Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya – Pengertian dari akhlakul karimah adalah akhlak yang baik atau terpuji. Semua manusia pasti memiliki akhlak ketika hidup di dunia. Akhlakul karimah atau akhlak mulia atau sikap terpuji merupakan sikap yang baik menurut ajaran agama Islam.

Bagi seseorang yang akhlaknya baik akan selalu disenangi oleh sesamanya, bahkan jika ia melihat seseorang berperilaku sesuai dengan ajaran Islam sudah pasti baik dimata Allah. Dan suatu saat mereka akan masuk surga bersama Nabi Muhammad SAW, seperti yang tertuang dalam Hadist Nabi Muhammad sebagai berikut:

“Sesungguhnya orang yang paling kucintai di antara kamu dan orang yang paling dekat denganku di Hari Kebangkitan adalah orang yang paling berbudi luhur di antara kamu.”

Hal ini juga tercermin dari kondisi kita saat ini. Dengan melihat kondisi suatu bangsa atau negara, maka bisa dikatakan berjaya apabila warganya terdiri dari orang-orang yang berakhlak mulia atau berbudi luhur.

Di sisi lain, jika warganya memiliki karakter yang buruk, maka bangsa dan negaranya akan rusak. Karena suatu bangsa dikenal akhlaknya (budi pekertinya) jika pikirannya telah runtuh maka bangsa tersebut juga akan runtuh.

Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya

Mari kita bahas dengan jelas apa itu akhalkul karimah, ciri, jenis-jenis akhlak, beserta contohnya pada pembahasan dibawah ini:

Pengertian Akhlak

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai Akhlakul Karimah Alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari akhlak. Secara etimologis akhlaq berasal adri kata Al-Huluq, Akhalak memiliki arti tebiat, budi pekerti, dan kebisaan. Secara istilah akhlak memilikki arti perbuatan yang mudah tanpa melalui pertimbangan atau penelitian.

Kata akhlak berasal dari kata khalaqa yang berarti peristiwa, wujud, ciptaan, tampilan, tingkah laku,yang sekilas hanya berkonosasi lahiriah, padahal akhlak meliputi batin (dalam) maupun jasmani. Karena sikap batin termasuk dalam materi akhalak, jadi boleh saja seseorang yang tutur katanya santun, perilakunya santun, tetapi ia tidak memiliki berakhlak mulia karena bisa demikian karena ingin mendapatkan pujian atau malah di konteks menipu.

Oleh karena ityu akhlak tidak dapat di identikkan dengan : Budi pekerti, etika, kesopanan karena hanya terbatas dengan hal-hal yang lahiriah saja, selain itu hanya berkaitan dengan hubungan sosial antar manusia, sedangkan akhlak meliputi:

  1. Hubbungan manusia dengan dirinya
  2.  Hubungan manusia degan Allah SWT.
  3. Hubungan dengan sesama manusia
  4. Hubungan manusia dengan alam sekitarnya

Pengertian Akhlakul Karimah

Istilah akhlak berasal dari bahasa Arab yang berarti budi pekerti, temperamen, tingkah laku atau budi pekerti, dan kebiasaan. Sedangkan Karimah berarti luhur, terpuji, baik. Jadi yang dimaksud dengan akhlaqul karimah adalah akhlak atau akhlak yang luhur. Akhlak memiliki tujuan agar setiap orang berperilaku atau berkarakter sesuai dengan adat istiadat yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam.

Ada prinsip moral yang perlu kita ketahui sebagai orang beragama. Dimana dalam Islam dasar atau alat ukur yang menyatakan bahwa akhlak seseorang baik dan buruk adalah Al Quran dan As Sunnah.

Apa yang baik menurut Al Quran dan As Sunnah itulah yang baik untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Di sisi lain, apa yang buruk menurut Al Quran dan As Sunnah berarti tidak baik dan harus dihindari.

Jenis-jenis Akhlak

Untuk dapat mengetahui apa dan bagaimana memiliki karakter dan sikap akhlak. Di bawah ini adalah beberapa jenis akhlak yang perlu kita ketahui. Adapun jenis akhlak tersebut terbagi menjadi dua, yaitu (1) akhlak akhlakul karimah atau mahampang, dan (2) akhlak madhmumah atau akhlak tercela.

