20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Secara umum modernisasi adalah suatu perubahan masyarakat dalam seluruh aspeknya dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern. Namun ada beberapa ahli yang mendefinisikan modernisasi dengan versinya masing-masing.

20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian modernisasi dengan seksama.

Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini adalah definisi dari modernisasai menurut ahlinya.

1. Koentjaraningrat

Menurut pendapat dari Koentjaraningrat Modernisasi yaitu suatu usaha untuk hidup yang sesuai dengan zaman serta konstelasi duni sekarang.

2. Soerjono Soekanto

Menurut pendapat dari Soerjono Soekanto Modernisasi yakni bentuk dari perubahan sosial. Pada umumnya modernisasi yakni perubahan sosial yang terarah (directed change) yang didasarkan dalam suatu perencanaan (social palnning).

3. Wijoyo Nitisastro

Menurut pendapat dari Wijoyo Nitisastro Modernisasi ialah proses mengenai transformasi total terhadap kehidupan bersama yang bersifat tradisional (pramodern) dalam arti teknologi suatu organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomi serta politis.

4. Abdul Syam

Menurut pendapat dari Abdul Syam Modernisasi yaitu proses transformasi dari suatu perubahan ke arah yang lebih maju serta meningkat dalam berbagai aspek yang ada pada kehidupan masyarakat.

5. Astrid S. Susanto

Menurut pendapat dari Astrid S. Susanto Modernisasi merupakan proses pembangunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan menjadi lebih kemajuan.

6. Wibert E. Moore

Menurut pendapat dari Wibert E. Moore Modernisasi yakni transformasi total terhadap kehidupan bersama yang mana dalam bidang teknologi serta organisasi sosial dari yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara Barat yang sebelumnya telah stabil.

7. Ougburn dan Nimkoff

Menurut pendapat dari Ougburn dan Nimkoff Modernisasi yaitu usaha guna mengarahkan masyarakat supaya bisa memproyeksikan diri terhadap masa depan yang nyata yang bukan hanya sebatas angan-angan semu.

8. Schoorl

Menurut pendapat dari Schoorl Modernisasi yaitu suatu penggantian teknik dalam produksi dari cara-cara tradisional ke arah cara-cara yang tertampung dalam pengertian Revolusi Industri.

9. Alex Thio

Menurut pendapat dari Alex Thio Modernisasi yaitu bentuk perubahan sosial yang mana berupa perubahan masyarakat pertanian yang menjadi masyarakat yang kearah industri.

10. Harold Rosenberg

Menurut pendapat dari Harold Rosenberg Modernisasi yaitu suatu tradisi baru yang mengacu dalam urbanisasi atau sampai sejauh mana serta bagaimana cara mengikis sifat-sifat pedesaan dalam suatu masyarakat yang sedang berlangsung.

11. R. Soekmono

Menurut pendapat dari R. Soekmono Modern yait dimana zaman yang coraknya ditentukan oleh pengaruh-pengaruh dari Eropa Barat

12. Diderot

Menurut pendapat dari Diderot Modern yaitu dimana kehadiran manusia yang menaruh kepentingan diatas makhluk lain

13. Alvin Hadiwono

Menurut pendapat dari Modern Alvin Hadiwono adalah era puncak kebudayaan inderawi.

14. Ahmad Baso

Menurut pendapat dari Ahmad Baso Modern ialah fenomena yang akhirnya akan membawa kita dalam musnahnya perbedaan dasar antara ruang privat serta ruang publik yang merupakan tenggelamnya keduanya.

15. Giddens

(Dalam George Ritzer, 2004:553-557) ia mendefinisikan mengenai modernitas dilihat dari 4 dimensi mendasar diantaranya yaitu :

  • Kapitalisme, sebagai mana ditandai oleh adanya produksi komoditi, pemilikan pribadi atas modal, serta tenaga kerja tanpa property, dan sistem kelas yang asalnya dari ciri-ciri tersebut,
  • Industrialisme (proses-proses produksi yang ada pada industri) yang mana melibatkan penggunaan sumberdaya alam serta mesin dalam memproduksi barang. Industralisme yang tidak terbatas dalam tempat berkerja saja serta dalam industrialisme juga mempengaruhi sederetan lingkungan lain seperti transportasi, komunikasi, dan bahkan kehidupan yang ada dirumah tangga,
  • Kemampuan pengawasan (surveilance capacity), yang mengacu dalam pengawasan atas aktivitas warga negara yang individual dalam bidang politik contohnya seperti CCTV, trafic camera, satelite,
  • Kekuatan militer atau dalam pengendalian atas alat-alat untuk kekerasan, yang mana adalah politik pemerintah dalam mengambil alih semua instrumen kekerasan, ini dilakukahn dengan tujuan supaya masyarakat sipil tidak boleh menggunakan kekerasan kecuali pemerintah, termasuk dalam industrialisasi peralatan perang.

16. Wilbert E Moore

Menurut pendapat dari Wilbert E Moore Modernisasi yaitu suatu transformasi total co-eksistensi tradisional atau pra-modern yang mana termasuk dalam hal teknologi serta organisasi sosial pada pola ekonomi dan politik yang menjadi ciri negara-negara barat yang stabil.

17. Menurut JW School

Menurut pendapat dari Menurut JW School Modernisasi yakni suatu transformasi, perubahan terhadap masyarakat terdapat dalam segala aspek. Teori modernisasi sendiri menggambarkan tentang proses transformasi terhadap masyarakat tradisional ke masyarakat modern atau mundur.

18. Johan Willem Schoorl

Menurut pendapat dari Johan Willem Schoorl Modernisasi yaitu suatu penerapan dalam pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, di bidang kehidupan, serta aspek yang ada pada masyarakat.

19. Arbi Sanit

Menurut pendapat dari Arbi Sanit Modernisasi ialah proses dalam terjadinya pada suatu perubahan yang ada dalam setiap lini kehidupan seseorang yang awalnya dari tradisional yang bisa mengarah dalam kehidupan yang modern.

20. Neil Smelser

Menurut pendapat dari Neil Smelser Modernisasi akan selalu melibatkan konsep diferensiasi struktural. Dengan tahap modernisasi, ketidak teraturan yang terdapat pada struktur masyarakat yang melakukan fungsi yang berbeda ketika sama akan dibagi menjadi substruktur guna menjalankan fungsi yang lebih khusus.

10 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli

Faktor yang mempengaruhi modernisasi

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi modernisasi diantaranya:

  • Terdapat penemuan, serta perkembangan, dan penguasaan dalam bidang ilmu pengetahuan dan juga teknologi.
  •  Adanya perkembangan pada bidang politik serta ideologi (demokratisasi).
  • Kemajuan dalam bidang perekonomian dengan adanya penerapan sistem efisiensi yang produktivit.
  • Perkembangan dalam bidang pelaksanaan keimanan serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa.•
  • Memajukan di bidang industri serta sektor pertanian.
  • Terciptanya stabilitas nasional supaya hidup menjadiu tentram, aman dan juga damai.

Agar modernisasi dapat berjalan dengan lancar perlu dukungan kebudayaan dari masyarakat. Kebudayaan dakam suatu masyarakat bisa menjadi pendorong sekaligus sebagai penghambat proses modernisasi. Maka dari itu, sikap mental serta nilai budaya dalam suatu masyarakat sangat menentukan diterima atau ditolaknya terhadap suatu perubahan atau modernisasi. Sikap mental yang bisa menjadi pendorong dalam proses modernisasi diantaranya yaitu rajin, tepat waktu dan berani mengambil resiko.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam modernisasi adalah sbb:

  • Selama hidupnya setia masyrakat pasti pernah mengalami perubahan. Bagi masyarakat yang bersangkutan atau orang luar yang menelaah, perubahan bisa menjadi menarik maupun tidak menarik, bisa terbatas mauun tidak terbatas, bahkan bisa lambat maupun cepat.
  • Perubahan yang ada dalam masyarakat bisa berupa nilai sosial, pola perilaku, organisasi, susunan, lembaga kemasyarakatan, serta lapisan yang adadalam masyarakat, kekuasaan, wewenang maupun interaksi sosial.
  • Sebab bidang yang sedang mengalami perubahan pada masyarakat sangat luas, peneliti dalam membuat uraian mengenai perubahan yang ada dalam masyarakat harus menentukan secara tegas perubahan tentang hal yang dimaksud.
  • Banyak daru ahli sosiologi yang mencurahkan perhatian terhadap masalah perubahan sosial serta kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Hal tersebut uang menjadikan masalah tersebut bisa lebih penting dalam hubungannya dengan pembangunan ekonomi.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 20 Pengertian Modernisasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah pengetahuan anda, terimakasih.

Daftar Isi