang akan berdampak pada pengurangan tenaga kerja.
    • Kesempatan kerja akan berkurang

Pengertian Deflasi, Jenis Deflasi, Penyebab Deflasi, Dampak Dan Cara Mengatasi Deflasi

Cara Mengatasi Deflasi

Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi deflasi adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan Tingkat Suku Bunga

    Salah satu cara mengatasi terjadinya deflasi adalah menurunkan tingkat suku bunga. Tujuannya adalah untuk menambah uang yang beredar di masyarkat. Dengan cara ini maka masyarakat akan mengurungkan niatnya untuk menabung di Bank.

    Masyarakat akan memilih untuk memegang uangnya sendiri dengan itu maka niat atau keinginan untuk masyarakat untuk membeli barang akan meningkat.

  2. Menerapkan Kebijakan Moneter

    Selain cara diatas menerapkan kebijakan moneter juga dapat mengatasi masalah deflasi. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh Bank Sentral dengan tujuan untuk menambah jumlah uang yang beredar di masyarakat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adala politik diskonto yaitu kebijakan yang berbentuk menurunkan tingkat suku bunga yang ada dengan hal itu masyarakat akan menarik uangnya dari Bank.

  3. Menerapkan Kebijakan Fiskal

    Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi deflasi adalah kebijakan fiskal. Jika kebijakan moneter dilakukan oleh Bank Sentral maka kebijakan fiskal dilakukan oleh pemerintah.

  4. Menerapkan Kebijakan Non Moneter

    Cara ini sangat efektid dalam mengatasi masalah deflasi karena kebijakan ini terkandung beberapa langkah yang dapat menambah jumlah uang yang ada di masyarakat.

Demikianlah telah dijelaskan Pengertian Deflasi, Jenis, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasinya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi