√ Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber dan Macamnya (Lengkap)

Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber dan Macamnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Emosi. Yang meliputi pengertian, fungsi, sumber dan macam-macam emosi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber dan Macamnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian emosi terlebih dahulu.

Pengertian Emosi

Secara bahasa (etimologi) emosi bersumber dari bahasa Latin yakni “Movere” yang artinya menggerakkan, bergerak. Kemudian ditambah awalan e- menjadi “emovere” yang artiknya bergerak menjauh.

Definisi emosi yaitu perasaan yang intens yang diperlihatkan kepada seseorang atau sesuatu. Dan juga emosi diartikan sebagai reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi bisa ditunjukkan ketika merasa senang kepada sesuatu, marah kepada seseorang atau takut terhadap sesuatu.

Emosi juga diartikan sebagai sebuah gejalan psiko-fisiologis yang memunculkan efek terhadap persepsi, sikap ataupun tingkah laku dan dikeluarkan dalam bentuk ekspresi tertentu.

Mayer menyatakan, orang lebih mengarah untuk mengikuti gaya-gaya khas dalam menangani dan mengatasi emosi mereka yakni dengan sadar diri, tenggelam dalam permasalahan dan pasrah.

Dengan melihat kondisi tersebut maka sangatlah penting untuk masing-masing individu mempunyai kecerdasan emosional supaya menjadikan hidup lebih berarti dan tidak menjadikan hidup yang saat ini berjalan menjadi sia-sia.

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari emosi menurut ahlinya.

1. Daniel Goleman

Definisi emosi menurut Daniel Goleman adalah setiap kegiatan atau pergolakan perasaan, pikiran, nafsu, seitp keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Ia menyatakan emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dari serangkaian kecenderungan untuk bertindak.

2. Chaplin

Definisi emosi menurut Chaplin adalah suatu keadaan yang merangsang dari organisme yang mencakup perubahan-perubahan yang disadari yang sifatnya mendalam dari perubahan perilaku tersebut.

3. Soergada Poerbakawatja

Definisi emosi menurut Soergada Poerbakawatja adalah respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus. Respons demikian terjadi baik terhadap perasaan-perasaan eksternal maupun internal.

4. Prawitasari (1995)

Definisi emosi menurut Prawitasari adalah berhubungan dengan perubnahan fisiologis dan berbagai piiran. Sehingga, emosi adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi uga dapat mengganggu perilaku intensional manusia.

5. Daniel Goleman

Definisi emosi menurut Daniel Goleman adalah setidaknya ada ratusan emosi bersama dengan variasi, campuran, mutasi dan nuasanya sehingga makna yang dikandungnya lebih banyak, lebih kompleks, dan lebih halus dari pada kata dan pengertian yang digunakan untuk menjelaskan emosi.

Fungsi Emosi

Charles Darwin mengemukakan dalam bukunya yang mempunyai Judul “The Expression of the Emotions in Man and Animal. Emosi mengalami perkembangan seiring waktu yang berfungsi untuk membantu manusia dalam menyelesaikan masalah.

Emosi sangat bermanfaat karena memotivasi orang untuk ikut serta dalam perbuatan supaya bisa bertahan hidup, perbuatan tersebut antara lain seperti mengumpulkan makanan, mencari tempat berlindung, memilih pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa dan melakukan prediksi perilaku. Emosi sangat berpengaruh kepada perbuatan manusia dan manusia lain.

Aspek Emosi

Adapun aspek aspek emosi antara lain:

Biologi Emosi

Seluruh emosi bersumber dari ssitem limbik otak yang ukurannya sekitar sebesar kacang walnut dan berada di batang otak. Orang-orang cenderung merasa bahagia pada saat sistem limbik mereka secara relatif tidak aktif.

Intensitas

Setiap orang memberikan respon yang tidak sama terhadap rangsangan pemico emosi yang sama. Dalam beberapa kasus kepribadian menjadi penyebab perbedaan tersebut.

Frekuensi dan Durasi

Suksesnya pemenuhan tuntutan emosional seorang karyawan dari suatu pekerjaan tidak hanya tergantung dari emosi-emosi yang harus ditunjukkan dan intensistasnya juga pada seberapa sering.

Rasionalitas dan Emosi

Emosi merupakan penting terhadap pemikiran yang rasional sebab emosi memberikan informasi penting tentang pemahaman terhadap dunia sekitar.

Sumber-Sumber Emosi

Emosi atau suasana hati bisa bersumber dari beberapa hal yakni sebagai berikut:

  • Kepribadian
  • Hari dalam Seminggu dan waktu dalam sehari
  • Kualitas tidur
  • Aktivitas sosial
  • Olahraga
  • Stress
  • Usia
  • Gender

Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber, Macam

Macam-Macam Emosi

Pada umumnya, emosi dikategorikan menjadi dua bentuk yakni Emosi Positif dan Emosi Negatif.

Emosi Positif
Emosi positif merupakan pengekspresian suatu evaluasi atau perasaan yang menguntungkan, seperti bahagia, senang, ceria, damai, rasa syukur

Emosi Negatif
Emosi negatif artinya menunjukkan ekspresi suatu evaluasi atau perasaan merugikan, seperti sedih, menangis, marah, kecewa, benti dan lain sebagianya.

Decrates menyatakan, emosi dibagi menjadi beberapa macam atau jenis, yakni:

  • Desire (Hasrat)
  • Hate (Benci)
  • Sorrow (Sedih/Duka)
  • Wonder (Heran)
  • Love (Cinta)
  • Joy (Kegembiraan)

Sedangkan JB Watson, membagi emosi dalam tiga macam, yaitu:

  • Fear (Ketakutan)
  • Rage (Kemarahan)
  • Love (Cinta)

Dan Daniel Goleman (2002:14) juga mengklasifikasikan emosi dalam beberapa jenis, yakni antara lain;

  • Amarah: Seperti beringas, benci, jengkel, kesal hati
  • Kesedihan: Pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihi diri, putus asa.
  • Rasa takut: Cemas, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri.
  • Kenikmatan: Bahagia, gembira, riang, puas, senang, terhibur, bangga
  • Cinta: Penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, hormat dan kemesraan.
  • Terkejut: Terkasima, terkejut
  • Jengkel: Hina, jijik, muak, mual, tidak suka
  • Malu: Malu hati, kesal

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Emosi, Fungsi, Aspek, Sumber dan Macamnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi