Hukum Pascal : Pengertian, Rumus, Penerapan, Prinsip Kerja, Contoh Soal

Hukum Pascal : Pengertian, Rumus, Penerapan, Prinsip Kerja, Contoh Soal – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang hukum pascal. Yang mana meliputi pengertian hukum pascal, bunyi hukum pascal, rumus hukum pascal, aplikasi atau penerapan hukum pascal, prinsip kerja atau cara kerja dan contoh soal hukum pascal yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Agar lebih detailny silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Hukum Pascal : Pengertian, Rumus, Penerapan, Prinsip Kerja, Contoh Soal

Mari kita bahas pengertianhukum pascal terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Hukum Pascal

Hukum pascal berbunyi “Jika tekanan yang diberikan pada satu bagian zat cair dalam suatu ruangan tertutup, maka akan diteruskan oleh zat cair ke segala arah dengan sama besar”.

Gejala tekanan zat cair tersebut pada awalnya diteliti oleh seorang ahli fisika bernama Blaise Pascal (1623-1662) sampai muncul hukum yang disebut dengan hukum pascal.

Pada kehidupan sehari-hari penerapan dari hukum pascal sering digunakan pada seperti bidang otomotif, dongkrak hidrolik, rem piringan hidrolik, rem tangan hidrolik, alat pres hidrolik, tensimeter atau sfigmomanometer. Hukum pascal yaitu penerapakan dari suatu konsep tekanan dalam suatu zat cair. Apabila pernah melihat seorang montir yang mengunakan dongkrak hidrolik untuk mengangkat mobil maka itulah penerapan dari hukum pascal.

Rumus Hukum Pascal

Pernyataan hukum pascal dapat dijelaskan dengan meneliti perilaku zat cair didalam suatu bejana berhubungan. Jika pada pengisap I diberi gaya tekan F1 maka tekanan yang didapat akan diteruskan ke pengisap II dengan sama besar, sehingga berlaku:

p1 = p2
hukum pascal

Dengan keterangan:

F1 = gaya di penampang I (N)

F2 = gaya di penampang I (N)

A1 = luas penampang 1 (m2)

A2 = luas penampang 2 (m2)

Dengan dasar rumus diatas gaya F2 dipengaruhi oleh masing-masing permukaan bejana. Dengan demikian jika permukaan bejana lebih besar, maka gaya yang didapatkan juga akan lebih besar. Itulah sebabnya seorang montir mampu mengangkat sebuah mobil.

Prinsip Kerja Hukum Pascal

Alat-alat yang bekerja dengan menerapkan prinsil kerja dengan  hukum pascal, antara lain:

1. Rem Cakram Hidrolik

rem cakram hidrolik penerapan hukum pascal
Pemanfaatan hukum pascal diterapkan pada rem (cakram) hidrolik. Rem (cakram) memakai fluida minyak. Pada saat kaki menginjak pedal rem, piston (pipa penghubung) akan memberi tekanan pada minyak yang ada didalamnya. Tekanan tersebut selanjutnya diteruskan pada kedua piston keluaran yang fungsina sebagai pengatur rem.

Rem ini akan menjepit piringan logam yang mengakibatkan dapat timbul gesekan pada piringan yang melawan arah gerak piringan sehingga putran roda berhenti. Pada saat piston pertama (A1) ditekan, maka permukaan piston kedua (A2) akan naik.

Dengan keadaan tersebut, menurut hukum pascal dapat dihasilkan keterkaitan volume minyak yang didesak sama dengan volume minyak yang naik. Jika volume minyak yang didesak (V1) sama dengan A1 h1 dan volume minyak naik (V2) sama dengan A2 h2, maka:

V1 = V2
A1 h1 = A2 h2
h2
Rem cakram hidrolik

Dengan keterangan:

h1 = tinggi fluida di piston pertama

h2 = tinggi fluida di piston kedua

A1 = luas penampang piston pertama

A2 = luas penampang piston kedua

2. Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik adalah alat yang dipakai untuk mengangkat sebuah mobil ketika mengganti ban mobil atau kepentingan lainnya. Alat ini memanfaatkan dua buah silinder, yakni silinder besar dan silinder kecil.

Pada saat sebuah dongkrak hidrolik ditekan, maka minyak di silinder kecil akan tertekan dan mengalir menuju silinder besar.  Tekanan pada silinder besar akan menjadikan timbul gaya sehingga dapat mengangkat sebuah benda atau beban berat. Jika menekan silinder kecil dengan gaya F, maka tekanan yang dijalankan yaitu:
rumus hukum pascal

Berdasarkan hukum pascal, tekanan ini dapat dialami pada silinder besar sehinga berlaku:
penerapan rumus hukum pascal

3. Pompa Hidrolik

Pompa hidrolik memakai kinetik energi dan cairan yang dipompakan pada suatu kolom dan energi itu diberikan tekanan yang tiba-tiba menjadi energi yang berbentuk lain (energi tekan). Pompa ini fungsinya untuk memindahkan energi mekanik menjadi energi hidrolik. Pompa hidrolik bekerja dengan cara mengisap oli yang asalnya dari tangki hidrolik dan mendorongnya ke dalam sistem hidrolk berupa aliran. Aliran ini yang digunakan dengan cara mengubahnya menjadi tekanan. Tekanan dihasilkan dengan cara menghambat aliran oli dalam sistem hidrolik

4. Alat Pres Hidrolik

Alat pres hidrolik sangat bergantung dengan prinsip hukum pascal, yaitu tekanan seluruh sistem tertutup adalah konstan. Salah satu bagian dari sistem tertutup yaitu piston bekerja sebagai pompa, dengan kekuatan mekanik sederhana yang bekerja pada luas penampang kecil, bagian lain yakni piston yang dengan luas lebih besar menghasilkan kekuatan mekanik yang besar pula.

Contoh Soal Hukum Pascal

Suatu alat pengangkat hidrolik mobil mempunyai perbandingan luas penampang kecil dan besar 1:5. Jika alat itu dipakai untuk mengangkat mobil yang beratnya 5000 newton, maka berapa gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat mobil tersebut?

Penyelesaian:

Diketahui:

A1 =1

A2 =5

F2 = 5000 N

Ditanya: F1 …?

Jawab:
Contoh Soal Hukum Pascal

Maka gaya yang dibutuhkan untuk mengangkat mobil dengan berat 5000 N adalah sebesar 1000 N.

Demikianlaah telah dijelaskan tentang PHukum Pascal : Pengertian, Rumus, Penerapan, Prinsip Kerja, Contoh Soall, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi