Permainan Rounders: Pengertian, Sejarah, Teknik, Prasarana dan Sistem Nilai

Permainan Rounders: Pengertian, Sejarah, Teknik, Prasarana dan Sistem Nilai – Apakah Kau tahu apa yang di sebut permainan rounders ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Permainan Rounders: Pengertian, Sejarah, Teknik, Prasarana dan Sistem Nilai

Rounders salah satu jenis permainan yang menggunakan bola kecil dengan teknik dasar yang hampir sama dengan permainan kasti yaitu melempar, menangkap, dan memukul serta ditambah dengan ketrampilan mengecoh dan menghindari sentuhan bola.

Permainan ini dilakukan oleh 2 kelompok dengan menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan serta tumpukan batu untuk disusun. Barang siapa yang dapat menumpuk batu itu dengan cepat tanpa terkena pukulan bola maka kelompok itulah yang memenangkan permainan.

Pada awal permainan, menentukan kelompok dahulu yang mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang akan dikejar dengan suit. Kelompok yang terpilih menjadi penjaga harus segera menangkap bola dengan secepat mungkin setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar.

Jika bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola itu akan menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat diperlukan sama halnya dengan olahraga softball atau baseball.

Permainan ini sangat memerlukan kerja sama dan kekompakkan antar pemain. peraturan permainan ini pun sebenarnya hampir sama dengan permainan kasti atau permainan kipers. Untuk lebih jelas tentang sejarah rounders, masri simak ulasan yang akan disajikan berikut ini.

Sejarah rounders

Permainan rounders telah dimainkan sejak zaman Tudor di Inggris, dengan referensi awal yang pada tahun 1744 dalam Sebuah Buku Pocket-Pretty Little yang mana ia disebut dasar-bola oleh John Newbery Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua dari Buku Pemilik The Boy, yang mencakup aturan permainan kasti serta berisi tentang deskripsi permainan ini dalam bahasa Inggris.

Pada tahun berikutnya, buku tersebut diterbitkan di Boston, Massachusetts. Aturan nasional pertama yang resmi disusun oleh Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) di Irlandia pada 1884. Permainan rounders ini masih diatur oleh GAA di Irlandia.

Permainan rounders Inggris diatur oleh National Rounders Association (NRA), yang dibentuk pada tahun1943. Setelah aturan permainan kasti diformalkan di Irlandia, lalu didirikan asosiasi di Liverpool dan Skotlandia pada tahun 1889. Meskipun permaianan kasti ini dianggap lebih tua dibandingkan permainan bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

Setelah aturan kasti itu diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada 1889. Kedua ‘New York permainan’ namun sekarang sudah tidak berfungsi versi ‘Massachusetts permainan bisbol, serta softball, berbagi akar sejarah yang sama seperti kasti serta mempunyai kemiripan dengan versi GAA dari permainan.

Peemainan rounders terkait dengan bisbol Inggris, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport. Walaupun permainan kasti dianggap lebih tua dibandingkan bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘basis-bola’ di Inggris pra-date penggunaan kasti panjang. Permainan ini sekarang sudah dimainkan sampai tingkat internasional.

Teknik Permainan

Berikut adalah teknik dari permainan rounders yaitu:

  • Peraturan Permainan

  1. Permainan ini dimainkan oleh 2 regu, setiap dimainkan oleh 9-12 orang
  2. Lama permainan ini ditentukan oleh “inning” (satu kali menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga)
  3. Pergantian tempat
    Terjadi sebanyak 6x mati
    Terjadi 5x bola tangkap
  • Regu Pemukul

  1. Pemukul berada di ruang bebas
  2. Urutan pemukul ditentukan dengan no urut dari 1-12
  3. Setiap orang yang memukul diberi kesempatan sebanyak 3x memukul, namun jika pukulan pertama atau kedua baik, maka pemukul harus lari ke base pertama dan seterusnya.
  4. Pemukul atau pelari pertama tidak boleh didahului oleh pelari ke-2, pemukul ke-2 dan tidak boleh didahului oleh pemukul ke 3 dan seterusnya
  5. Pemukul harus lari jika pukulannya baik, atau setelah pukulan ke 3, meskipun pukulan ke 3 tidak kena
  • Regu Penjaga

  1. Regu penjaga berjumlahkan 4 orang dari penjaga mengambil tempat di base 1-2-3-4
  2. Satu orang sebagai pelambung
  3. Satu orang lagi menjaga di bagian belakang pemukul. Tugas penjaga ini yaitu menangkap bola yang dilambungkan
  4. pelambung dan merangkap sebagai penjaga base-5
  5. Setiap penjaga base ini diperbolehkan untuk mematikan setiap pelari (beberapa pelari)
  6. Penjaga lainnya mengambil tempat di lapangan.

Teknik Dasar Rounders

Permanian rounders merupakan bagian dari olah raga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan yang tentu setiap pemainya ingin menjadi pemenang.

Berikut adalah beberapa teknik dasar yang terdapat pada permainan rounders yang harus dikuasai pemain, diantaranya yaitu:

  • Teknik Memukul

Teknik Memukul salah satu hal yang sangat penting dalam permainan rounders ini sehingga tim dapat dipastikan menguasai permaianan dengan demikian pemain harus mempunyai ketrampilan yang berbeda dengan pemain lainnya.

Pukulan adalah salah satu cara untuk memberikan tipuan yang berupa untuk mengelabuhi regu penjaga.

Dalam permainan rounders memiliki beberapa teknik diantaranya

  1. Berdiri dengan posisi menyamping dari arah kedatangan bola
  2. Kedua kaki harus dibuka selebar bahu
  3. Lutut agak sedikit ditekuk
  4. Telapak kaki harus sejajar dengan lutut dan menyentuh tanah
  5. Posisi tubuh condong ke arah depan lalu pandangan mata fokus ke arah bola
  6. Pegang pemukul dengan sekuat tenaga
  7. Pandangan haru lurus ke arah datangnya bola
  • Teknik Berlari

Teknik ini di lakukan setelah pememukulan bola sehingga pemain harus segera berlari menuju bas lalau lakukan pelarian sekuat tenaga agar mempercepat datangnya ke garis bas.

Permainan rounders ini disesuaikan dengan keadaan dan situasi dalam permainan sebab pada saat tertentu pelari harus lari secepat-cepatnya.

Saat berlari yang harus di perhatikan adalah :

  1. Cara menuju tempat garis hinggap
  2. Pastikan tempat garis hinggap belum tersentuh lawan

Beberapa teknik berlari dalam permainan ini harus dilakukan dengan :

  1. Teknik kecepatan lari dan daya tahan tubuh
  2. Teknik lari secepat-cepatnya
  3. Teknik meningkatkan kekuatan otot perut serta kaki
  4. Teknik berlari menuju tempat garis hinggap
  5. Teknik menghindar sentuhan bola lawan
  • Teknik Menangkap Bola

Saat bermaian rounders ada hal yang paling penting yaitu cara menangkap bola dengan benar

Berikut Macam-macam teknik menangkap bola di antaranya adalah :

  1. Cara menangkap bola dengan lurus
  2. Cara menangkap bola dengan bergulir pada tanah atau groundball
  3. Cara menangkap bola dengan melambung
  • Teknik Memegang Bola

Teknik Memegang adalah salah satu teknik dasar yang harus dikuasai para pemain rounders sehingga para pemian dengan mudahuntuk menangkap bola terhadap lemparan lawan.

Berikut merupakan beberapa teknik atau cara memegang bola permainan rounders :

  1. Memegang bola dengan menggunakan 5 jari tangan
  2. Pengang bola dengan menggunakan 3 jari tangan
  3. Memegang bola dengan menggunakan 4 jari tangan

Lapangan dan Prasarana Rounders

  • Lapangan untuk permainan rouders ini berbentuk persegi lima serta setiap home base terdiri atas empat titik dengan ukuran 1,2 meter pada setiap sudut.Jarak antara setiap homebasenya berukuran 8,5 meter.
  1. Jarak antara pelempar dan pemukul bola 7,5 meter
  2. Area pelempar bola memiliki ukuran 2,5 meter x 2,5 meter
  3. o Area pemukul permaian bola ini memiliki ukuran 2 meter x 2 meter
  • Tongkat permainan roundres ini terbuat dari bahan kayu yang berbentuk bulat da mempunyai berat 70 gram hingga 85 gram serta panjang 46 centimeter.
  • Sedangkan bola yang digunakanuntuk permainan yaitu bola yang berukuran kecil serta mempunyai berat sekitar 70 haingga 80 gram.

Rounders Adalah : Pengertian, Sejarah, Teknik, Prasarana dan Sistem Nilai

Sistem Penilaian Permainan Rounders

Perlu Anda ketahui bahwa ada sistem penilaian dalam permainan rounders yaitu:

  • Sebelum bola jatuh kearah tanah atau menyusur si pemukul dapat berlari melewati 4 homebase, sehingga timitu akan mendapatkan angka dalam 1 ronde.
  • Langkah si pemukul bola dilakukan secara sempurna tanpa adanya melakukan pukulan bola maka si pemukul akan mendapatkan poin dalam setengah ronde.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Permainan Rounders: Pengertian, Sejarah, Teknik, Prasarana dan Sistem Nilai , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi