Profesionalisme Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Profesionalisme Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya – Apakah “Profesionalisme” itu ? Profesionalisme merupakan sebutan mengacu kepada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi  mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.Untuk lebih jelasnya Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa maksud dari profesionalisme dan lain-lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikelnya di bawah ini.

Profesionalisme Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya


Menurut Kamus Kata-Kata Serapan Asing Dalam Bahasa Indonesia, karangan J.S. Badudu (2003), definisi profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau ciri orang yang profesional.Sementara kata profesional sendiri berarti ,bersifat profesi,memiliki keahlian dan keterampilan karena pendidikan dan latihan, beroleh bayaran karena keahliannya itu.

Dapat disimpulkan jika profesionalisme memiliki dua kriteria pokok, yaitu keahlian dan pendapatan (bayaran).Kedua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan.Seseorang dapat dikatakan memiliki profesionalisme manakala memiliki dua hal pokok tersebut, yaitu keahlian (kompetensi) yang layak sesuai bidang tugasnya dan pendapatan yang layak sesuai kebutuhan hidupnya.

Dari beberapa definisi tersebut, maka profesionalisme dapat diartikan juga sebagai sesuatu yang harus ada dalam diri professional, yaitu mutu, kualitas dan tindak tanduk sehingga memenuhi strandar kerja, moral dan etika yang ada dalam pekerjaan tersebut.

Profesionalisme merupakan suatu sikap yang harus dikembangkan para pekerja saat berada di lingkup perusahaan. Setiap orang bisa memiliki berbagai macam karakter yang berbeda.Tapi dalam hal ini setiap sikap dan karakter harus dapat ditempatkan di porsi yang tepat dan sesuai. Misal, sikap seorang ayah di rumah dan di kantor tentu harus berbeda. Bila di rumah dapat mempunyai watak yang tegas tapi lembut dan penyayang, maka di kantor sikap yang harus dibawa jauh lebih profesional. Contohnya sabar menghadapi pelanggan dan kerja keras dalam mengejar target yang ditentukan oleh pimpinan.

Baca Juga:  √ Pengertian Insentif, Jenis, Bentuk, Tujuan, Prinsip, Indikator Insentif

Pengertian Profesionalisme Menurut Para Ahli

Berikut pengertian profesionalisme menurut para ahli:

Kiki Syahnarki

Menurut Kiki Syahnarki, Profesionalisme adalah roh yang menggerakan, mendorong, mendinamisasi dan membentengi TNO dari tendensi penyimpangan serta penyalahgunaannya secara Internal maupun eksternal.

Onny S. Prijono

Menurut Onny S. Prijono, Profesionalisme adalah kemampuan untuk memasuki ajang kompetisi sebagai antisipasi menghadapi globalisasi.

KBBI, (1994)

Profesionalisme berasal dan kata profesional yang mempunyai makna yaitu berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya.

Longman, (1987)

Profesionalisme adalah tingkah laku, keahlian atau kualitas dan seseorang yang professional

Pamudji (1985)

Menurut Pamudji, Profesionalisme adalah lapangan kerja tertentu yang diduduki oleh orang-orang yang memiliki kemampuan tertentu pula.

Aholiab Watloly

Menurut Aholiab Watloly, Profesionalisme adalah sikap sesorang profesional atau profi.

Korten & Alfonso (1981)

Menurut Korten & Alfonso, Profesionalisme adalah kecocokan (fitness) antara kemampuan yang dimiliki oleh birokrasi (bureaucratic-competence) dengan kebutuhan tugas (ask-requirement).

Siagian (2009:163)

Profesionalisme adalah, “Keandalan dan keahlian dalam pelaksanaan tugas sehingga terlaksana dengan mutu tinggi, waktu yang tepat, cermat, dan dengan prosedur yang mudah dipahami dan diikuti oleh pelanggan.”

Sedarmayanti (2004:157)

Profesionalisme adalah suatu sikap atau keadaan dalam melaksanakan pekerjaan dengan memerlukan keahlian melalui pendidikan dan pelatihan tertentu dan dilakukan sebagai suatu pekerjaan yang menjadi sumber penghasilan.

Atmosoeprapto dalam Kurniawan (2005:74),

Profesionalisme merupakan cermin dari kemampuan (competensi), yaitu memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), bisa melakukan (ability) ditunjang dengan pengalaman (experience) yang tidak mungkin muncul tiba-tiba tanpa melalui perjalanan waktu.

Profesionalisme Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Ciri-Ciri Profesionalisme

Berikut ini dalah ciri-ciri profesionalisme:

  • Keinginan untuk selalu menampilkan perilaku yang dapat dijadikan sebagai rujukan yang baik.
  • Berusaha meningkatkan dan memelihara perilaku profesionalnya melalui perwujudan perilaku profesional.
  • Perwujudan tersebut dilakukan melalui berbagai cara misalnya dai cara berpenampilan, cara berbicara, penggunaan bahasa, sikap tubuh badan, serta sikap hidupnya sehari-hari.
  • Keinginan untuk sentiasa mengejar berbagai kesempatan pengembangan profesional yang dapat
  • Meningkatkan dan memperbaiki kualitas pengetahuan dan keterampiannya.
Baca Juga:  √ 12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Profesionalismesemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.