√ Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala & Faktor Penyebab (Lengkap)

Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala & Faktor Penyebab (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Gastritis. Yang meliputi pengertian, tanda dan gejala serta faktor penyebab penyakit gastritis dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala & Faktor Penyebab (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Gastritis

Gastritis merupakan suatu peradangan atau pendarahan pada mukosa lambung yang penyebabnya oleh faktor iritasi, infeksi dan ketidakteraturan dalam pola makan, seperti telat makan, makan terlalu banyak, cepat, makan makanan yang terlalu banyak bumbu dan pedas. Hal ini yang bisa mengakibatkan munculnya gastritis.

Pengertian Gastritis Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari gastritis menurut ahlinya.

1. Suyono (2001)

Pengertian gastritis menurut Suyono adalah proses inflamasi pada lapisan mukosa dan submukosa lambung, yang berkembang bila mekanisme protektif mukosa dipenuhi dengan bakteri atau bahan iritan lain.

2. Mansjoer (2004)

Pengertian gastritis menurut Masjoer adalah inflamasi dari mukosa lambung. Lebih lengkapnya gastritis adalah inflamasi pada lapisan mukosa dan submukosa lambung dan dapat dibuktikan dengan adanya infiltrasi sel-sel radang.

3. Silvia A. Price (2005)

Pengertian gastritis menurut Silvia A. Price adalah suatu peradangan mukosa lambung yang dapat bersifat akut, kronik atau lokal.

4. Suzanne C. Smeltzer (2001)

Pengertian gastritis menurut Suzanne C. Smeltzer adalah inflamasi mukosa lambung yang diakibatkan oleh diet yang tidak teratur dan terkontrol. Gastritis atau peradangan pada lambung merupakan gangguan yang biasa terjadi dengan karakteristik terdapat anoreksia, rasa penuh dan tidak enak pada epigastrium, mual dan muntah.

5. Brunner dan Suddarth (2000)

Pengertian gastritis menurut Brunner dan Suddarth adalah suatu peradangan mukosa lambung paling sering diakibatkan oleh ketidakteraturan diet, misalnya makan terlalu banyak dan cepat atau makan makanan yang terlalu berbumbu atau terinfeksi oleh penyebab yang lain seperti alkohol, aspirin, refluks empedu atau terapi radiasi.

Tanda dan Gejala Gastritis

Tanda dan gejalan penyakit gastritis antara lain:

Tanda dan Gejala Gastritis Akut

Menurut Sari, K, Muttaqin. A (2011) Pada anamnesis seringkali didapatkan keluhan abdomen yang tidak jelas seperti mual, muntah dan anoreksia menjadikan mengakibatkan pemenuhan kebutuhan nutrisi harian berkurang intake nutrisi tidak adekuat, kehilangan cairan dan elektrolit.

Pada beberapa orang diperoleh keluhan yang lebih berat misalnya nyeri epigastrium, muntah, perdarahan, dan hematemesi yang menimbulkan manifestasi kecemasan secara individu.

Tanda dan Gejala Gastritis Kronis

Menurut Inayah (2004) adapun gejala dan tanda gastritis kronis yaitu:

  • Gastritis sel plasma
  • Penyakit miniere
  • Nyeri yang menetap pada daerah epigastrium
  • Nausea sampai muntah empedu
  • Dyspepsia
  • Anoreksia
  • Berat badan turun
  • Keluhan berkaitan denagn anemia

Faktor Penyebab Terjadinya Gastritis

Sedangkan faktor yang menyebabkan terjadinya gastritis antara lain:

Frekuensi Makan
Frekuensi makan merupakan jumlah makan dalam sehari-hari baik kualitatif dan kuantitatif. Secara alamiah makanan diolah dalam tubuh dengan cara melalui alat-alat pencernaan mulai dari mulit hingga usus halus. Lama makanan pada lambung tergantung dari sifat dan jenis maknaan.

Apabila rata-rata, umumnya lambung kosong antara 3-4 jam, maka jadwal makan ini juga menyesuaikan dengan kosongnya lambung (Oktaviani, 2011)

Jenis Makanan
Mengkonsumsi makanan pedas dengan berlebihan akan merangsang sistem pencernaan, utamanya pada lambung dan usus untuk berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan rasa panan dan nyeri di ulu hati yang dibarengi dengan mual dan muntah.

Gejala itu membuat penderita tidak bernafsu untuk makan. Apabila kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas lebih dari satu kali dalam seminggu selama minimal 6 bulan dibiarkan dengan terus-menerus bisa mengakibatkan iritasi di lambung pada lambung yang dinamakan dengan gastritis.

Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala, Faktor Penyebab

Stress
Produksi asam lambung akan meningkat di kondisi stress, seperti pada beban kerja berat, panik dan tergesa-gesa. Kadar asam lambung yang tinggi bisa membuat iritasi mukosa lambung dan jika hal ini dibiarkan, maka semakin lama bisa menyebabkan terjadinya gastritis. Untuk beberapa orang, kondisi stress umunya tidak bisa dihindari. Untuk itu, maka kuncinya adalah mengendalikannya secara efektif dengan cara melakukan diet sesuai dengan kebutuhan nutrisi, istirahat cukup, olahraga teratur dan relaksasi yang cukup. Friscaan (2010)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Gastritis, Tanda, Gejala & Faktor Penyebab (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi