Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola

Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola – Tentu kita semua telah mengetahui apa itu olahraga Sepak bola bukan?. Sepak Bola merupakan cabang berolahraga yang sangat terkenal serta sangat digemari. Pada kali ini hendak mangulas secara lengkap tentang materi sepak bola ialah meliputi pengertian, peraturan, tehnik dasar, rangkuman sepak bola lainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan dibawah ini

Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola


Pengertian Sepak Bola ialah cabang berolahraga yang memakai bola yang dibuat dari bahan kulit serta dimainkan oleh 2 regu yang beranggotakan 11 pada masing- masing regu. serta sebagian orang pemain inti serta sebagian pemain cadangan”

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Supaya lebih mendalami tentang apa itu sepakbola, kita harus mengetahui beberapa pendapat ahli di bawah ini mengenai pengertian sepak bola dan tujuannya.

  • Muhyi faruq : Pengertian sepak bola adalah bentuk olahraga fisik yang bertujuan menyehatkan tubuh, menguatkan mental, memperluas kehidupan social, serta membuat prestasi.
  • Agus salim : Definisi permainan sepak bola adalah olahraga bermain bola menggunakan kaki yang bertujuan untuk mencetak skor sebanyak – banyaknya ke gawang lawan.
  • Muhajir : Sepak bola adalah suatu permainan bola yang dilakukan dengan jalan menyepak dan bertujuan untuk menendang bola kegawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri.
  • Hasan alwi : Permainan sepak bola adalah olahraga yang terdiri dari dua kelompok berlawanan dengan masing – masing tim terdiri atas 11 pemain dan bertujuan untuk mencetak gol ke gawang musuh

Jadi, dari beberapa pengertian sepak bola menurut para ahli di atas, dapat kami simpulkan bahwa :

Sepak bola merupakan game yang terdiri dari 2 regu, masing– masing regu mempunyai 18 pemain dengan 11 pemain inti dan 7 cadangan serta bertujuan buat mempertahankan gawang sendiri dan mencetak skor ataupun berhasil ke gawang lawan sebanyak– banyaknya. Perlengkapan yang dimainkan dalam game ini dinamakan bola yang dibuat dari kulit, karet, serta sejenisnya.


Manfaat Permainan Sepak Bola

Ada pun beberapa manfaat bermain sepak bola adalah sebagai berikut :

  • Menaikkan kesehatan fisik.Dalam game sepak bola, kamu dituntut berjalan serta berlari untuk mengejar serta menggiring bola supaya dapat mempertahankan serta mencetak berhasil kegawang lawan. Aktivitas ini dapat tingkatkan energi .
  • Membuat  jadi lebih cerdas .Dalam  sepak bola, kamu tidak cuma menggerakkan raga saja, namun pula memakai otak supaya bisa memenangkan pertandingan cocok dengan strategi yang telah direncanakan. Serta pula dalam game sepak bola kamu wajib berpikir kilat kapan wajib mengumpan serta kapan wajib menendang.
  • Tingkatkan kerja sama serta sosialisasi antar tim.Komunikasi sangat dibutuhkan antar pemain dalam  sepak bola. Sebab dengan komunikasi, kerja sama hendak tercipta di dalam regu.
  • Menguatkan mental.Dalam menjajaki suatu kompetisi, ada kalanya kamu menang serta pula kalah. Dikala kamu kalah, jangan berkecil hati, itu malah jadi sesuatu pelajaran agar kamu supaya jadi lebih baik dari tadinya.
  • Jadi orang yang disiplin.Bila Anda ingin jadi pemain sepak bola, kamu wajib berupaya dengan metode berlatih secara teratur. sepak bola hendak membuat kamu jadi lebih disiplin dalam berlatih.
  • Tingkatkan rasa bersyukur kepada tuhan.Memenangkan suatu pertandingan dalam bermain sepak bola akan membuat kamu lebih merasa bersyukur atas kemenangan itu.

 


Tujuan  Permainan Sepak Bola

Tujuan utama permainan sepak bola adalah pemain memasukan bola sebanyak- banyaknya ke gawang lawan serta berupaya melindungi gawang sendiri, supaya tidak kebobolan/ kemasukan bola dari lawan sehingga memenangkan pertandingan.Berikut ini sebagian tujuan para pemain sepak bola dalam bermain adalah :

  • Menghasilkan berhasil ke gawang lawan.
  • Menghindari ataupun menghalau bola supaya tidak masuk ke gawang sendiri.
  • Melindungi sportivitas antar pemain serta menghasilkan game yang adil.
  • Membangun kerjasama regu supaya solid.
  • Meningkatkan kebugaran serta kesehatan pemain.
  • Mencapai prestasi.

Tehnik Dasar Sepak Bola

Saat sebelum bermain sepak bola, kamu wajib mengenali apa saja metode atau tehnik dasar sepak bola serta penjelasannya. Kamu tidak butuh menekuni freestyle bola semacam juggling, balancing, serta lain– lain sebab itu tidak sangat berarti. Yang wajib kamu tahu serta pelajari merupakan macam- macam gerak dasar dalam game sepak bola daintaranya adalah :

Menggiring bola/ Dribbling

Menggiring bola ataupun yang biasa diucap dengan dribbling merupakan metode memahami bola dengan metode mendesak bola secara pelan sembari berlari maupun berjalan. Metode ini sangat dibutuhkan dalam game sepak bola, sebab bila dribbling kamu bagus, hendak memudahkan buat menerobos pertahanan lawan.

Metode dribbling dapat dicoba dengan kaki bagian luar, bagian dalam, serta bagian punggung. Terdapat 2 metode dalam dribbling.

Speed dribbling, metode dribbling in i dicoba pada dikala posisi kamu jauh dari lawan ataupun di depan lawan. Metode ini dicoba dengan metode menendang bola dekat 3– 5 m, kemudian berlari sekencang– kencangnya mengejar bola tersebut supaya lawan susah mengejar kamu.

Closed dribbling, metode dribbling ini umumnya dicoba dikala posisi kamu tidak nyaman ataupun dalam kondisi 1 lawan 1. Metode melaksanakannya merupakan menendang bola secara pelan dengan jarak kurang dari 1 m supaya dapat mengendalikan bola dengan baik biar tidak direbut oleh lawan.

Menendang bola/ shooting

Berikut merupakan metode dasar menendang bola diantaranya :

  • Menendang bola dengan kaki bagian luar, metode ini umumnya digunakan dikala freekick ataupun bola mati.
  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam, metode ini umumnya digunakan dikala jarak kamu dekat dengan gawang serta pada dikala bola lagi bergulir.
  • Menendang bola dengan punggung kaki, metode ini umumnya digunakan dikala bola lagi melambung, bola mati, serta bola hidup ataupun bola lagi bergulir.

Mengumpan Bola/ Passing

Mengumpan bola ataupun passing merupakan metode dasar dalam game sepak bola yang bagi kami merupakan metode yang wajib harus dipahami serta yang sangat berarti. Mengapa kami bilang begitu? Sebab bila kamu tidak begitu hebat dalam menggiring bola, dapat tertutupi oleh umpan kamu yang bagus. Serta bila tendangan kamu buat mencetak berhasil kurang dapat diandalkan, hingga dapat tertutupi dengan membagikan umpan yang indah kepada sahabat. terdapat 3 metode dalam mengumpan bola.

  • Mengumpan bola dengan kaki bagian luar, metode ini digunakan buat mengumpan jarak pendek.
  • Mengumpan bola dengan kaki bagian dalam, metode ini pula digunakan buat mengumpan jarak pendek.
  • Mengumpan bola dengan punggung kaki, metode ini digunakan buat mengumpan jarak jauh.

Menghentikan Bola/ Stopping

Menghentikan bola ataupun Stopping pada biasanya merupakan metode dalam game sepak bola yang tidak sangat susah dipelajari. Banyak orang yang dapat dengan gampang menghentikan pergerakan bola, tetapi banyak pula yang susah dalam mengentikan bola. Contohnya bola yang ditendang dengan keras hendak susah buat dihentikan. Berikut merupakan metode mengentikan pergerakan bola bagi suasana serta keadaan ;

  • Menghentikan bola dengan telapak kaki, ini merupakan metode yang sangat gampang dalam menghentikan bola. Umumnya orang dapat dengan gampang melaksanakannya tanpa latihan spesial. Metode ini digunakan buat menghentikan bola dikala bergulir di tanah.
  • Mengentikan bola dengan punggung kaki, metode ini biasa digunakan buat mengentikan bola yang terletak di hawa.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam serta luar, metode ini digunakan buat mengentikan bola yang terletak di hawa tetapi tidak sangat besar serta dikala bola bergulir di tanah.
  • Mengentikan bola dengan dada, metode ini digunakan dikala bola melambung besar di hawa. Memanglah agak susah mengontrolnya, tetapi bila latihan secara teratur tentu nantinya hendak lebih gampang dicoba.
  • Menghentikan bola dengan perut, metode ini sesungguhnya tidak sering digunakan, sebab umumnya metode ini dicoba bila bola kebetulan menuju keperut kamu secara kilat sehingga wajib dihentikan memakai perut. Tetapi wajib dicoba dengan benar supaya tidak terjalin cidera serta bola dapat jatuh di kaki dengan baik.
  • Menghentikan bola dengan paha, metode ini digunakan dikala bola melambung di hawa.

Menyundul Bola/ Heading

Banyak orang pada dikala menyundul bola memakai ubun– ubunnya. Butuh kamu tahu kalau, menyundul bola memakai ubun– ubun tidak begitu efisien. Mengapa kami bilang tidak efisien? Sebab hendak sangat susah memandang arah datangnya bola, sehingga sulit dalam mengontrolnya.

Tetapi gimana metode yang efisien buat menyundul bola? Triknya merupakan dengan memakai dahi kamu. Dengan memakai dahi, kamu dapat memandang arah datangnya bola serta hendak lebih gampang dalam mengontrolnya.

Menyapu Bola/ Sliding Tackle

Menyapu bola/ Sliding tackle merupakan metode dalam game sepak bola yang dicoba dengan meluncurkan badan kerumput demi merebut bola dari lawan. Pastinya metode sliding tackle ini sangat beresiko serta mempunyai efek yang besar.

Karena bila timing kamu pada dikala melaksanakan sliding tackle tidak tepatwalaupun sedikit saja, hingga dapat menimbulkan cidera pada lawan serta kamu dapat memperoleh kartu kuning apalagi kartu merah. Terdapat peraturan yang tidak boleh dicoba dalam sliding tackle, ialah tidak boleh melaksanakan sliding tackle dari balik, mengangkut kaki ke atas, serta memakai metode menggunting.

Merebut Bola/ Intercepting

Merebut bola ataupun intercepting merupakan metode buat memahami bola dari kaki lawan. Butuh kamu ketahui, kelincahan serta kecepatan sangat diperlukan dalam merebut bola, mengapa? Bila kamu kalah lincah serta kilat dari lawan, lawan dapat dengan gampang melewati kamu.

Menangkap Bola/ Goal Keeping

Sesungguhnya, metode dasar dalam game sepak bola ini tidak begitu butuh bila posisi kamu bukan penjaga gawang/ kiper. Metode menangkap bola ini cuma harus dipelajari oleh penjaga gawang saja.

 

Materi Sepak Bola: Pengertian,Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola


Sejarah Sepak Bola Singkat

Berikut ini merupakan sejarah sepak bola di dunia yang masuk ke sebagian negeri yang terdapat di dunia.

Cina

Sesungguhnya, dunia masih memperbincangkan permasalahan dari mana asal muasal ataupun sejarah sepak bola awal kali di dunia. Terdapat yang bilang game sepak bola berasal dari daratan Tiongkok, terdapat yang bilang dari romawi, serta terdapat pula yang bilang inggris lah yang awal kali memainkan game sepak bola.

Hingga pada kesimpulannya, FIFA ataupun Federasi Sepak Bola Internasional meresmikan kalau game sepak bola berasal dari daratan Tiongkok, tepatnya pada masa dinasti tsin dekat abad ke– 3 SM.Serta telah ditentukan kalau romawi serta inggris cuma bagaikan pengembang ataupun penyempurna game sepak bola yang berasal dari daratan Tiongkok.

Fakta kalau game sepak bola berasal dari daratan Tiongkok merupakan terdapatnya dokumen– dokumen militer yang menarangkan kalau pada masa dinasti tsin, dekat tahun 255– 206 SM, salah satu perihal yang dicoba tentara dalam melatih raga mereka merupakan dengan metode bermain sepak bola ataupun pada dikala itu diucap dengan tsu chu.

Setelah itu di era dinasti han ialah dekat tahun 206 SM– 220 Meter, tsu chu sudah diketahui di susunan warga serta mulai dimainkan dari anak– anak sampai orang berusia.

Jepang

Kemari, merupakan nama game sepak bola yang terdapat di jepang dekat tahun 300 Meter. Orang dagang serta pelajar dari jepang yang terdapat di daratan Tiongkok bawa game tsu chu ke jepang serta mengembangkannya. Konon katanya dekat tahun 50 Meter, para pemain tsu chu dari daratan Tiongkok sempat bertanding melawan para pemain kemari dari jepang, tetapi kabar ini belum tentu kebenarannya.

Romawi

Cuma sedikit yang dikenal tentang game sepak bola di romawi. Tetapi bagi sejarah, game sepak bola di romawi ataupun pada dikala itu diucap dengan game harpastum, sudah dimainkan dekat tahun 146 SM.

Inggris

Dekat tahun 100– 500 Meter. bangsa romawi bawa game harpastum ke Eropa. Setelah itu dekat tahun 1100 Meter, game sepak bola mulai dimainkan di inggris. Raja Edward II yang dikala itu merupakan raja inggris pada tahun 1314 Meter melarang game sepak bola.

Raja Edward II melarang game sepak bola bukan tanpa alibi. Alibi raja Edward II melarang game sepak bola merupakan sebab pada dikala itu, game sepak bola di inggris dicoba dengan sangat agresif serta tanpa ketentuan, sehingga kerap terdapatnya permasalahan kematian dikala game berlangsung.

Setelah itu pada tahun 1369, raja Edward III membatalkan larangan bermain sepak bola, sampai mempraktikkan game sepak bola ke sebagian sekolah di inggris. Tetapi pada tahun 1572 Meter, ratu Elizabeth I melarang keras game sepak bola tanpa alibi yang jelas.

Sampai pada kesimpulannya, pada tahun 1680, raja Charles II mencabut larangan bermain sepak bola. Bersamaan berjalannya waktu, game sepak bola mempunyai peraturan– peraturan yang adil sehingga warga lebih aman dalam memainkannya hingga saat ini ini.


Peraturan Permainan Sepak Bola

Sebutkan peraturan- peraturan dalam game sepak bola? Dalam bermain sepak bola kita tidak boleh asal- asalan dalam pertandingan resminya. Untuk itu kita wajib pelajari apa saja peraturan yang terdapat dalam game sepak bola ini.perinciannya adalah seperti di bawah ini ;

Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola dalam pertandingan biasa;

  • Panjang lapangan sepak bola  dari 90 meter– 120 meter.
  • Lebar lapangan sepak bola  dari 45 meter– 90 meter.

Lapangan sepak bola dalam pertandingan internasional ;

  • Panjang lapangan sepak bola 100 meter– 110 meter.
  • Lebar lapangan sepak bola  64 meter– 75 meter.

Ukuran Bola

bentuk  bola harus bulat, pembuatan bola memakai material serta bahan– bahan yang bermutu serta sinkron, Panjang lingkar bola di antara 70 centimeter serta 68 centimeter, berat bola diawal pertandingan di antara 450 gr serta 410 gr, apabila bola rusak dikala pertandingan berlangsung, permaianan wajib diberhentikan sejenak serta diulang dengan meletakkan bola baru ditempat bola rusak.

