√ Pengertian Minat Menurut Para Ahli, Faktor dan Contohnya

Pengertian Minat Menurut Para Ahli, Faktor dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Minat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian minat, karakteristik, serta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Minat Menurut Para Ahli, Faktor dan Contohnya

Minat berhubungan erat dengan motivasi seseorang, sesuatu yang dipelajari dan juga dapat berubah-ubah tergantung pada kebutuhan, pengalaman, serta juga mode yang sedang trend dan bawaan sejak lahir. Faktor yang mempengaruhi munculnya minat seseorang tergantung pada kebutuhan fisik, sosial, emosi serta pengalaman.

Pengertian Minat

Secara umum, pengertian minat adalah perhatian yang mengandung unsur-unsur perasaan. Minat juga merupakan dorongan atau keinginan dalam diri seseorang pada objek tertentu. Contohnya seperti, minat terhadap pelajaran, olahraga, atau juga hobi. Minat memiliki sifat pribadi (individual), artinya pada tiap-tiap orang memiliki minat yang dapat saja berbeda dengan minat orang lain. Minat diawali oleh perasaaan senang dan juga sikap positif.

Dari pengertian minat di atas dapat disimpulan bahwa minat bukanlah sesuatu yang statis atau juga berhenti, tetapi dinamis dan mengalami pasang surut. Minat juga bukan bawaan dari lahir, tetapi sesuatu yang dapat dipelajari. Dalam arti sesuatu yang sebelumnya tidak diminati, itu dapat berubah menjadi sesuatu yang diminati karena adanya masukan-masukan tertentu atau wawasan baru serta juga pola pemikiran yang baru.

Pengertian Minat Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian minat diantaranya yaitu sebagai berikut :

Menurut Decroly

Menurut Decroly, Minat adalah sebuah pernyataan suatu kebetulan yang tidak terpenuhi. Kebutuhan tersebut timbul dari dorongan hendak memberi kepuasan kepada suatu insting. Minat juga tidak hanya berasal dari satu sumber saja, melainkan anak-anak dapat mendapatkan minat dari sumber lainnya.

Contohnya : kebiasaan yang dilakukan serta pendidikan yang didapatkan, adanya pengaruh sosial dan lingkungan, dan juga insting atau hasrat dan anak tersebut.

Menurut Sardiman

Menurut Sardiman yang dikutip dari buku tahun 1990 milik Sardiman. Beliau menyatakan bahwa minat akan terlihat dengan baik apabila mereka dapat menemukan objek yang disukai dengan tepat sasaran dan juga berkaitan langsung dengan keinginan tersebut. Minat tersebut juga harus memiliki objek yang jelas untuk dapat mempermudah kemana arahnya seseorang tersebut harus bersikap dan juga menuju objek yang tepat.

Baca Juga:  √ 8 Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Menurut Syaiful Bahri Djamarah

Menurut Syaiful Bahri Djamarah, Apabila seseorang tersebut mempunyai minat terhadap suatu aktivitas maka mereka dapat menyukai serta juga memperhatikan aktivitas tesebut dengan rasa senang. Minat yang sangat besar tersebut tentu akan mempengaruhi cara dan juga tingkat kemalasan seseorang.

Menurut Beliau, dalam bukunya yang berjudul “Psikologi Belajar” minat tersebut merupakan aktivitas atau kegiatan yang menetap serta dilakukan untuk memperhatikan dan juga mengenang beberapa aktivitas yang disukai baik itu disengaja atau tidak.

Menurut Crow and Crow

Menurut Crow and Crow, Minat adalah suatu hal yang memiliki hubungan dengan daya gerak yang akan mendukung seseorang untuk tertarik pada sebuah benda, pada aktivitas atau kegiatan tertentu. Bisa juga berupa pengalaman yang cukup efektif yang mungkin saja dimulai dari kegiatan atau aktivitas itu sendiri. Minat tersebut bisa dimulai dari kebiasaan yang sering dilakukan.

Menurut Rast, Harmin dan Simon

Menurut Rast, Harmin dan Simon, menyatakan bahwa minat mempunyai hal-hal pokok yang diantaranya sebagai berikut :

Adanya suatu perasaan senang dalam diri yang memberikan perhatian pada suatu objek tertentu.

