Hibernasi : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Hibernasi : Pengertian, Jenis dan Fungsinya – Apakah yang dimaksud dengan Hibernasi ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi jenis dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Hibernasi : Pengertian, Jenis dan Fungsinya


Hibernasi ataupun rahat merupakan keadaan ketakaktifan serta penyusutan metabolisme pada hewan yang diisyarati dengan temperatur badan yang lebih rendah, respirasi yang lebih lama- lama, dan kecepatan metabolisme yang lebih rendah.

Hewan yang melaksanakan hibernasi berupaya mengirit tenaga, paling utama sepanjang masa dingin sewaktu terjadi kelangkaan santapan, membakar cadangan tenaga, lemak badan, dengan lama- lama. Hibernasi bisa terjalin sepanjang sebagian hari ataupun minggu, bergantung dari spesies, temperatur dekat, serta waktu. Hewan yang populer suka melaksanakan hibernasi merupakan Beruang.

Hibernasi kerap berhubungan dengan temperatur rendah, namun guna hibernasi merupakan buat mengirit tenaga sepanjang periode kala tidak ada santapan yang lumayan. Buat menggapai penghematan tenaga ini, proses endoterma hendak merendahkan tingkatan metabolisme terlebih dulu, yang setelah itu menciptakan penyusutan temperatur badan.

Hibernasi dapat berlangsung sebagian hari, minggu, ataupun bulan bergantung pada spesies, temperatur area, waktu tahun, serta keadaan badan orang.

Saat sebelum merambah masa hibernasi, seekor hewan wajib memasok tenaga supaya sanggup bertahan sepanjang masa dingin. Spesies yang berdimensi lebih besar jadi hiperfagia serta makan dalam jumlah yang besar serta menaruh tenaga dalam timbunan lemak.

Pada banyak spesies yang berdimensi kecil hendak menimbun santapan pada tempat persembunyiannya[3]. Sebagian spesies mamalia hibernasi tetapi pada dikala yang sama lagi berbadan dua muda, baik yang lahir dikala induk berhibernasi ataupun lekas sesudahnya.


Jenis Jenis Hibernasi


Hibernasi Hewan


  • Primata

Dikala berhibernasi sudah lama dipelajari pada hewan pengerat yang bernama tupai tanah. Belum terdapat mamalia primata ataupun tropis diketahui hibernasi. Sampai kesimpulannya ditemui kalau lemur kerdil Madagaskar yang berhibernasi di lubang tumbuhan sepanjang 7 bulan dalam satu tahun.

Baca Juga:  √ Pengertian Biosfer Beserta Cagar Biosfer (Pembahasan Lengkap)

Temperatur dimusim dingin di Malagasy terkadang menggapai lebih dari 30°C( 86°F), sehingga, hibernasi tidaklah menyesuaikan diri yang spesial terhadap temperatur area yang rendah.

Hibernasi dari lemur ini sangat bergantung pada keadaan termal lubang tumbuhan: bila lubang tertutup dengan kurang baik, temperatur badan lemur berfluktuasi secara luas serta secara pasif menjajaki temperatur area; bila tertutup dengan baik, temperatur badan senantiasa lumayan konstan serta hewan hadapi stimulasi wajar.

Dausmann menciptakan kalau hypermetabolisme dikala hewan berhibernasi tidak senantiasa diiringi dengan temperatur badan rendah.


  • Beruang

Apakah beruang itu betul- betul berhibernasi masih senantiasa jadi polemik telah semenjak sebagian dekade, sebab beruang( pada masa dingin) cuma sedikit hadapi penyusutan temperatur pada inti badan dibanding dengan hewan yang lebih kecil. Apapun definisi hibernasi, namun tidaklah tingkatan pengurangan temperatur, namun penekanan metabolik.