Adapun apa yang termasuk dalam jenis moralitas atau moralitas terpuji, di antaranya adalah:

  • Berbakti kepada orang tua
  • Sopan terhadap guru
  • Bersikap baik kepada saudara
  • Berbuat baik kepada tetangganya
  • Melakukan perbuatan Suka menolong kepada orang lain
  • Cinta kepada Allah
  • Melakukan perbuatan baik dan menjauhi larangan karena Allah
  • Cinta dan taat kepada Rosul
  • Menyayangi orang yang lemah
  • Memelihara dan menyantuni binatang
  • Memelihara dan menyantuni tumbuh-tumbuhan
  • Melakukan perbuatan yang benar
  • Berani
  • Menjaga amanah
  • Menepati janji
  • Sabar
  • Pemaaf
  • Pemurah
  • Ikhlas
  • Hidup sederhana
  • Selalu bersyukur kepada Allah
  • Bertawakal
  • Memiliki rasa Malu

Itu adalah contoh sikap akhlakul karimah. Sementara itu, berikut beberapa contoh moralitas yang tercela. Adapun yang merupakan kebalikan dari akhlakul karimah antara lain:

  1. Dengki
  2. Dendam
  3. Mengadu domba
  4. Mengumpat
  5. Riya
  6. Ujub dan takabur (sombong)
  7. Bakhil
  8. Penipu
  9. Khianat
  10. Pengecut
  11. Nifaq

Ciri-ciri Akhlaku Karimah

1. Selalu berbaik hati dan ramah tdengan sesama makhluk Allah SWT. (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Lainya).
2. Rajin menuntut ilmu terutama ilmu islami yang Rahmatan Lil Alamin. Artinya: “Barang siapa melewati jalan dimana ia menuntut ilmu pada jalan itu, niscaya Allah SWT. Akan memudahkan kepadanya jalan menuju surga.” (H.R. Muslim)
3. Rela berkorban dan ikhas menerima ketentuan Allah Swt. (Q.S. Ar-Ra’d, 13:11)
4. Berinisiatif : Allah SWT. Berfirman :
“Allah SWT. Akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah SWT. Dan Allah Maha Mengetahu apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Mujaadilah, 56.1)

Pengertian Akhlakul Karimah dan Jenis Akhlak Lengkap

Contoh Akhlakul Karimah

Berikut ini adalah beberapa contoh dari akhlakul karimah yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

Contoh Akhlakul Karimah Terhadap Diri Sendiri

  1. Memandang Masa Depan berarti bahwa setelah kita selesai berurusan dengan dunia dan dengan semua tanggung jawab kita di dalamnya, kita harus siap untuk mencari pengetahuan langsung tentang Realitas Ilahi.
  2. Sikap atau Pemikiran Positif
  3. Rendah Hati dan Tidak Sombong
  4. Menjaga Kesehatan Mental Berarti Selalu Menyadari Bahwa Segala Sesuatu Yang Terjadi Pada Diri Sendiri Adalah Ketentuan Allah SWT.
  5. Menjaga kebersihan
  6. Menyukai Sains dan Semangat Belajar
  7. Menjadi Pemalu di Tempat itu
  8. As-Syajaah atau Keberanian

Contoh Akhlakul Karimah Di Sekolahan

  1. Makan dan main Bersama Sama.
  2. Datang Ke Sekolah Tepat Waktunya.
  3. Selalu Mengikuti Perintah Gurunya.
  4. Makan dan main Bersama Sama.
  5. Datang Ke Sekolah Tepat Waktunya.
  6. Selalu Mengikuti Perintah Gurunya.

Contoh Akhalaku Karimah Terhadap Lingkungan

  1. Sikap Terpuji Terhadap Lingkungan Alam
  2. Sikap Terpuji Terhadap Satwa (Satwa). Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Orang yang penyayang, maka Allah Yang Maha Penyayang akan mencintai mereka. Allah SWT berfirman: Jadi cintai makhluk di bumi, niscaya makhluk di langit (bidadari) akan mencintaimu. (H.R. Imam Ahmad).
  3. Sikap Terpuji Terhadap Tanaman. Dan Allah telah merusak bumi untuk makhluk-Nya. Ada buah dan pohon kurma di bumi, yang memiliki kelopak berkulit, biji pohon ek, dan bunga harum. Jadi nikmat Tuhan yang manakah yang Anda tolak? “(Surah Arrahman, 55: 10-13) (Surat Al-Baqarah, 2:22) (Surah Huud 11:61) (Surah Ar-Ruh, 30:41)

Demikianlah pembahasan kita mengenai Akhlakul Karimah : Pengertian, Jenis, Ciri, dan Contohnya, dari Seputar Pengetahuan semoga dengan pembahasan diatas kita dapat menjadi orang yang lebih baik ber akhlakul karimah, amiin. Sekian dan Terimakasih ?

Daftar Isi