  • Adanya ketertarikan  juga terhadap objek tertentu.
  • Adanya aktivitas atas objek tertentu.
  • Memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat lebih aktif
  • Objek aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan dan,
  • Kecenderungan memiliki sifat mengarahkan dan juga mempengaruhi tingkah laku individu.

Menurut Shaleh Abdul Rahman

Menurut Shaleh Abdul Rahman, dalam bukunya Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, menjelaskan bahwa minat adalah suatu kecenderungan untuk dapat memberikan perhatian serta juga bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang atau juga gembira.

Menurut Witherington

Menurut Witherington, Minat adalah suatu kesadaran seseorang terhadap suatu objek, seseorang, suatu soal atau juga situasi tertentu yang mengadung sangkut paut dengan dirinya atau dipandang ialah sebagai sesuatu yang sadar.

Menurut Bimo Walgito

Menurut Bimo Walgito, Minat yaitu suatu keadaan yang mana seseorang memiliki perhatian terhadap sesuatu dan juga disertai keinginan untuk mengetahui dan juga mempelajari ataupun membuktikan lebih jauh lagi apa yang mereka dapat dan apa yang mereka pelajari.

Menurut Sobur

Menurut Sobur, Beliau mengartikan bahwa minat tersebut memiliki keinginan erat dengan perhatian yang dimiliki di mana perhatian tersebut dapat menimbulkan kehendak pada seseorang. Selain dari itu kehendak tersebut juga memiliki hubungan erat dengan kondisi fisik seperti  sakit, capai, lesu atau juga sebaliknya sehat dan bugar. Begitupun juga dengan kondisi psikis seperti senang, tidak senang, tegang, bergairah dan lain sebagainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur dan Langkahnya

Menurut Slameto

Menurut Slameto, Minat adalah rasa suka yang berlebih dan juga adanya rasa keterikatan terhadap sesuatu hal atau aktivitas / kegiatan, tanpa ada yang menyuruh. Apabila dilihat, menurut Beliau ini minat merupakan hal yang dilihat dalam diri sendiri serta juga memiliki hubungan dengan hal yang ada di luar diri. Semakin kuat atau juga semakin dekat hubungan tersebut maka semakin besar juga minat.

Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Minat

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya minat dari dalam diri seseorang, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Faktor Dorongan

Faktor dorongan adalah faktor yang paling dekat dengan diri kita, yang mana pada faktor tersebut memang muncul atau hadir dari dalam diri kita sendiri. Faktor tersebut dianggap paling penting karena tanpa adanya faktor ini, minat itu seperti apapun tidak akan pernah muncul ataupun juga diwujudkan.

Contohnya Pada saat kita ingin menghilangkan ke galau an maka kita akan melakukan kegiatan seperti bermain gitar dan bernyanyi lagu yang senang. Hal tersebut muncul dari diri sendiri.

Faktor Motif Sosial

Faktor motif sosial adalah menjadi faktor selanjutnya yang dapat mempengaruhi minat. Faktor tersebut merupakan faktor untuk melakukan suatu aktivitas supaya dapat diterima serta juga diakui oleh lingkungannya. Minat tersebut semacam kompromi pihak individu dengan lingkungan sosialnya. Contohnya seperti minat pada belajar musik sebab ingin menjadi pemain penyanyi profesional.

Faktor Emosional

Faktor emosional sangat berhubungannya erat sekali dengan emosi. Karena pada faktor ini termasuk yang kompleks dengan menyertai seseorang yang berhubungan dengan objek dan juga minatnya. Kesuksesan seseorang tersebut berada pada aktivitas, karena aktivitasnya tersebutlah yang menimbulkan perasaan suka ataupun puas. Sedangkan apabila kegagalan yang menghampiri maka akan mengurangi minat seseorang terhadap kegiatan atau aktivitas yang bersangkutan.

Karakteristik Minat

Ada terdapat 3 (tiga) karakteristik minat, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Minat menimbulkan sikap positif dari suatu objek.
  • Minat ini merupakan sesuatu yang menyenangkan dan juga timbul dari suatu objek.
  • Minat ini mengandung unsur penghargaan, mengakibatkan suatu keinginan, dan juga kegairahan untuk mendapat sesuatu yang diinginkan.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Minat Menurut Para Ahli, Faktor dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.