Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara Mengatasinya – Apa saja penyebab kelangkaan suatu Produk ataupun Jasa ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Kelangkaan beserta hal-hal yang melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara Mengatasinya


Kelangkaan merupakan adanya keterbatasan alat pemenuhan yang berbanding terbalik dengan permintaan kebutuhan yang tidak terbatas.

Kelangkaan juga diartikan sebagai kondisi di mana jumlah barang yang diminta lebih banyak daripada dengan jumlah barang yang ditawarkan.Lebih singkatnya, keadaan di mana keinginan manusia tidak terbatas, sementara alat pemuas keinginan manusia terbatas.

Dalam ilmu ekonomi, pengertian kelangkaan diurai menjadi dua definisi, yaitu:

  • Langka dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia, sementara berbagai benda yang tersedia, memiliki jumlah yang terbatas. Akibatnya, terjadilah kelangkaan.
  • Langka dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk mendapatkannya. Keterbatasan alat pemuas kebutuhan dikarenakan oleh kelangkaan atau keterbatasan sumber daya ekonomi.

Pada umumnya, terdapat 5 penyebab berlangsungnya kelangkaan, diantaranya yaitu:

  • Perbedaan Letak Geografis

Ini disebabkan sumber daya alam yang ada di bumi tidak tersebar dengan merata.Terdapat tempat yang memiliki tanah-tanah yang subur, ada juga yang tidak.Terdapat tempat yang mempunyai sumber mata air berlimpah, namun ada juga yang tidak.

  • Pertumbuhan Penduduk

Seorang ekonomi asal Inggris bernama Thomas Robert Malthus menyebutkan bahwa pertumbuhan penduduk yang lebih cepat daripada pertumbuhan produksi akan dapat menimbulkan kelangkaan.Semakin banyak penduduknya, berarti semakin banyak pula kebutuhan yang harus terpenuhi.Jadi, jika pertumbuhan produksinya sedikit maka tidak akan mampu untuk mencukupi kebutuhan tadi.

  • Kemampuan Produksi

Beberapa faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan yang kita miliki tidak akan sama kemampuannya maka, tidak semua kebutuhan akan bisa terpenuhi.

  • Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi  lebih pesat daripada di negara tentunya akan mempengaruhi kebutuhan masyarakat .Sebab, teknologi yang rendah hanya dapat memenuhi kebutuhan yang lebih sedikit daripada teknologi yang tinggi.

  • Bencana Alam

Terjadinya bencana alam juga akan mempengaruhi jumlah sumber daya yang ada.Sehingga hal tersebut dapat mengganggu pemenuhan kebutuhan manusianya.

  • Perang dan penyakit

Perang menimbulkan kerusakan serta akan merampas segala sesuatu yang ada di sebuah negara.Begitu juga dengan penyakit yang akan menimbulkan SDM kan mengalami gangguan dalam menjalankan aktifitasnya.Sehingga dua hal tersebut akan menyebabkan terjadinya kelangkaan.

  • Kebijakan pemerintah

Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah rancangan dari suatu solusi untuk menghadapi semua rintangan yang melanda negara .Namun, apabila pemerintah salah langkah, maka akan menyebabkan masalah besar yang dapat menimbulkan kelangkaan.

  • Sumber daya alam yang terbatas

Sumber daya yang ada di alam dibagi menjadi dua macam. Yaitu SDA yang dapat diperbaharui seperti air, tanah dan yang lainnya serta SDA yang tidak bisa diperbaharui seperti batu bara, emas dan yang lainnya.

Jika SDA digali secara terus menerus serta tidak dikelola dengan baik, maka akan sangat mungkin terjadinya krisis.Sehingga alat pemuas kebutuhan akan berkurang dan tidak dapat mencukupi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.Atau singkanya dapat terjadi kelangkaan.

  • Sumber daya manusia (tenaga ahli) yang kurang

Tenaga ahli ini akan sangat menentukan kelangsungan hidup perekonomian dalam suatu negara.Dengan SDM yang berkualitas maka akan terhindar dari kelangkaan, namun begitu juga sebaliknya.

Indonesia memang memiliki banyak sekali SDM, namun jumah tenaga ahlinya sangatlah sedikit. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan kelangkaan.Berikut beberapa penyebab kurangnya tenaga ahli:rendahnya tingkat pendidikan seorang individu,tidak ada motivasi atau penghargaan.

  • Sifat serakah manusia

Pada dasarnya manusia mempunyai sifat asli yakni tidak pernah merasa puas ataupun cukup.Sekarang banyak sekali manusia yang rela membeli apa pun tanpa berfikir panjang, tanpa membuat skala prioritas.Sehingga sifat boros akan menggerogoti dirinya.

Mahatma Ghandi, menyebutkan bahwa “Sumber daya alam yang tersedia hanya cukup untuk kebutuhan manusia, tetapi tidak cukup untuk kerakusan setiap manusia”.Secara terus-menerus menuruti nafus untuk membeli sesuatu, lama-kelamaan SDA, bahan baku akan berkurang dan akhirnya habis.Inilah yang menimbulkan terjadinya kelangkaan.

  • Terbatasnya dana

Tanpa dana, maka pembangunan ekonomi tidak akan bisa berjalan dan proses produksipun akan terhambat.Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa dana merupakan aspek penting yang harus ada dalam kegiatan ekonomi khususnya dalam usaha untuk mengurangi kelangkaan.

  • Ketidakseimbangan struktur ekonomi

Semua sektor yang ada di sebuah negara haruslah sama sekaligus rata.Apabila tidak, maka akan terjadi kegalauan dan dapat memicu terjadinya kelangkaan.Di mana banyak negara yang memilih untuk memfokuskan pada beberapa sektor saja, sehingga sektor lain tidak mendapatkan perhatian.Apabila akan terjadi suatu kelangkaan pada beberapa kebutuhan.


Jenis Jenis Kelangkaan Ekonomi

Berikut adalah beberapa jenis dari kelangkaan ekonomi:

  • Kelangkaan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam atau SDA merupakan segala sesuatu yang ada di alam yang terdiri atas sumber daya abiotik dan sumber daya biotik yang diberikan oleh sang pencipta.Namun, jika dalam pemanfaatan SDA digali secara terus menerus maka akan terjadi eksploitasi yang mengakibatkan SDA yang tersedia akan habis.Maka otomatis hal tersebut akan mengkibatkan terjadinya kelangkaan.

Kelangkaan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Sumber daya manusia merupakan kemampuan dari seorang individu yang dapat memberikan manfaat jika dilakukan secara optimal.Dan sumber daya manusia atau SDM ini dianggap sebagai sumber daya yang langka.

  • Kelangkaan Sumber Daya Modal

Sumber daya modal adalah sumber daya yang asalnya dari individu dengan tujuan guna mempermudah terlaksananya proses produksi.Kelangkaan ini didasari dengan kemauan dan kemampuan yang dimiliki oleh tiap-tiap individu.

Sebab, pada dasarnya setiap individu mempunyai kemampuan untuk membuat sumber daya modal tersebut.Salah satu caranya yaitu kemauan yang kuat untuk bekerja keras serta berusaha pantang menyerah.

  • Kelangkaan Sumber Daya Kewirausahaan atau Entrepreunership

Sumber daya kewirausahaan memiliki sifat langka.Sebab tidak semua orang dapat menjadi seorang pengusaha atau pedagang.Untuk menjadi pengusaha seseorang harus dapat memenuhi syarat yakni memiliki modal dan juga keahlian


Dampak Kelangkaan

Berikut adalah delapan dampak yang akan terjadi akibat kelangkaan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kenaikan Harga Jual

Jika terdapat kelangkaan dalam suatu barang, maka otomatis akan menaikan harga dari barang tersebut.

Contoh: minyak atau bahan bakar yang mengalami kenaikan harga sebab banyaknya permintaan yang akan menguras bbm tersebut.Dampak dari kenaikan harga jual ini juga akan memberikan insentif bagi perusahaan untuk melakuakan beberapa hal, seperti:

    • Mencari beberapa sumber alternatif yang baik, sebagai contoh pasokan minyak baru dari Antartika.
    • Mencari alternatif contohnya menggunakan mobil panel surya.
  • Kurva Permintaan seiring waktu

Dalam jangka pendek, permintaan merupakan harga yang sifatnya tidak elastis.Sebagai contoh seseorang yang menggunakan mobil bensin, harus tetap membeli bensin.Tetapi, dengan seiring waktu, orang bisa membeli mobil listrik atau sepeda, oleh sebab itu, permintaan akanbensin jatuh.Permintaan akan lebih elastis dengan harga dari waktu ke waktu.Oleh sebab itu, di pasar bebas, terdapat insentif untuk mekanisme pasar guna menangani masalah kelangkaan.

  • Kegagalan pasar potensial

perusahaan yang tidak memikirkan pasokan untuk masa depan.barang yang ditentukan oleh harga, sehingga sebagian orang tidak mampu membeli barang tertentu. Oleh sebab itu, ekonomi juga mementingkan redistribusi pendapatan guna membantu tiap individu agar mampu membeli kebutuhannya.produksi emisi CO2 menimbulkan pemanasan global, naiknya permukaan laut yang akan memperburuk kelangkaan masa depan.

  • Tragedi

Tragedi milik bersama berlangsung pada saat penggembalaan yang berlebihan dari sebuah lahan atau ladang tertentu.Contoh: penangkapan ikan besar-besaran yang akan mengurangi populasi ikan. Dan dapat menyebabkan kelangkaan.

  • Kuota dan kelangkaan

Salah satu solusi dalam mengatasi kelangkaan yaitu dengan menerapkan kuota berapa banyak orang yang bisa membeli suatu barang.

Masalah kuota dapapat merujuk ke pasar gelap, sebab untuk mendapatkan barang tertentu, sebagaian orang bersedia membayar jumlah yang tinggi untuk memperoleh barang itu.

  • Masalah ganda

Sebab kebutuhan bisa bersifat subyektif, maka konsep ini berlaku dalam beberapa kondisi, misalnya:

    • Individu atau kelompok yang berada dalam kemiskinan absolut di sebuah negara berkembang.
    • Individu atau kelompok yang berada dalam kemiskinan relatif di tempat lain (contoh: selepas kehilangan pekerjaan, bercerai, atau lainnya)
    • Individu atau kelompok yang mengetahui tenggelamnya tagihan yang wajib dibayar sebelum cek pembayaran selanjutnya.
  • Mempengaruhi Pemikiran

Pada saat kita mengalami kelangkaan, bandwidth mental (fokus pikiran) akan berkurang.Hal ini akan membuat kita rentan pada sejumlah hasil buruk.Kita cenderung akan melakukan hal buruk pada beberapa hal.

Contohnya: gagal dalam tes kelincahan mental, menunjukkan impulsivitas, kontrol diri yang jelek, mudah tersinggung, serta dapat berbicara yang tidak sopan.

  • Menghambat Perilaku Optimal

Penurunan dalam bandwidth mental ini selanjutnya akan merujuk kepada tingkah ataupun keputusan buruk yang kemudian akan menyebabkan kerugian.

Contoh kasus ini: kekurangan uang dapat menyulitkan seseorang dalam membuat pilihan terbaik yang berguna untuk meningkatkan posisi keuangan kembali.

Penyebab Kelangkaan : Pengertian, Jenis Kelangkaan dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kelangkaan

Berikut terdapat beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan, diantaranya yaitu:

  • Menghemat penggunaan sumber daya alam.
  • Memelihara sekaligus melestarikan sumber daya alam dengan kontrol yang baik.
  • Menciptakan alat pemuas baru berupa barang pengganti (barang substitusi).
  • Meningkatkan pengelolaan dari berbagai macam sumber daya alam, sehingga akan lebih bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Penyebab Kelangkaan , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya

Daftar Isi