Beruang berusia dapat, namun tingkatan metabolisme yang lebih rendah buat dekat 75% di dasar tingkatan metabolisme basal, yang menampilkan kalau beruang berhibernasi. Memanglah, sebagian besar beruang di belahan bumi utara tidak hendak makan maupun minum sepanjang 8 bulan, serta cuma mengandalkan cadangan lemak badan ditaruh buat tenaga serta air.

Walaupun diyakini kalau hibernasinya beruang sangat berbeda dari hewan pengerat maupun hibernasinya hewan primata, serta mengaitkan penekanan metabolisme temperatur secara independen, sebab penyusutan simpel dalam temperatur inti tidak memperhitungkan penyusutan besar dalam tingkatan metabolisme, kepercayaan ini tidak memikirkan dampak respon metabolik yang bisa terjalin lewat penyempitan pembuluh darah ataupun vasokonstriksi yang luas.

Mereka sanggup mendaur ulang protein serta kemih mereka, yang membuat mereka bisa buat menahan berkemih sepanjang berbulan- bulan serta sanggup menghentikan Atrofi otot.[8][9]


  • Burung

Secara historis, Plinius yang Tua yakin kalau Burung layang- layang pula berhibernasi, serta seseorang Ornitologi yang bernama Gilbert White menarangkan fakta pada The Alami History of Selborne yang membuktikan banyak perihal. Burung Pada biasanya tidak berhibernasi. Dengan satu pengecualian yang dikenal kalau burung common poorwill.


Hibernasi Pada Manusia

Bradford serta koleganya dari SpaceWorks Enterprises serta NASA memberi tahu sudah sukses menginduksi keadaan hibernasi ringan pada manusia( hipometabolik) sepanjang 14 hari lewat tata cara hipotermia terapeutik.

Baca Juga:  Hidrolisis : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Pada tata cara ini temperatur badan manusia diturunkan sampai mendekati temperatur titik beku air buat memperlambat guna sel serta otak. Bersumber pada hasil percobaan tersebut tidak ditemui terdapatnya kehancuran pada badan penderita sehingga tata cara tersebut dikira nyaman buat manusia.

Tidak hanya tata cara hipotermia terapeutik, ditemuinya molekul 5’- Adenosin Monofosfat( 5’- AMP) oleh Zhang serta kolega pada tahun 2006, membuka kesempatan lebih besar terhadap terwujudnya hibernasi pada manusia.

Injeksi molekul 5’- AMP pada mencit dilaporkan bisa merangsang fase hipometabolik berat, dimana keadaan metabolisme mencit tersebut menyusut sampai<10%. Molekul 5’- AMP ini sanggup merendahkan afinitas sel darah merah berikatan dengan oksigen serta menekan proses pernapasan sel( glikolisis), proses yang menuju pada keadaan hibernasi.

Gen yang berfungsi terhadap proses hibernasi nyatanya pula ada dalam badan manusia.Misalnya saja gen pengkode protein UCP( mitochondrial uncoupling proteins) yang berperan buat proses hibernasi pada tupai, nyatanya pula dipunyai oleh manusia.

Tidak hanya UCP, ada 8 gen pengaktivasi hibernasi yang lain yang pula dikenal ada pada manusia. Lewat proses rekayasa genetika, mungkin manusia buat dapat berhibernasi terus menjadi bisa jadi buat jadi realitas.

Hibernasi : Pengertian, Jenis dan Fungsinya


Fungsi Lain Hibernasi

Tidak hanya buat keperluan ekspedisi luar angkasa, hibernasi pada manusia pula hendak sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan di masa depan. Hibernasi bisa kurangi mungkin rusaknya organ pada penyakit kronis semacam stroke, jantung, serta hipoksia.

Aspek yang lain ialah berkaitan dengan teknologi kryogenik―dimana badan penderita penyakit kronis yang belum bisa dipulihkan pada masa saat ini hendak diawetkan sepanjang sebagian tahun serta mereka hendak dibangunkan kembali pada dikala teknologi kedokteran yang diperlukan sudah ada.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Hibernasi : Pengertian, Jenis dan Fungsinya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.