Konduktor Adalah : Karakteristik, Fungsi, Ketentuan dan Contohnya

Konduktor Adalah : Karakteristik, Fungsi, Ketentuan dan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan Konduktor ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi fungsi dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Konduktor Adalah : Karakteristik, Fungsi, Ketentuan dan Contohnya


Konduktor merupakan bahan yang bisa menghantarkan arus listrik statis serta listrik dimanis dengan baik. Tidak hanya itu dapat pula menghantarkan panas ataupun suara. Sesuatu barang yang mempunyai keahlian menghantarkan listrik diucap konduktivitas listrik.

Seperti itu yang jadi salah satu karakteristik barang konduktor, ialah mempunyai energi hantar listrik. Sebagian besar logam, contohnya besi serta tembaga, merupakan konduktor listrik. Logam- logam ini digunakan buat membuat kabel buat bawa arus listrik.

Tidak hanya klasifikasi benda- benda yang mempunyai energi hantar listrik yang baik, terdapat pula sebutan semikonduktor, yang merujuk pada barang yang bisa mengalirkan, namun tidak sangat baik.

Terdapat pula sebagian bahan dikala betul- betul dingin, merupakan superkonduktor, ialah tidak membagikan perlawanan sama sekali terhadap aliran listrik. Resistensi konduktor cenderung jadi lebih besar kala temperatur pula terus menjadi besar.

Dalam makna fisika serta metode listrik, konduktor merupakan objek ataupun tipe bahan yang membolehkan aliran muatan( arus listrik) dalam satu arah ataupun lebih. Bahan yang dibuat dari logam merupakan konduktor listrik yang universal.

Arus listrik dihasilkan oleh aliran elektron bermuatan negatif, lubang bermuatan positif, serta ion positif ataupun negatif dalam sebagian permasalahan.

Supaya arus mengalir, tidak butuh untuk satu partikel bermuatan buat melaksanakan ekspedisi dari mesin yang menciptakan arus ke yang memakannya. Alih- alih, partikel yang terisi cuma butuh menyenggol tetangganya dalam jumlah terbatas yang hendak menyenggol tetangganya serta terus serta terus hingga partikel disenggol ke konsumen, sehingga berikan energi pada mesin.

Pada dasarnya apa yang terjalin merupakan rantai panjang perpindahan momentum antara operator pengisian energi ponsel; model konduksi Drude menggambarkan proses ini dengan lebih ketat.

Model transfer momentum ini membuat logam jadi opsi sempurna buat konduktor; logam, secara khas, mempunyai lautan elektron yang terdelokalisasi yang berikan elektron lumayan mobilitas buat bertabrakan serta dengan demikian mempengaruhi transfer momentum.

Konduktor merupakan bahan ataupun zat yang membolehkan listrik mengalir melaluinya. Bahan ataupun zat tersebut sanggup menghantarkan listrik sebab mereka membolehkan elektron mengalir dengan sangat gampang di dalamnya.

Konduktor mempunyai watak ini yang membolehkan transisi panas ataupun sinar dari satu sumber ke sumber yang lain.Logam, manusia, bumi, serta badan manusia/ fauna seluruhnya merupakan konduktor. Inilah alibi kenapa kita memperoleh dapat tersengat listrik.

Alibi utamanya merupakan sebab jadi konduktor yang baik, badan manusia bagaikan makhluk hidup membolehkan jalan leluasa hambatan buat arus mengalir dari kawat ke badan kita.Konduktor mempunyai elektron leluasa di permukaannya yang membolehkan arus melewatinya. Inilah alibi kenapa konduktor sanggup menghantarkan listrik.


Pengertian Konduktor Menurut Ahli

Ada pula definisi konduktor bagi para pakar, antara lain:

The Physics Clasroom

Konduktor merupakan bahan yang membolehkan elektron mengalir leluasa dari partikel ke partikel. Objek yang dibuat dari bahan konduksi hendak membolehkan muatan buat ditransfer di segala permukaan objek.

Bila muatan ditransfer ke objek di posisi tertentu, muatan itu dengan kilat didistribusikan ke segala permukaan objek. Distribusi muatan merupakan hasil dari pergerakan elektron.

Sebab konduktor membolehkan elektron buat diangkut dari partikel ke partikel, objek yang bermuatan hendak senantiasa mendistribusikan muatannya hingga style tolak totalitas antara elektron berlebih diminimalkan.

Bila konduktor yang dibebankan dijamah ke objek lain, konduktor apalagi bisa mentransfer muatannya ke objek tersebut. Transfer muatan antara objek terjalin lebih gampang bila objek kedua dibuat dari bahan penghantar. Konduktor membolehkan transfer muatan lewat pergerakan elektron leluasa.


