√ Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Apa yang ada dalam benak anda mendengar kata tabungan? mmh uang? simpanan? Ya, kurang lebih seperti itu. Saat ini hampir semua orang memilikinya, baik dari kalangan atas, menengah maupun kalangan bawah, artinya hampir disemua kalangan memilikinya. Apa sih tabungan tersebut? Mari simak penjelasannya.

Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Tabungan

Menurut UU Perbankan No.10 Tahun 1998 tabungan adalah simpanan yang pada penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Tabungan merupakan media penyimpanan uang yang sangat disukai oleh seluruh lapisan masyarakat. Bank adalah tempat penyimpanan tabungan kita, masyarakat menggunakan fasilitas bank tersebut karena keamanan tabungan mereka lebih terjamin disana.

Simpanan tabungan merupakan salah satu bentuk penyimpanan uang yang sangat efektif karena jenis penyimpanannya dapat dibuka dengan persyaratan dan ketentuan yang sangat sederhana dan mudah.

Syarat Pembuatan Rekening Tabungan

Jika kita belum mempunyai tabungan di Bank, kita bisa membuatnya di Bank dengan syarat tertentu. Masing-masing Bank mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda, tapi pada umumnya semua Bank mempunyai persyaratan yang sama.

Biasanya masyarakat yang ingin membuka rekening tabungan baru harus melengkapi beberapa persyaratan, yakni dengan menyerahkan beberapa berkas identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor, Kartu Keluarga dan data identitas diri lainnya. Selain itu, masing-masing Bank juga mempunyai persyaratan setoran awal pembukaan rekening dengan jumlah nominal yang berbeda-beda dan saldo minimal yang harus disisihkan di dalam rekening tabungan.

Baca Juga:  √ Pengertian Piutang Dagang, Jenis dan Masalah Akuntansi Lengkap

Pada zaman sekarang banyak Bank yang melakukan beberapa inovasi dengan berbagai macam jenis dimana jenis tabungan tersebut mempunyai keunggulan tersendiri.

Beberapa contoh tabungan yang banyak digunakan oleh Bank adalah:

1. Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) adalah bentuk tabungan yang tidak terikat oleh jangka waktu dengan syarat penyetoran dan pengambilan, jenis tabungan ini pertama kali diatur pada tahun 1971. Tabanas tersebut terdiri dari:

  • Tabanas Umum yaitu tabanas yang berlaku bagi perorangan yang dilaksanakan secara individu oleh penabung yang bersangkutan.
  • Tabanas Pemuda, Pelajar dan Pramuka (Tappelpram) adalah tabanas khusus yang dilaksanakan secara kolektif melalui organisasi pemuda, sekolah dan satuan pramuka yang pertama kalinya diatur dalam piagam-piagam kerja sama antara Bank Indonesia dan departemen PDK serta Departemen Dalam Negeri dan antara Bank Indonesia dan Kwarnas Pramuka, pada tanggal 22 Februari 1974.
  • Tabungan Pegawai adalah tabanas khusus para pegawai dari semua golongan kepangkatan di lingkungan Departemen/Lembaga/Instansi Pemerintah dan Perusahaan Pemerintah maupun Swasta yang pelaksanaan penyetorannya dilakukan secara kolektif.

2. Taska, adalah bentuk tabungan yang dikaitkan dengan asuransi jiwa, yang pertama kali diatur tahun 1971.

3. Tabungan ONH, merupakan setoran ongkos naik haji atas nama calon jemaah haji untuk setiap musim haji yang bersangkutan. Besarnya setoran dimuka berdasarkan prinsip diskonto untuk setiap musim haji, ditetapkan pertama kali oleh Keppres pada tahun 1969.

4. Tabungan lainnya, merupakan tabungan selain Tabanas dan Taska, misalnya tabungan dari pegawai bank sendiri yang bukan Tabanas dan Taska atau tabungan masyarakat pada bank-bank lain yang bukan penyelenggara Tabanas ataupun Taska.

Baca Juga:  √ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap

Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli Lengkap & Jelas

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menabung di Bank

Buku tabungan (Butab) adalah sebuah buku kecil yang merupakan salah satu bukti bahwa nasabah tersebut ialah nasabah penabung di bank tertentu. Setiap nasabah tabungan akan diberikan buku tabungan, yaitu buku yang menggambarkan mutasi setoran, penarikan dan juga saldo atas setiap transaksi yang terjadi.

Slip penarikan yaitu sebuah kertas kecil atau form yang disediakan oleh pihak Bank untuk para nasabah yang ingin melakukan penarikan atau penyetoran tabungan. Dalam slip penarikan tersebut tertera beberapa kolom antara lain kolom no. rekening, nama pemilik rekening dan juga jumlah nominal penarikan ataupun penyetoran. Setelah semua diisi lengkap dengan tandatangan lalu diserahkan kepada petugas Bank beserta buku tabungan tersebut yang nantinya akan di proses oleh teller.

ATM merupakan sebuah mesin yang berperan penting dalam proses penarikan tunai, pembayaran ataupun transfer antar Bank. Hampir semua Bank memberikan fasilitas ATM kepada masyarakat. Karenanya mesin tersebut tersedia di tempat-tempat umum ataupun tempat keramaian agar masyarakat dapat dengan mudah melakukan jenis-jenis pembayaran.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai Pengertian Tabungan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.

4.8
16