Pemain sepak bola

  • Jumlah pemain.Game sepak bola dimainkan oleh 2 regu yang bertentangan, masing– masing regu memp unyai 11 orang pemain.
  • Kekurangan pemain.Apabila dalam suatu pertandingan sepak bola cuma terdapat 7 pemain dalam lapangan sebab cidera ataupun kartu merah, hingga regu dengan 6 pemain tersebut hendak dinyatakan kalah.
  • Pergantian pemain.Batasan pergantian pemain dalam pertandingan formal FIFA cuma dapat 3 kali. Namun di pertandingan nasional, bisa melaksanakan 7 kali pergantian. Sebaliknya di pertandingan teman dapat lebih dari itu.
  • Pemimpin regu ataupun kapten.Dalam suatu regu, kapten memanglah sangat diperlukan. Dikala salah satu anggota regu nya hadapi konflik dengan wasit ataupun lawan, kapten timlah yang bertanggung jawab buat membongkar permasalahan.
  • Pernak- pernik pemain.Pernak- pernik yang diperbolehkan adalah Jersey,Kaos kaki,Sarung tangan dan Headgear.Pernak- pernik yang dilarang adalah Anting,Gelang,Kalung

Tugas – tugas wasit

  • Mengendalikan jalannya pertandingan yang dibantu oleh asisten wasit
  • Memastikan kalau bola yang digunakan sudah sinkron dengan yang tercantum di ketentuan no.
  • Memastikan kalau seluruh pemain di kedua regu sudah sinkron dengan ketentuan no 3 serta 4.
  • Mengelola waktu dan jadi pencatat segala proses pertandingan.
  • Menunda, menghentikan, ataupun mengakhiri suatu pertandingan bila terdapat pemain yang melanggar ketentuan, cidera, maupun terdapatnya kendala dari pihak luar.

Asisten wasit/ linesman

Asisten wasit ataupun linesman merupakan orang yang bertugas buat bawa bendera yang digunakan buat menunjukkan offside, out, serta tendangan sudut.

Durasi game sepak bola

Dalam suatu pertandingan formal, game sepak bola terdiri dari 2 babak yang masing– masing ayah terdiri dari 45 menit. Pertandingan hendak menemukan bonus waktu dengan metode mengambil waktu yang terbuang semacam cidera ataupun pergantian pemain dikala pertandingan berlangsung.

Tendangan pembuka/ kick off

Kick off terjalin apabila:

  • Kala pertandigan dimulai
  • Kala terjalin gol
  • Kala pergantian babak.

Bola keluar/ out ball

Bola dikatakan out tidak cuma kala bola melewati garis lapangan, tetapi bola pula diangap out kala terdapat salah satu pemain yang cidera, sehingga game dihentikan wasit sejenak.

Peraturan gol

Dalam game sepak bola, berhasil dikira legal kala bola masuk ke dalam gawang tanpa terjalin suasana hands ball, offside, ataupun pelanggaran yang lain.

Posisi offside

Terbentuknya suatu offside apabila kamu lagi mengejar bola di wilayah lawan, namun pada dikala kamu memegang bola, posisi kamu terletak di balik pemain lawan kecuali kiper.

Pelanggaran Serta Hukumannya

Terbentuknya sesuatu pelanggaran pada dikala pertandingan berlangsung terjalin sebab hands ball, tackle yang keras, serta lain– lain. Bila melaksanakan sesuatu pelanggaran keras, wasit hendak membagikan 2 tipe kartu. Bila wasit membagikan kartu kuning, maksudnya pemain itu telah diberi peringatan keras oleh wasit supaya tidak melaksanakan pelanggaran lagi. Sebaliknya bila pemain menemukan kartu merah, itu maksudnya pemain sudah melaksanakan kesalahan parah serta hendak dikeluarkan dari pertandingan yang lagi berlangsung.

Tendangan leluasa/ free kick

Free kick ataupun tendangan leluasa terjadi apabila seseorang pemain melaksanakan pelanggaran.

Tendangan penalty

Tendangan penalty terjadi apabila seseorang pemain melaksanakan pelanggaran di kotak pinalti daerahnya sendiri.

Lemparan kedalam/ throw in

Lemparan ke dalam ataupun throw in dapat dicoba pada dikala bola menggelinding ke luar garis lapangan.

Tendangan gawang/ goal kick

Tendangan gawang ataupun goal kick merupakan tendangan yang dicoba apabila kamu menendang melewati garis gawang lawan, setelah itu tendangan gawang hendak dicoba oleh kiper lawan.

Tendangan sudut/ corner kick

Tendangan sudut ataupun corner kick terjadi bila kamu menendang bola keluar garis gawang kamu sendiri.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id kali ini tentang Materi Sepak Bola. Semoga bermanfaat.

Daftar Isi