Karakteristik Konduktor

Bahan- bahan yang tercantum konduktor mempunyai sebagian karakteristik utama, ialah Bisa menghantar panas serta arus listrik; Kilat menghantar panas; Mayoritas dibuat dari logam; Bendanya keras, misalnya tembaga, logam, besi, serta lain- lain.

Bahan- bahan tersebut mempunyai sebagian watak berarti, antara lain ialah:

  • Mempunyai Energi Hantar Panas

Energi hantar panas ialah keadaan yang dapat melaporkan jumlah panas yang lewat susunan bahan dalam waktu tertentu. Contoh bahan ataupun barang yang memiliki energi penghantar panas yang besar ialah barang tipe logam. Serta energi hantar panas dinyatakan dalam wujud satuan kkal/ jam°C.

  • Mempunyai Energi Hantar Listrik

Arus yang mengalir pada sesuatu penghantar hendak hadapi hambatan dari penghantar nya. Besar hambatan itu bergantung pada tipe bahannya. Besar hambatan masing- masing m nya dengan luas penampang 1 mm3 pada temperatur 20°C dinamakan hambatan tipe, yang dapat dihitung dengan persamaan:

R=

ρl/ A

Penjelasan:

R: Hambatan dalam penghantar, satuanya ohm(Ω)
ρ: Hambatan tipe bahan, dalam satuanΩ. mm2/ m
l: Panjang penghantar, satuannya m( meter)
A: Luas penampang kawat pengahantar, satuannya mm2


Koefisien Temperatur Tekanan

Sesuatu bahan akan hadapi pergantian volume apabila terjadi pergantian temperatur. Bahan hendak memuai kala temperatur temperatur naik serta hendak menurun kala temperatur temperatur hadapi penyusutan. Pergantian hambatan yang besar sebab adanyab pergantian temperatur bisa dihitung dengan persamaan:

R– R0( 1+α( t– t0)

Penjelasan:

R: Besar hambatan sehabis pergantian suhu
R0: Besar hambatan dini, saat sebelum pergantian suhu
T: Temperatur temperatur( akhir), dalam°C
T0: Temperatur temperatur( dini), dalam°C


Energi Elektro Termo

Energi elektro termo ialah energi elektro- motorik yang hendak digunakan dalam keadaan temperatur yang berbeda. Energi elektro termo arus listrik dalam sesuatu rangkaian listrik hendak tetap hadapi pergantian pada tiap energi elektro- motorik termo bila terjalin pergantian keadaan temperatur.

Watak ini memiliki peranan berarti pada 2 tipe logam berbeda yang mana dipasang pada 2 titik kontak. Perbandingan temperatur tersebut berbanding lurus dengan kedua bahan yang dihasilkan, serta terdapatnya perbandingan yang jauh di tiap tegangan listrik.


Fungsi Konduktor

Benda- benda yang bertabiat konduktor mempunyai guna ataupun khasiat yang bermacam- macam dalam kehidupan tiap hari, antara lain:

  • Perlengkapan Memasak

Bila kita tidak hati- hati dalam memakai perlengkapan dapur berbahan konduktor, tangan kita hendak terluka ataupun baret bila kita tidak mengenakan perlengkapan keamanan ataupun campuran isolator dikala memakai perlengkapan memasak. Perlengkapan masak konduktor dibutuhkan buat mengalirkan panas dari sumbernya buat memasak.

Perlengkapan memasak yang dibuat dari konduktor, misalnya wajan ataupun penggorengan, yang umumnya dibuat dari aluminium. Aluminium merupakan logam ringan dibanding logam yang lain.

  • Setrika

Pemakaian konduktor dalam kehidupan sehari- hari

misalnya buat perlengkapan menghaluskan baju ataupun setrika, yang sistem kerjanya menggunakan dorongan tenaga panas yang dihasilkan dari aliran listrik. Bahan konduktor logam ditempatkan di dasar setrika bersentuhan langsung dengan baju. Supaya bisa digunakan dengan baik, bagian atas setrika memakai bahan isolator buat kenyamanan pengguna.

  • Solder

Solder merupakan perlengkapan buat menghubungkan komponen elektronik. Umumnya digunakan di bengkel ataupun tempat buat membetulkan perlengkapan elektronik. Semacam perlengkapan yang lain, salah satunya konduktor yang bersentuhan dengan perlengkapan yang hendak disolder, bagian yang hendak dipindahkan dengan tangan kita memakai insulator.

  • Konduktor Tembaga buat Isi Kabel Listrik

Tembaga merupakan logam murni yang mempunyai konduktivitas listrik besar ialah dekat 57 S. Tembaga bekerja pada kabel konduktor. Kabel yang memakai tembaga merupakan kabel listrik, kabel coaxial, NYA, NYAF serta lain- lain.

Salah satu alibi kenapa tembaga digunakan bagaikan isian kabel merupakan sebab tidak hanya konduktivitas besar. Tembaga pula mempunyai ketahanan terhadap temperatur besar serta hawa lembab dari baja. Kenaikan titik didihnya menggapai 2595 derajat C. Bahannya kokoh, keras, elastis serta dapat lepas ataupun mengembang.


Contoh Konduktor

Berikut ini contoh bahan konduktor, antara lain:

  • Tembaga

Tembaga merupakan bahan konduktif yang mempunyai resistansi rendah. Elektron- elektron secara longgar terikat pada nukleus serta mengalir dengan leluasa. Kehabisan tenaga dalam tembaga lebih sedikit bila dibanding dengan logam konduktif yang lain. Tembaga mempunyai konduktivitas termal yang baik, serta tahan korosi.

Itu bisa didaur ulang dalam bermacam wujud, tangguh serta gampang buat paduannya. Tembaga mempunyai watak nonmagnetik, desinfektan, gampang dihubungkan dengan logam lain.

  • Perak

Perak tahan terhadap korosi serta menciptakan oksidasi. Karenanya, itu baik buat pemakaian listrik. Tidak hanya itu, digunakan pula dalam aplikasi kedokteran ialah buat analisis antimikroba. Ini merupakan logam yang sempurna buat membuat perhiasan serta pipa industri serta peralatan.

  • Aluminium

Aluminium merupakan logam yang digunakan dalam elektronik buat atribut listrik mekaniknya yang berharga. Alumunium digunakan dalam membuat pipa konduktor, rumah perakitan motor, serta heat sink.

  • Kuningan

Kuningan digunakan buat keperluan listrik sebab biayanya yang rendah. Sebagian persentase seng dicampur dengan proporsi berbeda, membuat nyaris 15 tipe kuningan. Secara universal,

Kuningan merupakan salah satu paduan tembaga. Perihal ini digunakan buat sakelar, konektor, kontak dll. Yang menarik merupakan kuningan merupakan logam yang baik buat membuat perlengkapan musik sebab watak akustik serta uletnya.

  • Perunggu

Ini merupakan salah satu paduan tembaga yang memiliki timah, aluminium, silikon, serta nikel. Itu kokoh di alam apabila dibanding dengan kuningan. Ini tahan korosi serta fleksibel. Perunggu dimanfaatkan buat pembuatan instrumen bedah, bantalan bola, serta artefak cor.

  • Besi

Besi merupakan logam yang baik dengan watak menurun, kapasitas redaman, cairan di alam. Aplikasi besi misalnya buat pembuatan

perlengkapan masak, tutup lubang got, suku cadang mobil, Jembatan, gedung metro.

Besi jadi elemen inti dalam membuat generator, motor, transformer, fitur penyimpanan audio serta video serta lain- lain Magnet permanen yang dibuat dari besi dimanfaatkan dalam aplikasi kedokteran Magnetic resonance imaging( MRI).

  • Merkuri

Merkuri merupakan logam yang digunakan dalam bermacam produk elektronik. Merkuri digunakan dalam termometer, sakelar lampu, fitur termostatik( probe, sistem pemanas serta pendingin), serta kendaraan.

Fitur kedokteran elektronik semacam pengukur tekanan darah memakai merkuri. Sebagian sensor semacam Barometer, Hygrometer serta Hydrometer memakai merkuri buat pembedahan mereka.

  • Emas

Fitur elektronik memakai susunan emas buat melenyapkan korosi. Ini merupakan sumber yang bagus buat pembuatan komponen elektronik. Emas digunakan dalam sambungan solder, sakelar, kontak listrik. Emas digunakan di ponsel, materi GPS, PDA, kalkulator Digital, Smart Televisi dll. Zona aplikasi emas tercantum perlengkapan diagnostik kedokteran, komponen satelit serta komponen mekanis dalam industri dirgantara serta lain- lain.

  • Platinum

Platinum bagaikan konduktor digunakan bagaikan alternatif buat emas. Ini digunakan dalam sakelar listrik serta kontak buat menghindari korosi. Pemanfaatakn platinum tercantum dalam pengolahan makna kimia( bagaikan katalis), dalam home industri kaca buat membuat perona, serta mengekstraksi minyak mentah dari minyak bumi.

  • Grafit

Grafit jadi bahan semikonduktor yang digunakan buat membuat chip terintegrasi monocrystalline. Ini digunakan buat membuat elektroda buat ukiran plasma. Ini digunakan dalam implantasi ion, serat optik, ubin permukaan dalam pesawat ulang- alik, serta dalam desain aplikasi kriogenik.


Ketentuan Bahan Konduktor

Sebagian bahan yang hendak digunakan bagaikan konduktor wajib dapat penuhi sebagian ketentuan, semacam:

Mempunyai Konduktifitas yang Baik

Konduktifitas yang baik dalam suatu bahan konduktor yang diartikan merupakan yang memiliki nilai hambatan tipe relstif kecil, karena terus menjadi kecil hambatan jenisnya, hingga hendak terus menjadi baik nilai konduktifitas bahan. Sebaliknya besar hambatan tipe berbanding terbalik dengan konduktifitas bahan.

Konduktifitas bahan berhubungan dengan energi hantar panas dan energi hantar lilstrik. Energi hantar panas melaporkan jumlah panas yang dapat melewati bahan pada selang waktu tertentu.

Bahan logam merupakan bahan yang memiliki energi hantar panas besar sehingga bahan logam cenderung mempunyai konduktifitas yang besar bagaikan bahan konduktor.

Energi hantar pada listrik hendak memperlihatkan keahlian bahan konduktor kala menghantarkan arus listrik. Besar dari energi hantar listrik konduktor hendak sangat dipengaruhi dari besar hambatan tipe yang terdapat di bahan konduktor. Hambatan tipe sendiri dapat dinyatakan pada wujud persamaan bagaikan berikut:

R=
ρ( l/ A)
Penjelasan:
R= hambatan(Ω)
ρ= hambatan tipe(Ω. meter)
l= panjang penghantar( m)
A= luas penampang kawat( m2)

  • Kekuatan Mekanis yang Tinggi

Bahan konduktor mempunyai kekuatan mekanis yang besar sehingga dapat menghantarkan listrik ataupun panas dengan sangat baik. Bahan dengan kekuatan mekanis yang besar memiliki partikel penyusun yang rapat. Pada dikala bahan konduktor didekatkan pada sumber panas ataupun arus listrik, hingga nantinya hendak terjalin getaran ataupun vibrasi di bahan konduktor.

Melalui getaran ataupun vibrasi tersebut, panas ataupun arus listrik hendak mengalir dari ujung ke ujung pada bahan konduktor yang yang lain. Watak mekanis bahan hendak sangat berarti spesialnya dikala bahan konduktor terdapat di atas tanah. Bahan konduktor wajib dikenal watak mekanisnya karena akan berhubungan dengan pendistribusian tegangan besar di saluran arus listrik.

  • Koefisien Muai yang Kecil

Bahan yang mempunyai koefisien muai kecil tidak hendak dengan gampang hadapi pergantian temperatur.

R= R0 1+α( t– t0)

Penjelasan:

R: besar hambatan sehabis terbentuknya pergantian temperatur(Ω)
R0: besar hambatan dini, saat sebelum terbentuknya pergantian temperatur(Ω)
t: temperatur temperatur akhir, dalam skala C
t0: temperatur temperatur dini, dalam skala C
α: koefisien temperatur tahanan nilai hambatan jenis

  • Energi Termoelektrik yang Berbeda Antar Bahan

Pada rangkaian listrik, arus listrik hendak senantiasa hadapi pergantian energi termoelektrik sebab terdapatnya pergantian temperatur. Titik temperatur berhubungan dengan tipe bahan logam yang dipakai bagaikan konduktor.

Perihal tersebut sangatlah berarti buat mengenali dampak yang dihasilkan pada dikala 2 tipe logam yang berbeda dipasang pada satu titik kontak. Pada tipe temperatur yang berbeda, hingga bahan mempunyai hasil konduktifitas yang pula berbeda.

  • Modulus Elastisitas Lumayan Besar

Watak ini pula tidak kalah berarti dipakai kala terjalin pendistribusian tegangan besar. Dengan modulus elastisitas besar, hingga bahan konduktor tidak rentang rusak sebab tegangan besar. Penghantar listrik terdiri dari bermacam wujud ialah berupa cair semacam air raksa, berupa gas semacam neon serta pula berupa padat semacam logam.

Konduktor Adalah : Karakteristik, Fungsi, Ketentuan dan Contohnya


Ciri Bahan Konduktor

Ciri bahan konduktor sendiri dipecah jadi 2 tipe kepribadian, ialah:

  • Ciri listrik yang memiliki kedudukan buat memperlihatkan keahlian konduktor dikala dialiri arus listrik.
  • Ciri mekanik yang memperlihatkan keahlian konduktor pada energi tarik.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Konduktor Adalah : Karakteristik, Fungsi, Ketentuan dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi