Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia

Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia – Seperti apa Contoh dari Cerita Sejarah?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Contoh Cerita sejarah beserta strukturnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia

Cerita sejarah adalah teks yang memberi ulasan dan bercerita mengenai kenyataan atau fakta dan peristiwa di masa lampau yang merupakan latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah.

Sebelum kita melihat beberapa teks contoh dari Cerita sejarah, Tentu lebih baik kita mengetahui dan paham terlebih dulu Struktur dari teks cerita sejarah tersebut ,strukturnya adalah sebagai berikut:

  • Orientasi: Adalah bagian yang isinya tentang perkenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah
  • Urutan Peristiwa: Adalah bagian yang isinya tentang rekaman kejadian sejarah yang sudah terjadi, seringkali penyampaiannya dengan urutan kronologis
  • Reorientasi: Adalah bagian yang isinya komentar pribadi penulis mengenai kejadian atau peristiwa sejarah yang diceritakan. Reorientasi dapat di beri atau tidak. Hanya sesuai keinginan dari penulis teks cerita sejarah tersebut.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa teks contohnya dari cerita sejarah antara lain :

Cerita Sejarah Bandung Lautan Api

Orientasi

Pada Maret 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah dan harta benda mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Setelah Proklamasi Kemerdekan 17 Agustus 1945, Indonesia masih belum sepenuhnya merdeka. Kemerdekaan ini harus diraih sedikit demi sedikit melalui perjuangan rakyat yang rela mengorbankan segalanya.

Urutan Peristiwa

Ultimatum tersebut supaya Tentara Republik Indonesia (TRI) segera meninggalkan kota dan rakyat, kemudian melahirkan politik “bumihangus”. Rakyat tidak rela jika kota Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Mereka mengungsi ke arah selatan bersama para pejuang. Keputusan untuk membumihanguskan Bandung tersebut, diambil melalui musyawarah Majelis Persatuan Perjuangan Priangan (MP3) dihadapan seluruh kekuatan perjuangan, saat 24 Maret 1946.

Kolonel A.H. Nasution selaku Panglima Divisi memerintahkan masyarakat untuk meninggalkan Bandung. Pada hari itu juga, segerombolan besar warga Bandung berbondong-bondong meninggalkan kota.

Bandung dengan sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat dengan maksud agar sekutu tidak dapat menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul membubung tinggi di udara.

Seluruh listrik mati, dengan begitu inggris mulai menyerang sehingga terjadilah sebuah pertempuran sengit. Pertempuran yang paling menengangkan, di mana terdapat pabrik mesiu milik Sekutu. TRI bermaksud untuk menghancurkan gudang tersebut.

Untuk itulah, seorang pemuda bernama Muhammad Toha dan Ramdan diutus. Kedua pemuda itu berhasil meledakkan gudang tersebut dengan granat tangan. Gudang besar itu meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak pada saat itu, kurang lebih pada jam 24.00 Bandung Selatan sudah kosong atas penduduk dan TRI. Tapi api masih membakar kota, dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Pembumihangusan merupakan langkah yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan mampu melawan musuh yang kekuatannya lebih besar. Selanjutnya TRI bersama masyarakat melakukan perlawanan gerilya dari luar kota Bandung.

Reorientasi

Istilah Bandung Lautan Api tersebut, muncul pertama kali dari seorang wartawan bernama Atje Bastaman, dimana ia menyaksikan sebuah pemandangan pembakaran Bandung dari bukit Gunung Leutik pada sekitar Pameungpeuk, Garut. Dari puncak ia melihat Bandung yang memerah dari Cicadas sampai dengan Cimindi.

Cerita Sejarah Instagram

Orientasi

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”.Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam.Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna.Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal.Namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Reorientasi

Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang mempunyai akun instagram dikarenakan semakin populer nya aplikasi ini.Dengan instagram kita bisa melihat aktivitas teman-teman kita melalui foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.

Cerita Sejarah Tentang Internet

Orientasi

Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA dimana dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), kemudian dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware (Perangkat Keras) dan software (Perangkat Lunak) komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui sebuah saluran telepon dan media lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Kalimat Deklaratif, Fungsi, Ciri, Macam dan Contohnya

Proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) merancang bentuk jaringan, kehandalan, serta seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan kemudian akhirnya semua standar yang mereka sudah tentukan menjadi cikal bakal dalam pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Urutan Peristiwa

Pertama kali ARPANET hanya menghubungkan empat situs, yaitu Universitas California, Santa Barbara, Institut Riset Stanford, dan Universitas Utah, tempat mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

Tidak lama sesudah itu proyek ini langsung berkembang pesat di seluruh lapisan daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung didalamnya, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Maka karena itulah ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer & “ARPANET” baru namun lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, beberapa universitas.

Gabungan ke-2 jaringan akhirnya dikenal dengan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan lagi menjadi Internet.

Reorientasi

Pada saat ini internet sudah menjadi hal yang begitu penting bagi manusia dari berbagai kalangan, seperti contohnya bagi seseorang yang melakukan pendidikan. Yang mana dengan adanya Internet mereka bisa mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah.

Cerita Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Orientasi

Berawal dari pecahnya “perang Asia Timur Raya”, dan Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jepang. Akibat serangan pasukan Jepang di pusat pertahanan Amerika Serikat “Pearl Harbor” pada tanggal 8 Desember 1941. Tentara Jepang dengan Angkatan Udara dan Lautnya semakin agresif mendarat diwilayah Indocina, Filiphina, Malaya dan Indonesia.

Pemerintah Hindia Belanda ikut Sekutu menyatakan perang terhadap Jepang. Jepang bertujuan mendarat di Indonesia yaitu untuk melumpuhkan pasukan Belanda.pertama kali Jepang mendarat di Tarakan kemudian berlanjut didaerah Balikpapan, Manado, Ambon, Makasar, Pontianak, dan Palembang. Dan wilayah Jawa dikuasai olehnya, pada tahun 1942 Jepang mendarat di Banten, Indramayu dan Rembang.

Wilayah yang dikuasai Batavia diperluas dengan Batavia pada tanggal 5 Maret 1942, dan semakin meluas ke wilayah Surakarta, Cikampek, Semarang dan Surabaya. Belanda semakin terdesak oleh serangan Jepang dan diakhiri dengan pernyataan “penyerahan tanpa syarat” oleh Hindia Belanda.

Urutan peristiwa

Awalnya masyarakat Indonesia menyambut baik militer Jepang dengan sambutan yang bersahabat. Hal itu terlihat dari sikap kooperatif tokoh bangsa kita, Ir. Soekarno dan Moh Hatta. Pemerintah Jepang mulai merangkul rakyat dengan terbentuknya organisasi kemasyarakatan yang sebenarnya hanya untuk kepentingan Jepang pada Perang Dunia II.

Organisasi itu antara lain: Pusat Tenaga Rakyat, (PUTERA), Jawa hokokai, Fujinkai Keibodan, Heiho, MIAI, dan pembentukan BPUPKI.BPUPKI (Badan Penyelidikan Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan RI) dibentuk pada tahun 1943 dibawah pemerintah perdana Menteri Tojo.

Menteri Tojo bertugas mengkaji dan menyelidiki hal-hal yang penting dan perlu bagi pembentukan pemerintahan Indonesia. Selanjutnya BPUPKI dibubarkan dan diganti dengan nama pimpinan perjuangan kita. Dari BPUPKI sampai PPPKI dikenal dengan Docoritsu Junbi Inkai, dengan nama ini kesan bahwa PPPKI bukan bentukan Jepang. Tetapi hasil kesepakatan dan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa penting yaitu pertemuan antara Soekarno, M. Hatta dan Rajiman Wedyodiningrat dengan Jenderal Terauchi di Dalat menyampaikan.Bahwa pemerintah Jepang telah memutuskan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang meliputi wilayah bekas Hindia-Belanda.

saat pasukan Jepang mulai melemah. Kekalahan dan kekalahan didapatkannya dan Amerika semakin kuat dan ditambahnya menarik pasukan pasukannya yang ada di Eropa.Tentara Amerika menghentikan serangan Jepang pada Mei 1942 dipertempuran Laut Koral dan 1942 dipertempuran Midway.

Jepang semakin melemah karena Amerika yang terus mengamuk. Pada 6 Agustus 1945, AS menjatuhkan bom atom untuk pertama kalinya di kawasan Hiroshima, dan tidak puas bahwa 3 hari kemudian pada tanggal 9 Agustus bom atom kedua dijatuhkan lagi di kota Nagasaki. Dua pusat kota pemerintahan Jepang akhirnya diratakan dengan daratan.

Akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Dengan penyerahan itu dilakukan dikapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh kaisar Hirito (Jepang) dan Jenderal Douglas Mc Arthur (Sekutu).

Reorientasi

Berita kekalahan Jepang terhadap sekutu tidak bisa disembunyikan. Dengan perjanjian Post Dam Jepang menyerah kekuasaanya kepada sekutu dan otomatis di Indonesia kekosongan kekuasaan.
Kesempatan kali ini dimanfaatkan oleh Indonesia dengan memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

Cerita Sejarah Pribadi

Orientasi

Nama saya adalah Luqi Nur Afika biasa d panggil Luqi. saya lahir di Banjarnegara 3 Maret 1998. Saya merupakan anak ke dua dari tiga saudara yaitu kakak dan adik perempuanku.

Urutan peristiwa

Pada tahun 2003 saya masuk ke taman kanak-kanak atau TK. Karena dulu belum ada yang namanya PAUD saya langsung masuk ke TK. Dulu saya selalu berangkat diantar oleh ayah saya setelah diantar ayah saya langsung pergi ke ladang untuk bercocok tanam dikebun.

Pada waktu libur tiba saya kadang ikut ke kebun bersama ayah untuk bermain main dikebun dan sekitar sungai. Setelah beberapa waktu saya masuk ke sekolahh dasar atau SD. Saya bersama teman saya yang bernama Dani teman dari diriku kecil sampai saat ini.

Bersama Dani saya selalu duduk satu meja denganya dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Sampai dikelas 5 tepatnya kenaikan ke kelas 6. 2 kelas dibuat satu, satu kelas ada 50 orang dalam satu ruangan bersama.Dan pada saat lulus sekolah SD saya dan Dani pun berpisah karena kita berdua memasuki sekolah yang berbeda. Saya masuk di SMP Negeri 1 Batur dan Dani masuk ke MTS Muhammadiyah 1 Batur.

Baca Juga:  ERP Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat, Cara Kerja, Contoh Dan Kelebihannya

Di SMP saya mempunyai banyak kenangan bersama dengan teman teman. Seperti pas waktu MOS atau masa orientasi siswa yang sering dikerjain oleh kakak kelas kami.Tapi kami tidak pernah jengkel atau marah kepada kakak kelas kami, karena memang kami tidak berani melawan kakak kelas.

Setelah lulus SMP saya pun melanjutkan sekolah di SMA 1 Batur Banjarnegara dan ternyata Dani daftar disekolahan yang sama. Sehingga saya dan dani berdua bersama kembali disekolah SMA.Karena tahu di MOS SMA saya tidak terlalu minat saya dan Dani tidak mengikutinya. Saat masuk SMA saya sudah seperti remaja nakal biasanya.

Seperti merokok dan bolos sekolah saya biasanya melakukanya bersama dengan teman teman saya. Memang itu suatu hal yang negatif tapi saya mempunyai pengalaman disekolahan.Tidak kaget juga kalo saya dan teman-teman biasa dipanggil ke ruang BK. Karena kenakalan kami yang sering kepergok oleh guru pas ketahuan merokok dikamar mandi.

Reorientasi

Selama masa TK SD SMP sampai SMA saya mempunyai banyak kenangan bersama teman teman saya.Dari suka dan duka bersama teman teman saya yang sangat berharga dan tidak bisa digantikan dengan apapun.

Cerita Sejarah Pahlawan R.A Kartini

Orientasi

Raden Ajeng Kartini atau yang kita kenal dengan Ibu Kartini. Dia adalah salah satu keturunan keluarga terpandang yang lahir pada tanggal 21 April 1879.Dan keluarganya yang mewariskan suatu hal yaitu pendidikan.Beliau pernah duduk dibangku sekolah dasar sampai tamat sekolah sekolah dasar.

Beliau tidak pernah puas akan ilmu pengetahuan dan membuat beliau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggiNamun ayahnya tidak sependapat dengan beliau untuk melanjutkan pendidikanya. Tahu sikap ayahnya sperti itu beliau sedih namun tidak bisa mengubah keputusan ayahnya.

Urutan Peristiwa

Adat dikeluarganya yaitu seorang gadis atau wanita yang belum menikah belum dibolehkan keluar rumah atau juga disebut dipingit. Untuk mengisi waktu luangnya beliau membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki.Beliau memang gemar membaca atau kutu buku dan menjadi keseharianya saat banyak waktu luang.

Bahkan dia tidak takut untuk bertanya kepada ayahnya bila dia tidak mengerti atau kurang paham.Kartini mempunyai teman yang banyak di Belanda dan sering bekomunikasi dengan mereka.Bahkan pernah meminta kepada Mr.J.H. Abendanon memberikan dirinya beasiswa untuk belajar di Belanda.

Belum sempat menyampaikan keinginanya beliau dinikahkan dengan Adipati Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat.Walaupun begitu beliau tidak berhenti untuk bercita cita dan karena suaminya pula mendukung cita citanya.Dengan ketekunan dan kegigihannya dan suaminya mendirikan sekolah wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Cirebon dan Malang.. Sekolahan tersebut diberi nama dengan dengan sekolahan kartini.

Pada 17 September 1904 Kartini meninggal pada usia 25 tahun saat melahirkan anak pertama dan satu-satunya. Kemudian kisahnya menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Kemudian kisah R.A Kartini di bukukan oleh Abendanon dengan judul “Door Duistemis Tot Licht” atau yang kita kenal dengan “Habis Gelap Terbitlah Terang”Buku ini telah menginspirasi wanita di Indonesia tidak hanya pada waktu itu tapi sampai sekarang.

Reorientasi

Jasa R.A Kartini juga tidak boleh kita lupakan, namun jasanya harus kita junjung tinggi dan meniru sifat pantang menyerahnya untuk setiap masalah. Karena setiap masalah pasti ada solusinya.

Contoh Cerita Sejarah

Cerita Sejarah Danau Toba

Orientasi

Seorang laki-laki bernama Toba yang hidupnya sederhana tidak memiliki keluarga, hal yang Toba lakukan hanya memancing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Urutan Peristiwa

Suatu hari saat memancing Toba menemukan kail pancingnya menangkap ikan besar. Namun Toba terkejut saat menemukan ikan besar itu berubah menjadi wanita cantik.

Toba yang langsung jatuh hati akhirnya memutuskan untuk menikahinya, wanita cantik tersebut setuju. Namun dengan persyaratan, Toba tidak boleh mengungkit asalnya dari seekor ikan dan disetujui oleh Toba.Akhirnya mereka menikah dan hidup sederhana serta semakin lengkap saat dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Samosir memiliki nafsu makan yang besar sehingga Toba harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.Suatu hari ibunya meminta Samosir untuk membawa makan siang untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Jarak ladangnya cukup jauh membuat Samosir merasa lapar dan haus.

Akhirnya Samosir tanpa sengaja memakan makan siang yang dibawanya hingga hanya bersisa sedikit. Samosir takut jika ayahnya marah, tetapi jika dia kembali ke rumah tidak akan ada cukup waktu. Maka pada akhirnya Samosir memilih untuk membawakan makanan kecil itu untuk ayahnya, dan benar saja Toba marah kepada Samosir.

Dengan emosi Toba melempar bekal makanannya dan mengumpat kepada Samosir dengan berbicara bahwa Samosir adalah anak ikan. Tentu mendengar hal itu membuat Samosir menangis dan pulang dengan sedih.

Samosir menceritakan hal tersebut ke pada ibunya dan tentu saja ibunya merasa Toba telah mengingkari janji. Akhirnya ibunya menyuruh Samosir menuju atas bukit dan menunggu saja di sana.Tiba-tiba air keluar dari tempat istri Toba berdiri dan terus mengalir dengan deras dan tempat Samosir berdiri telah menjadi sebuah pulau kecil.

Reorientasi

Itulah sejarah di balik danau Toba dengan pulau kecil bernama Samosir di tengah danau tersebut.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Teks Cerita Sejarah di Indonesia , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.