Daftar 5 Generator Favicon Terbaik 2023

seputarpengetahuan.co.idGenerator Favicon – Saat menjelajah online, Anda memiliki banyak tab yang terbuka saat mengobrol di Facebook, membaca berita terbaru, dan bekerja. Apa yang membantu Anda langsung mengenali situs web tertentu dan dengan cepat beralih di antara tab ini? Jawabannya adalah Favicon.

Favicon adalah ikon kecil yang mewakili situs web di tab browser, bilah navigasi, daftar bookmark, dan riwayat penelusuran. “F” dalam persegi panjang biru di Facebook, gambar amplop di Gmail, dan “Q” merah di Quora semuanya adalah favicon.

Jika Anda sedang membangun situs web dan mencari cara untuk meningkatkan branding online Anda, membuat favicon adalah salah satu keputusan terbaik Anda.

Anda mungkin berpikir semua ini hebat, tetapi saya tidak memiliki keahlian desain grafis untuk membuat favicon khusus untuk situs web saya. Untungnya, Anda tidak membutuhkannya. Karena Anda dapat menggunakan generator favicon untuk menyelesaikan pekerjaan.

Artikel ini menjelaskan secara detail apa itu favicon dan memberikan daftar 10 generator favicon terbaik. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menautkan hal-hal seperti logo, nama, dan gambar bisnis Anda ke favicon situs web Anda.

Apa itu Favicon?

Favicon adalah grafik kecil yang biasanya ditampilkan di bagian atas browser internet Anda. Gambar ditempatkan dalam file bernama “favicon.ico” yang dimiliki oleh direktori root situs web. Ini membantu browser internet Anda mengetahui gambar mana yang akan ditampilkan di sebelah nama situs web.

Karena ukurannya yang kecil, favicon berfungsi paling baik sebagai gambar sederhana yang ditata untuk melengkapi tema situs web Anda. Inilah kami:

Sebagian besar browser web desktop menggunakan gambar 16×16 piksel untuk favicon. Namun, tidak jarang beberapa browser dan sistem manajemen konten meminta versi 32×32 atau 48×48 atau 512 x512.

Ini karena favicon tidak hanya digunakan di tab browser. Itu juga muncul saat pengunjung mem-bookmark situs web Anda atau menyimpan pintasan ke layar beranda seluler mereka. Dalam kasus ini, pengunjung akan melihat versi favicon yang berskala baik, bukan varian berskala 16×16. Jadi, tidak ada ukuran terbaik untuk favicon.

Secara tradisional, sebagian besar browser menampilkan favicon dalam format .ico. Namun, saat ini sebagian besar juga menerima format file .gif dan .png.

10 Pilihan Generator Favicon Online Terbaik

Setelah mengetahui apa itu Favicon, saatnya membuat favicon untuk website Anda. Untungnya, ada beberapa generator favicon yang dapat membantu Anda membuat ikon yang dipersonalisasi untuk situs web Anda.

RealFaviconGenerator.net

Generator Favicon Online Terbaik

Ramah pengguna dan intuitif, generator favicon ini memungkinkan Anda membuat ikon khusus dalam hitungan menit. Cukup kirimkan gambar .svg, .jpg, atau .png berukuran 260×260 dan alat akan melakukan sisanya.

RealFaviconGenerator.net memungkinkan Anda menghasilkan gambar favicon untuk Mac dan browser desktop, perangkat Android, tablet Windows 8, iPad/iPhone, dan lainnya.

Anda juga dapat memeriksa bentuk ikon yang ada dengan generator favicon ini. Masukkan alamat situs web atau URL Anda di bidang kosong dan klik tombol “Periksa Favicon” untuk menerima laporan tentang bagaimana ikon Anda muncul di berbagai masalah.

Jika Anda memiliki masalah, Anda dapat dengan mudah menyelesaikannya menggunakan rekomendasi yang diberikan. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas merek secara keseluruhan.

Parvic Omatic

Favic-o-Matic adalah generator favicon serbaguna yang menawarkan dua jenis rendisi. Anda dapat membuat ikon untuk semua platform secara gratis, atau membuat file .ico berukuran 32×32 dan 16×16 piksel.

Generator juga memiliki banyak pengaturan lanjutan. Misalnya, Anda dapat mengatur ukuran favicon menggunakan opsi Metro Tiles. Anda juga dapat memilih warna latar tertentu dan memasukkan URL umpan RSS.

Setelah mengonfigurasi pengaturan, yang harus Anda lakukan adalah mengunggah gambar Anda dan menunggu hasilnya. Alat online juga menyediakan kode HTML yang diperlukan untuk mengunggah favicon ke situs web Anda.

Favicon.cc

Alat ini adalah pembuat dan pembuat favicon. Anda dapat mengimpor grafik dari logo siap pakai untuk mendesain favicon atau menggunakannya untuk mendesain ikon dari awal.

Anda juga dapat mengubah rona klik, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan warna tertentu sebelumnya. Alat ini dapat menginspirasi Anda dengan menampilkan favicon terbaru dan berperingkat teratas yang dibuat oleh pengguna lain.

Favicon.cc juga memungkinkan Anda membuat favicon animasi. Anda dapat memublikasikan ikon-ikon ini di bawah lisensi Creative Commons (CC). Anda juga dapat mengunduh ikon dalam format file .ico dan menampilkannya di bilah alamat browser internet apa pun.

Favicon-Generator.org

Favicon-Generator hadir dengan perpustakaan lengkap favicon pra-desain yang dapat Anda gunakan di situs web Anda. Anda dapat mencari berbagai ikon berdasarkan warna, teks, atau kata kunci.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengunggah grafik Anda sendiri dalam format .jpg, .gif atau .png dan mengonversinya menjadi file .ico. Generator favicon ini memungkinkan Anda membuat ikon untuk web serta aplikasi Microsoft, iOS, dan Android.

Meskipun tidak menyediakan banyak cara untuk mengedit ikon, Favicon-Generator menghasilkan HTML yang diperlukan agar favicon ditampilkan di situs web Anda.

Xiconeditor.com

Xiconeditor adalah alat luar biasa untuk digunakan jika Anda mencari cara cepat dan mudah untuk membuat favicon online. Muncul dengan alat pensil, alat kuas, alat ketik, penghapus, dan banyak fitur lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat ikon Anda sendiri.

Jika Anda tidak ingin memulai dari awal, Anda dapat mengunggah gambar yang Anda sukai dan memangkasnya sendiri di generator. Anda bahkan dapat mempratinjau desain Anda sebelum mengunduhnya, sehingga Anda tahu persis bagaimana tampilannya di browser web.

Alat ini juga memungkinkan Anda mengutak-atik toleransi, pengaturan alfa, dan warna. Ketika Anda puas dengan hasilnya, yang harus Anda lakukan hanyalah mempratinjau gambar favicon dan mengekspornya ke format file .ico.

Daftar Isi