√ Pengertian Opini Publik, Ciri, Karakteristik & Tahap Pembentukannya

Pengertian Opini Publik, Ciri, Karakteristik & Tahap Pembentukannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang opini publik. Yang meliputi pengertian opini publik, ciri-ciri opini publik, karakteristik opini publik dan tahap pembentukan opini publik yang dibahas dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Opini Publik, Ciri, Karakteristik & Tahap Pembentukannya

Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Opini Publik

Menurut Etimology (ilmu tentang asal kata), Opini publik adalah terjemahan dari kosa kata bahasa Inggris Public Opinion. Dilihat dari sudut asal katanya “Etymology” Public Opinion asalnya dari bahasa Latin “Opinari dan Publicus”. Yang mana Opinary adalah berfikir atau menduga, didalam bahasa Inggris juga mengandung arti option dan hope yang berasal dari bahasa latin “optio”, sedangkan publicus memiliki arti milik masyarakat luas.

Pengertian Opini Publik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari opini publik menurut ahlinya.

1. Edward M dalam How Public Opinion Is Formed

Pengertian opini publik menurut Edward M adalah tidak selalu logis, opini publik tidak berbentuk, ambivalen, ontradiktif, mudah berubah. Konsekuensinya opini publik dipengaruhi hanya bisa berharap bahwa usaha mereka dari waktu ke waktu menunjukkan consensus terhadap persepsi yang masuk akan terhadap isu yang berkembang.

2. Leornardo W. Dood dalam Soemirat (2004)

Pengertian opini publik menurut Leonardo W. Dood adalah sikap orang-orang mengenai sesuatu persoalan dimana mereka merupakan anggota dari sebuah masyarakat yang sama

3. George L. Bird dan Frederick E. Merwin

Pengertian opini publik menurut George L. Bird dan Frederick E. Merwin dalam buku The Press and Society, pendapat Cycle L. King dalam tulisannya Public Opinion a Manifestation of the Social Mind adalah penilaian sosial “social judgedment” mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran fikiran yang dilakukan individu-individu dengan sadar dan rasionil.

4. Frazier Moore (2004)

Pengertian opini publik menurut Frazier Moore adalah ungkapan keyakinan yang menjadi pegangan bersama diantara para anggota sebuah kelompok atau public, mengenai suatu masalah kontroversial yang menyangkut kepentingan umum.

5. William G. Summer

Pengertian opini publik menurut William G. Summer adalah kekuatan yang ada dalam masyarakat. Yang mana kekuatan tersebut bukan berasal dari pendapat peroangan, tetapi norma atau mitos yang ada dalam masyarakat. Pengertian ini menerangkan jika suatu pendapat dianut oleh banyak orang, maka diasumsikan jika pendapat tersebut benar.

6. Wikipedia

Pengertian opini publik menurut Wikipedia adalah pendapat kelompok masyarakat atau sintesis dari pendapat dan diperoleh dari suatu diskusi sosial dari pihak-pihak yang memiliki kaitan kepentingan.

7. William Albiq

Pengertian opini publik menurut William Albiq adalah suatu jumlah dari pendapat individu-individu yang diperoleh melalui perdebatan dan opini merupakan hasil interaksi antar individu dalm suatu publik.

8. Emory S. Bogardus dalam The Making of Public Opinion

Pengertian opini publik menurut Emory S. Bogardus adalah hasil pengintegrasian pendapat berdasarkan diskusi dalam masyarakat demokratis.

9. Djoenasih S. Soenarjo

Pengertian opini publik menurut Djoenasih S. Soenarjo adalah pendapat umum

10. D. Irish dan James W. Protho (dalam Effendy, 2002)

Pengertian opini publik menurut D. Irish dan James W. Protho adalah ekspresi mengenai sikap persoalan masyarakat. Pengertian tersebut meliputi tiga aspek, ekspresi, persoalan/isu, dan kemasyarakatan.

