32 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

32 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Globalisasi adalah proses penyebaran unsur-unsur baru khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronika. Secara terbatas, globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan dibidang komunikasi dunia. Misalnya, informasi dibelahan dunia dapat diketahui dengan cepat oleh masyarakat dibelahan dunia lain. Ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertian globalisasi, antara lain:

32 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas lengkap mengenai apa itu pengertian dari globalisasi.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan pengertian dari globalisasi yang dikemukakan oleh para ahli dari hasil riset serta pengalamannya.

1. Laurence E. Rotenberg

Menurut pendapat dari beliau Globalisasi merupakan percepatan serta intensifikasi interaksi dan juga integrasi antara orang-orang, perusahaan, serta pemerintah dari negara yang berbeda.

2. Selo Soemardjan

Selo Soemardjan berpendapat bahwa Globalisasi merupakan proses terbentuknya dari sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat yang ada di seluruh dunia. Tujuan dari globalisasi yatu untuk mengikuti sistem serta kaidah-kaidah tertentu yang sama seperti terbentuknya PBB,OKI

3. Informasiana

Globasisasi disini bisa diartikan sebagai suatu proses yang mana batas-batas dalam suatu negara menjadi lebih sempit sebab terdapat kemudahan dalam berinteraksi antar negara baik itu dalam perdagangan, gaya hidup, informasi atau pada bentuk interaksi.

4. Scholte

Scholte mengartikan Globalisasi yaitu sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini dari masing- masing negara akan tetap mempertahankan identitasnya,akan tetapi menjadi semakin tergantung satu sama lain.

5. Scholte

Globalisasi juga diartikan  dengan semakin diturunkan batas antar negara, misalnya seperto [ada hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, atau migrasi.

6. Scholte

Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.

7. Leonor Briones

Demokrasi tak hanya pada bidang perniagaan serta ekonomi akan juga mencakup globalisasi institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia, serta dalam pergerakan wanita.

8. Steger

Globalisasi merupakan kondisi sosial yang mana ditandai dengan terdapat interkoneksi ekonomi, politik, budaya, serta lingkungan global dan arus yang mana membuat banyak dari perbatasan saat ini sudah ada dan batas-batas yang tidak relevan.

9. Anthony Giddens (1989)

Globalisasi merupakan suatu proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia yang mana dinamakan dengan globalisasi. Ditandai dengan adanya kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri serta masyarakat dunia ketiga (yang mana pernah dijajah Barat serta mayoritas hidup dari pertanian).

10. Emanuel Ritcher

Menurut pendapat dari Emanuel ritcher Globalisasi merupakan suatau jaringan kerja global yang dilakukan secara bersamaan untuk menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar serta terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

11. Beerkens

Keterkaitan seluruh dunia antara negara dan bangsa yang dilengkapi dengan adanya globalisasi sebagai sebuah proses yang mana pengaturan sosial dasar (misalnya seperti kekuasaan, budaya, nilai, pasar, politik, norma, hak, identitas, ideologi, kewarganegaraan, dan juga solidaritas) menjadi disembedded dari spasial merekakonteks (terutama negara-bangsa) sebab ,massification percepatan, difusi flexibilisation, serta perluasan arus transnasional produk, orang, gambar serta informasi keuangan

12. Tom G. Palmer

Menurut pendapat dari palmer Globalisasi sebagai penyusutan maupun penghapusan negara yang diberlakukan pembatasan pertukaran lintas batas serta sistem global yang mana semakin terintegrasi serta semakain kompleks produksi dan pertukaran yang sudah muncul sebagai akibat.

13. Lucian W. Pye

Globalisasi pendapat dari lucian yaitu sebagai sebuah gejala dalam tersebarnya nilai-nilai serta budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga hal ini dapat menjadi budaya dunia atau worldculture).

14. Takis Fotopoulos

Menurut pendapat dari Takis Fotopoulus Globalisasi ekonomi diartikan sebagai pembukaan serta deregulasi pasar komoditas, modal serta tenaga kerja yang mana dapat menyebabkan globalisasi neoliberalini. “globalisasi politik ” yang mana munculnya elit transnasional serta keluar pentahapan dari negara dan bangsa. “globalisasi budaya” yang merupakan homogenisasi budaya yang ada di seluruh dunia.

15. Joseph Stiglitz

Pengertian Globalisasi menueur pendapat dari Joseph Stiglitz merupakan bentuk dari integrasi lebih dekat dari negara dan penduduk dunia yang dibawa oleh pengurangan besar biaya transportasi serta komunikasi, dan dipatahkannya rintangan buatan pada arus barang, modal, jasa, pengetahuan, serta orang yang ada seluruh perbatasan.

16. Thomas L. Friedman

Menueur thomas Globlisasi mempunyai dimensi ideology serta teknlogi. Dimensi teknologi merupakan sebuah bentyuk kapitalisme serta pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi merupakan sebuah bentuk teknologi informasi yang sudah menyatukan dunia.

17. Merriam Webster Dictionary

Globalisasi yaitu suatu perkembangan ekonomi global yang mana semakin terintegrasi yang ditandai terlebih lagi oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas, serta menekan lebih murah dalam pasar tenaga kerja asing.

18. Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan

Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab,kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

19. Malcom Waters

Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.

20. Anthony Giddens

Globalisasi sebagai ‘intensifikasi hubungan sosial seluruh dunia yang menghubungkan daerah yang jauh dalam sedemikian rupa sehingga kejadian lokal dibentuk oleh peristiwa yang terjadi bermil-mil jauhnya atau sebaliknya’.

21. Peter Drucker

Menyebutkan globalisasi yaitu sebagai zaman transformasi sosial.

22. International Monetary Found (IMF)

Globalisasi disisi ditunjukan dengan adanya peningkatan kesalingtergantungan pada ekonomi antara negara-negara di dunia yang mana di tandai meningkat serta beragamnya volume transaksi barang serta jasa di lintas negara dan penyebaran teknologi secara meluas dan cepat.

23. Prof. Dr. Mubyarto

Beliau menyatakan pendapatnya bawha Globalisasi memiliki dua pengertian: pertama, yaitu sebagai deskripsi atau definisi, yang merupakan proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar runggal; kedua, sebagai “obat kuat” yang menjadikan ekonomi lebih efisien serta lebih sehat menuju kemajuan di masyarakat dunia.

24. Martin Albrowrn

Menurut penpdapat dari Martin Albrowrn Globalisasi disini menyangkut seluruh proses yang mana penduduk dunia terhubung pada komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

25. A.G. Mc Grew

Ia menjelaskan bahwa Globalisasi ini mengacu pada keseberagaman hubungan serta saling berterkaitan antara negara serta masyarakat yang membentuk sistem dunia yang modern. Globalisasi ini merupakan proses sebagai mana berbagai peristiwa, keputusan serta kegiatan yanga da di belahan dunia yang satu bisa membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu serta masyarakat yang ada di belahan dunia yang lain.

26. R. Robertson

Menurut pendapat dari Robertson Globalisasi merupakan suatu proses mengecilnya dunia serta meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan serta kesadaran global akan dunia yang mana menyatu di abad ke-20.

27. Bank Dunia

Bank Dunia menjelaskan bahwa Globalisasi merupakan suatu kebebasan serta kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang- orang yang ada di negara-negara lain.

28. Wikipedia Encyclopedia Indonesia

Dikutip dari Wikipedia Encyclopedia Indonesia Globalisasi merupakan sebuah istilah yang mana dipakai untuk menjelaskan perubahan-perubahan pada masyarakat dalam perekonomian dunia yang mana dihasilkan dari meningkat pesatnya perdagangan serta pertukaran kebudayaan. Dalarn arti ekonomi, globalisasi ini mengacu terutama dalam liberalisasi perdagangan bebas.

29. Agung Feriyanto

Menurut pendapatnya Globalisasi diartikan sebagai sebuah proses dari terintegrasinya bangsa-bangsa yang ada di dunia dalam sebuah sistem global yang mana melintasi batas-batas dari negara.

30. Achmad Suparman

Beliau menjelsakan bahwa Globalisasi merupakan suatu proses dalam menjadikan benda maupun perilaku sebagai penanda atau ciri-ciri pada setiap individu yang ada dunia ini tanpa dibatasi oleh suatu wilayah.

31. Edison A. Jamli dkk

Pengertian menurut pendapatnya yaitu Globalisasi merupakan sebuah proses yang mana hal ini muncul dari sebuah gagasan, yang selanjutnya ditawarkan suapay diikuti oleh bangsa lain yang mana pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik kesepakatan bersama sehingga menjadi panutan bersama untuk bangsa-bangsa yang ada di seluruh dunia.

5 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Lengkap

32. John Huckle

Pengertian Globalisasi menurut pendapat dari John Huckle ialah suatu proses dengan kejadian, kegiatan serta keputusan pada salah satu belahan dunia yang berubah sehingga menjadi suatu konsekuensi yang signifikan pada seluruh masyarakat pada daerah yang jauh sekalipun.

Globalisasi yaitu suatu gejala yang terbentuknya dari sistem organisasi serta komunikasi yang mana mengikuti sistem nilai kaidah yang sama antara masyarakat yang ada diseluruh dunia sebab terdapat kemajuan transportasi serta komunikasi sehingga dapat memperlancar interaksi antarwarga dunia.

Kemajuan teknologi komunikasi serta transportasi yang akan mempercepat proses dari golbalisasi. Dalam bidang komunikasi, sudah tercipta berbagai macam jenis alat komunikasi yang mana dapat mendukung serta memperlancar untuk berkomunikasi tanpa adanya halangan batas waktu dan jarak.

Inilah ulasan tentang 32 Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang dilengkapi dengan penjelasan-penjelasan yang matang, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.