Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia (Pembahasan Lengkap)

Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia (Pembahasan Lengkap)ย โ€“ Impian dari semua orang yang ada di dunia ini adalah sebuah kedamaian dan kesejahteraan. Untuk dapat mewujudkan itu di perlukan suatu kepedulian dan kesadaran untuk dapat bergabung dan berjuang bersama.

Tetapi sifat manusia pada umumnya yaitu adalah keserakahan, kebencian, dendam dan amarah membuat semua impian dan cita-cita untuk dapat hidup dengan damai sulit di wujudkan. Bahkan sampai saat ini masih ada yang berusaha mengambil alih daerah kekuasaan dengan segala cara.

Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia (Pembahasan Lengkap)

Cara yang di tempuh beragam dan peperangan pun tidak dapat di hindari lagi. Peperangan tidak hanya merugikan semua pihak tetapi bagi pasukan yang ikut berperang juga rakyat yang tidak bersalah. Peperangan terdahsyat dunia terjadi hingga dua kali dan akibat yang di hasilkan bagi dunia pun banyak sekali. Untuk dapat dampak yang di akibatkan akan di jelaskan di bawah ini.

Akibat Perang Dunia II

Perang dunia ke II terjadi dan berlangsung pada tahun 1939 sampai 1945. Akibat terjadinya perang tersebut terjadi di bidang politik ekonomi, kerohanian, dan sosial bagi negara-negara yang ada di dunia. Akibat dari perang dunia ke II telah terbagi menjadi 4 bidang yaitu Bidang Kerohanian, Bidang Politik, Bidang Sosial , Dan Bidang Ekonomi.

Untuk dapat lebih jelasnya akan di jabarkan sebagai berikut:

1. Bidang Kerohanian

Setiap manusia yang ada di dunia ini menginginkan sebuah perdamaian. Upaya yang di lakukan untuk mencapai kedamaian itu sendiri dengan membentuk suatu lembaga perdamaian. Untuk dapat menyudahi penderitaan yang tak kunjung usai maka penduduk dunia menginginkan adanya lembaga yang dapat menjaga perdamaian dunia yang setelah Liga Bangsa-Bangsa telah dibubarkan. Perdamaian dunia di harapkan terwujud setelah di dirikannya UNO atau United Nations Organization atau yang sering di sebut dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

2. Bidang politik

Dari perang ini mengakibatkan bidang politik yang berlangsung sebagai berikut

  1. Amerika Serikat dan Rusia merupakan pemenang dari perang dunia II dan selanjutnya negara tersebut enjadi negara adikuasa atau raksasa.
  2. Munculnya politik kawanan atau aliansi yang mulai terbentuk berdasakan kepentingan keamanan bersama, contoh dari bentuk aliansi tersebut adalah SEATO, NATO, dan METO.
  3. Nasionalisme yang ada di Asia mulai berkobar dan menimbulkan negara-negara merdeka seperti negara Indonesia (17 Agustus 1945), India dan Pakistan Dominion (15 Agustus 1947), Birma (4 Januari 1948), Filipina (4 Juli 1946), India merdeka penuh (26 Januari 1950), dan Ceylon Dominion (4 Februari 1948).
  4. Terjadinya perebutan pengaruh yang terjadi antara Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet) dan menyebabkan perang dingin.
  5. Munculnya politik yang dapat memecah belah negara yaitu:
    a. Jerman menjadi dua bagian, Jerman Barat dan Jerman Timur.
    b. India menjadi dua bagian, India dan Pakistan.
    c. Indo-Cina menjadi tiga bagian, Laos, Indo-Cina, dan Kamboja.
    d. Korea menjadi dua bagian, Korea Utara dan Korea Selatan.

Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia Lengkap

3. Bidang Sosial

PBB membentuk United Nations Relif Rehabilitation Administration (UNRRA) yang di harap dapat membantu penduduk yang menjadi korban dari perang dunia II. UNRRA memiliki tugas sebagai berikut:

  1. Mendirikan rumah sakit,
  2. Memberi makan orang yang terdampar,
  3. Mengerjakan kembali tanah yang telah rusak,
  4. Mengurus pengungsi serta keluarganya.

4. Bidang Ekonomi

Perang dunia II telah menghancurkan perekonomian dunia terecuali Amerika Serikat. Amerika Serikat menjadi Pusat Kekayaan dan merupakan kreditur bagi dunia. Bentuk dari pengaruh bagi negara lain adalah dengan melaksanakan program. Program yang di laksanakan Amerika Serikat adalah Marshall Plan (1947), Truman Doctrine (1947), Point Four Truman dan Colombo Plan.

Sekianlah penjelasan mengenai Akibat Perang Dunia II Bagi Dunia (Pembahasan Lengkap)ย yang telah di jelaskan oleh Seputar Pengetahuan. Perang dunia II adalah peperangan yang sangat merugikan bagi negara dan penduduk yang ikut terlibat di dalamnya dan menyebabkan banyak sekali akibat yang tersebar di seluruh dunia. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Baca juga:

Daftar Isi