11. Nugroho (2004)

Pengertian opini publik menurut Nugroho menyatakan jika suatu opini publik yang dianggap kompeten atau dapat memenuhi syarat opini publik dalam arti khusus, apabila ada fakta yang dijadikan tolak ukur perumusan opini publik, yakni adanya unsur penelitian baik dan buruk dari masyarakat, menyangkut sebuah isu yang ada didalam kehidupan bersama, bersifat rasional, syarat-syarat sebagai opini publik dalam arti khas tersebut bisa ditinjau dari fakta, nilai-nilai dan kompetensinya.

12. Cutlit dan Center (1958)

Pengertian opini publik menurut Cutlit dan Center adalah the term public opinion is a slippery one. Out ability to measure it is greather than our ability to define or manipulate it. Although the concept originated in the…, century, it still has not been defined satisfactorilly. Public Opinion is difficult to describe, elusive to define, hard to measure, impossible to see.

13. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian opini publik menurut KBBI adalah pendapat umum; pendapat sebagian besar rakyat.

14. Hennesy

Pengertian opini publik menurut Hennesy adalah kompleksitas keyakinan yang diungkapkan oleh sejumlah orang-orang tentang suatu persoalan mengenai kepentingan umum.

15. Clyde dalam Sumarno (1990:19)

Pengertian opini publik menurut Clyde adalah penilaian sosial mengenai suatu masalah yang penting dan berarti, berdasarkan proses pertukaran-pertukaran yang sadar dan rasional oleh khalayaknya

Ciri-ciri Opini Publik

  • Ada isi, arah, dan intensitas tentang opini publik, ciri ini berkaitan opini publik terhadap tokoh politik partai dan pemimpin-pemimpin yang menduduki jabatan publik
  • Kontroversi menandai opini publik; artinya sesuatu yang tidak disetujui semua rakyat
  • Opini publik memiliki volume berdasarkan kenyataaan bahwa kontroversi ini menyentuh semua orang yang merasakan konsekuensi langsung dan tidak langsung.
  • kita tidak dapat mengatakan seberapa lama opini publik itu, tetapi opini publik yang menghasilkan kontroversi sering bertahan lebih lama, seperti dalam kampanye pemilihan umum dan lain sebagainya.

Karakteristik Opini Publik

Opini publik menjadi wakil kesepakatan yang diawali dengan sikap orang-orang tentang isu yang masih menjadi tanda tanya. Menurut Seitel dalam Soemirat dan Ardianto (2004) menerangkan bahwa sikap didasarkan pada jumlah karakteristik, antara lain:

  • Individu secara fisik emosional suatu individu termasuk kondisi, usia dan status sosial
  • Culture, lingkungan dan gaya hidup dalam area geografis tertentu, mislanya orang jepang berbeda dengan orang Amerika atau orang desa di Amerika
  • Pendidikan tingkat dan kualitas pendidikan seseorang
  • Family “people’s roof” atau semacam akar rumput seseorang
  • Religi suatu sistem kepercayaan terhadap tugan dan supranatural
  • Tingkat sosial posisi didalam masyarakat, perubahan status sosial yang dimiliki individu
  • Ras, asal etnik atau suku

Pengertian Opini Publik, Ciri-Ciri, Karakteristik, Tahap Pembentukan

Tahap Pembentukan Opini Publik

Opini publik tidak ada dengan begitu saja, menurut Ferdinan Tonnies, proses atau tahapan pembentukan opini atau proses pembentukan opini publik adalah sebagai berikut:

  • Die Liftarigen Position
    Opini publik masih didalam keadan yang tidak teratur
  • Die Fleissigen Position
    Opini telah mulai menuju ke arah pembicaraan yang lebih detail, pendapat mulai berkumpul ke arah tertentu dan jelas
  • Die Festigen Position
    Opini berada di tahap pembicaraan atau diskusi yang sudah mantap tentang suatu pendapat dan sikap yang diyakini keberadaannya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Opini Publik, Ciri, Karakteristik & Tahap Pembentukannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untun membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi