43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata kepemimpinan, didalam kehidupan kita sehari-hari kadang kita tidak menyadari bahwa segala sesuatu ada hubungannya dengan kepemimpinan.

Didalam rumah kita sendiri saja sudah ada seorang pemimpin, yang merupakan sesok ayah atau suami yang menjadi kepala rumah tangga. Ayah atau suami merupakan di kepala rumah tangga didalam rumah kita yang mana merupakan pemimpin bagi keluarga yang ada dalam rumah tersebut.

Diluar rumah kepemimpinan sudah pasti banyak diterapkan, yang mana seperti contoh di sekolah, rumah sakit, pemerintah daerah (PemDa), sebuah instansi atau perusahaan. Didalam sebuah lembaga tentu selalu ada yang namanya struktur anggota dimana selalu ada seorang pemimpin atau ketua, sebab dalam sebuah lembaga atau organisasi harus juga memerlukan pemimpin untuk mengatur segala kegiatan atau  yang betanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.

43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Nah disini akan kami bahas mengenai apa itu kepimimpinan, berikut merupakan beberapa penjelasan para ahli tentang  pengertian kepemimpinan.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Berikut akan dijelaskan apa saja arti dari kepemimpinan menurut para ahli yang sudah terpercaya

1. William G. Scott (1962)

Kepemimpinan menurut pendapatnya yaitu seutu proses yang mempengaruhi aktifitas yang diorganisir pada suatu kelompok dalam usahanya agar dapat mencapai suatu tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan.

2. F. A. Nigro (1965)

Inti dari kepemimpinan yaitu yang dapat mempengaruhi aktifitas orang lain.

3. F. I. Munson “The Management of Man”

Kepemimpinan yaitu sebagai kemampuan dalam mengatasi orang-orang yang sedemikian rupa supaya dapat mencapai hasil yang sebesar-besarnya yang mana kemungkinan pergesekan yang sekecil-kecilnya dan sebesar mungkin dengan terjalinnya kerja sama.

4. Ordway Tead (1929)

Kepemimpinan merupakan sebagai penggabungan perangai yang mana membuat seseorang yang mungkin bisa untuk mendorong beberapa pihak lain agar dapat menyelesaikan pekerjaannya.

5. Hemhill dan Coon (1995)

Kepemimpinan yaitu suatau  sikap dari seorang individu yang memimpin dengan berbagai kegiatan pada suatu kelompok menuju pada tujuan yang ingin dicapai secara bersama-sama.

6. Rauch dan Behling (1984)

Kepemimpinan yaitu suatu proses yang mana dapat mempengaruhi kegiatan-kegiatan pada suatu kelompok yang diorganisasi yang menuju kearah pencapaian sebuah tujuan.

7. Kartini Kartono (1994:48)

Kepemimpinan memiliki karakter yang khas, spesifik, diperlukan pada satu situasi tertentu. Karena didalam sebuah kelompok yang melakukan kegiatan tertentu serta mempunyau sebuah tujuan dan juga berbagai macam peralatan yang khusus. Pemimpin sebuah kelompok dengan ciri-ciri yang karakteristik yang merupakan fungsi dari situasi tertentu.

8. Tannenbaum, Weschler dan Massarik (1961)

Kepemimpinan sendiri meupakan sebuah pengaruh antar pribadi, yang mana hal ini dijalankan pada keadaan tertentu, dan juga diarahkan melalui proses komunikasi, menuju arah pencapaian satu tujuan tertentu atau lebih.

9. P. Pigors (1935)

Kepemimpinan menurutr pendapatnya ialah sebuah proses dorong mendorong melalui keberhasilan pada sebuah interaksi terhadap berbagai perbedaan individu, mengontrol daya seseorang dengan mengejar tujuan bersama.

10. George R. Terry

Ia menjelaskan bahwa kepemimpinan yaitu suatu hubungan yang terdapat pada diri seseorang atau pemimpin serta dapat mempengaruhi orang lain supaya mau bekerja dengan sadar pada hubungan tugas supaya dapat tercapainya sebuah tujuan yang diinginkan.

11. Stephen J. Carrol dan Henry L. Tosj (1977)

Kepemimpinan merupakan seuatu proses untuk mempengaruhi orang lain dalam mengerjakan apa yang anda kehendaki dari mereka dalam mengerjakannya.

12. Theo Haiman dan William G. Scott

Kepemimpinan menurut pendapat meraka yakni suatu proses dari beberapa orang diarahkan, dipimpin, serta dipengaruhi pada sebuah pemilihan dan juga pencapaian sebuah tujuan.

13. Duben (1954)

Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan para pemegang kekuasaan dan juga pembuat suatu keputusan.

14. Reed (1976)

Kepimpinan menurut reed ialah suatu cara untuk mempengaruhi perilaku seseorang supaya perjuangan bisa dilakukan dengan mengikuti kehendak dari seorang pemimpin.

15. G. L. Feman dan E. K. Taylor (1950)

Kepemimpinan yaitu suatu kemampuan dalam menciptakan aktifitas pada sebuah kelompok untuk mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektifitas yang maksimal serta kerjasama dari tiap individu.

16. James M. Black (1961)

Kepemimpinan menuerut beilau yakni seuatu kemampuan yang mampu untuk meyakinkan orang lain supaya mau untuk bekerjasama dibawah pimpinannya sehingga menjadi kesatuan dari tim agar dapat mencapai suatu tujuan tertentu.

17. P. Pigors “Ledearship and Domination”

Kepemimpinan menurut meraka yakni suatu proses dorong-mendorong dengan mengontrol daya manusia untuk mengejar tujuan bersama, lewat interaksi yang mana dapat berhasil dari bermacam-macam pada perbedaan individual.

18. C. Schenk “Leadership”: Infantry Journal. 1928

Kepemimpinan yakni manajemen dalam mengenal seseorang dengan jalan persuasi serta inspirasi dan bukan melalui pengarahan atau semacamnya, atau bahkan paksaan, ancaman yang terselubung.

19. H. Kootz & O’ Donnel “Principles of Management”

Kepemimpinan yakni suatu aktifitas mempersuasi orang supaya mau untuk bekerjasama pada suatu pencapaian dengan tujuan bersama.

20. Ralph M. Stogdill dalam Sutarto (1998b:13)

Kepemimpinan ialah suatu proses dalam mempengaruhi kegiatan-kegiatan sekelompok orang yang mana terorganisasi pada usaha mereka untuk menetapkan dan mencapai tujuan

21. Sutarto (1998b:25)

Kepemimpinan menurut sutarto yakni rangkaian kegiatan penataan yang berupa kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain pada situasi tertentu supaya bersedia untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan

22. Stoner

Kepemimpinan menurut pendapat daru stoner ialah suatu proses tentang pengarahan serta usaha dalam mempengaruhi kegiatan yang mana ada hubungannya dengan anggota kelompok

23. Hemhiel dan Coons (1957:7)

Kepemimpinan merupakan sebuah perilaku dari seorang individu yang memimpin sebuab aktivitas-aktivitas dalam suatu kelompok dalam tujuan yang akan dicapai bersama (shared goal)

24. Jacobs dan Jacques (1990:281)

Kepemimpinan menurut mereka merupakan sebuah proses memberi arti kapada usaha kolektif, serta dapat mengakibatkan kesediaan dalam melakukan usaha yang sedang diinginkan untuk mencapai sasaran

25. Wahjosumidjo (1987:11)

Kepemimpinan sendiri hakikatnya merupakan suatu yang melekat dalam diri seorang pemimpin yang sifatnya tertentu seperti: kepribadian (personality), kemampuan (ability) dan kesanggupan (capability). Kepemimpinan juga merupakan sebagai rangkaian dalam kegiatan (activity) pemimpin yang tidak bisa dipisahkan dalam kedudukan (posisi) dan juga gaya maupun perilaku pemimpin. Kepemimpinan ialah suatu proses antar hubungan maupun interaksi antara pemimpin, pengikut, dan situasi

26. Koontz Dan O’donnel

Mereka menjelaskan bahwa kepemimpinan merupakan sebagai proses untuk mempengaruhi sekelompok orang sehingga mau untuk bekerja dengan sungguh-sungguh agar dapat meraih tujuan kelompoknya.

27. Wexley & Yuki (1977)

Kepemimpinan dapat arti sebagai mempengaruhi orang lain agar lebih berusaha dalam mengarahkan tenaga, pada tugasnya atau merubah tingkah laku mereka.

28. Georger R. Terry

Kepemimpinan merupakan suatu kegiatan yang mempengaruhi orang-orang agar bersedia untuk berusaha mencapai tujuan bersama. Pendapat lain, mengenai kepemimpinan yakni suatu proses dalam berbagai cara untuk mempengaruhi orang atau sekelompok orang.

29. Fiedler (1967)

Kepemimpinan menurut Fiedler yaiatu suatu pola hubungan antara individu-individu yang mana memakai wewenang serta pengaruhnya pada kelompok orang supaya bekerja bersama-sama dalam mencapai tujuan.

30. John Pfiffner

Kepemimpinan menurut John Pfiffner aialah suatu kemampuan dalam mengkoordinasikan serta memotivasi orang-orang atau kelompok agar dapat mencapai tujuan yang di kehendaki.

31. Davis (1977)

Kepemimpinan menurut davis ialah suatu kemampuan dalam mengajak orang lain agar dapat mencapai tujuan yang sebelumnya telah ditentukan dengan penuh semangat.

32. Ott (1996)

Kepemimpinan yakni sebagai dari proses hubungan antar pribadi yang mana di dalamnya terdapat seseorang mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan khususnya dalam perilaku orang lain.

33. Locke et.al. (1991)

Kepemimpinan yaitu suatu proses dalam membujuk orang lain untukdalam mengambil langkah yang menuju suatu sasaran bersama Dari kelima definisi ini, para ahli terdapat pula yang meninjau dari sudut pandang terhadap pola hubungan, kemampuan mengkoordinasi, memotivasi, kemampuan mengajak, membujuk serta untuk mempengaruhi orang lain.

34. Tead, Terry, Hoyt (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan menurut merka ialah suatu kegiatan atau seni yang mana dapat mempengaruhi orang lain supaya mau untuk bekerjasama yang mana didasari dalam kemampuan orang itu dalam membimbing orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok tersebut.

35. Young (dalam Kartono, 2003)

Kepemimpinan yaitu sebuah bentuk dominasi yang mana didasari atasdari kemampuan pribadi yang sanggup untuk mendorong atau mengajak orang lain agar mau berbuat sesuatu yang mana didasari atas penerimaan oleh kelompoknya, serta mempunyau keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.

36. Moejiono (2002)

Leadership tersebut sebenarnya merupakan sebagai akibat dari pengaruh satu arah, sebab pemimpin mungkin mempunyai kualitas-kualitas tertentu yang mana dengan membedakan dirinya dengan pengikutnya. Para ahli teori sukarela (compliance induction theorist) cenderung memandang bahwa leadership ini merupakan sebagai pemaksaan atau pendesakan pengaruh yang mana dilakukan secara tidak langsung danserta sebagai sarana dalam membentuk kelompok yang sesuai dengan keinginan pemimpin.

37. Katz & Kahn (1978)

Kepemimpinan yakni peningkatan pengaruh sedikit demi sedikit, serta berada daru kepatuhan mekanis dalam pengarahan-pengarahan rutin organisasi.

38. Dr. Thomas Gordon

Kepemimpinan disini bisa diartikan sebagai suatu interaksi daru seseorang dengan kelompok, tepatnya antara seorang dengan anggota kelompok yang mana setiap peserta didalam ini berinteraksi memainkan peranan serta dengan cara-cara tertentu peranan ini harus dipilah-pilahkan atas sesuatu dengan yang lain. Dasar pemilihan ini ialah soal pengaruh, pemimpin yang mana mempengaruhi dan orang lain yang dipengaruhi.

19 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli Lengkap

39. G U. Cleeton dan C.W Mason (1934)

Menurut pendapat mereka kepemimpinan ini menunjukan atas kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang-orang serta untuk mencapai hasil lewat himbauan emosional serta hal ini lebih baik daripada dengan penggunaan kekuasaan

40. Locke & Associates (1997)

Kepemimpinan juga bisa diartikan sebagai proses membujuk (inducing) orang-orang lain dalam mengambil langkah dengan menuju sasaran bersama.

41. John W. Gardner (1990)

Kepimpinan yaitu sebagai proses untuk Pemujukan yang mana individu-individu meransang kumpulannya untuk meneruskan objektif yang telah ditetapkan oleh pemimpin danserta dikongsi bersama oleh pemimpin serta pengikut yang lainnya.

42. R.K. Merton “ The Social Nature of Leadership”, American Journal of Nuns, 1969

Kepemimpinan menurut beliau merupakan sebagai dari suatu hubungan antar pribadi yang mana pihak lain mengadakan penyesuaian sebab mereka berkeinginan untuk itu, bukannya dikarenakan mereka ingin harus berbuat demikian.

43. Wikipedia

Dikutip dari wikipedia yang menjelaskanb bahwa kepemimpinan merupakan suatu proses dalam memengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin untuk pengikutnya dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai 43 Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) yang bisa anda pahami, semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